Perbedaan Hasil Penyuluhan Kesehatan Menggunakan Metode Audiovisual dan Demonstrasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Sadari di SMPN 3 Pagedongan Banjarnegara

Authors

  • Eva Purwati Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pshms.v4i.545

Keywords:

Pengetahuan Audiovisual, Demonstrasi, SADARI

Abstract

Kanker payudara terbanyak dialami oleh perempuan, gejalanya semakin tinggi diusia remaja. Upaya  untuk pengendalian kanker dilakukan dengan program SADARI. Tujuan penelitian  untuk mengetahui perbedaan hasil tingkat pengatahuan remaja putri sebelum dan sesudah penyuluhan kesehatan menggunakan metode audiovisual dan demonstrasi tentang SADARI di SMPN 3 Pagedongan Banjarnegara. Desain penelitian pre-eksperimental tipe two group pretest posttest design dengan Teknik pengambilan sampel adalah Total Sampling. Sampel terdiri dari 2 kelompok masing-masing kelompok sebanyak 33 siswi. Dianalisis dengan uji statistik Wilcoxon dan Mann-whitney dengan tingkat kemaknaan ? ? 0,05 untuk mengetahui perbedaan hasil antara dua kelompok yang berbeda.hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil penggunaan metode penyuluhan kesehatan terhadap pengetahuan remaja putri sebelum dan sesudah penyuluhan kesehatan menggunakan metode audiovisual dan demonstrasi tentang SADARI di SMPN 3 Pagedongan Banjarnegara dengan nilai p-value 0,0001 < 0.05. Kesimpulan metode demonstrasi lebih baik dalam meningkatkan pengetahuan responden.

References

Aeni, N., & Yuhandini, D. S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan media video dan metode demonstrasi terhadap pengetahuan sadari. Jurnal Care, 6(2).

Arsita, B., Novira, D., & Buston, E. (2020). Pengaruh Demonstrasi Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Sadari. Jurnal Penelitian Terapan KesehataN, 7(1).

Astuti, S. L. D., & Surasmi, A. (2016). Pengaruh penyuluhan kesehatan tentang menyusui dengan metode demonstrasi terhadap kemampuan ibu menyusui di Rumah Bersalin Wilayah Banjarsari Surakarta. Interest: Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(2), 212-216.

Ayu, R. D., & Winda, I. (2016). Gambaran Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Sadari (Pemeriksaan Payudara Sendiri) Di Dusun Pedes Argomulyo Sedayu Bantul Yogyakarta (Doctoral Dissertation, Universitas Alma Ata Yogyakarta).

Baga, L. E. N., Ataan, P., & As, I. T. (2021). Belajar Fiqih Di Sd Islam Al-Amjad Jakarta

Damayanti, R. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Terhadap Pengetahuan dan Kemampuan Siswi dalam Upaya Deteksi Dini Kanker Payudara di SMP Negeri 1 Sibulue Kabupaten Bone. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://digilib.unhas.ac.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/YmY0MTQ1YjdkZDNhM2M3ZDViMDUwYWQwYjM4ZmVjN2E0Zjg0OWM0Mg==.pdf

Dhea Fienda Ferani, D. (2021). Penerapan Kombinasi Motion Grapich Dan Demonstrasi Terhadap kesiapsiagaan Gempa Bumi Pada Siswa SDN 02 Belotan Magetan (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS KUSUMA HUSADA SURAKARTA).

Deviani, L., Asyary, A., & Edison, R. E. (2020). Komparasi Efektivitas Media Audiovisual dan Media Audio terhadap Pengetahuan dan Motivasi Remaja Putri untuk Melaksanakan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 6(3), 84-90.

Handayani, S., Sudarmiati, S., Program, M., Keperawatan, S. I., Kedokteran, F., & Diponegoro, U. (2012). Pengetahuan Remaja Putri tentang Cara Melakukan Sadari. Jurnal Nursing Studies, 1, 93–100. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jnursing

Hidayati, A., Salawati, T., & Istiana, S. (2013). Pengaruh pendidikan kesehatan melalui metode ceramah dan demonstrasi dalam meningkatkan pengetahuan tentang kanker payudara dan ketrampilan praktik sadari (Studi pada Siswi SMA Futuhiyyah Mranggen Kabupaten Demak). Jurnal Kebidanan, 1(1),1-8.

Katharina, T., & Yuliana, Y. (2018). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Reproduksi melalui Audio Visual dengan Hasil Pengetahuan Setelah Penyuluhan pada Remaja SMA Negeri 2 Pontianak Tahun 2017. Jurnal Kebidanan, 8(1), 265367.

Kemenkes RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehatan RI, 53(9), 1689–1699.

Lestari, T. R., Wati, N., & Dwijayanti, D. A. (2018). Pendidikan Kesehatan Dan Demonstrasi Pemeriksaan Payudara Sendiri ( Sadari ). Jurnal Masyarakat Mandiri, 2(1), 83–92.

Lestari, P. I., & Mansyur, H. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Demonstrasi Tentang SADARI Terhadap Kemampuan Melakukan SADARI Pada Remaja Putri SMA Diponegoro Dampit. Jurnal Pendidikan Kesehatan (e-Journal), 9(1), 1-10.

Mardianti, D., & Fahdi, F. K. Penggunaan Media Edukasi Audiovisual Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari): Literature Review. ProNers, 6(2).

Masturo, U., Kholisotin, K., & Agustin, Y. D. (2020). Efektifitas Penyuluhan Kesehatan tentang SADARI dengan Metode Diskusi Kelompok dan Metode Demonstrasi terhadap Perilaku WUS dalam Melakukan SADARI. Citra Delima: Jurnal Ilmiah STIKES Citra Delima Bangka Belitung, 3(2), 141-154.

Montessori, Y., & Subiyatun, S. (2015). Pengaruh Penyuluhan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) dengan Metode Demonstrasi Terhadap Keterampilan Melakukan SADARI pada Siswi Kelas X SMAN 1 Imogiri Bantul (Doctoral dissertation, STIKES'Aisyiyah Yogyakarta).

Mufidah, H. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Perawat dalam Penerapan Hand Hygiene di Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya).

Mulyanti, L., Anggraini, N. N., Istiana, S., & Paradilla, D. A. (2021). Deteksi Dini Kanker Payudara Dengan Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis) Di Kelurahan Bandarharjo Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan, 3(2), 1-5.

Mulyanti, M., & Masdinarsyah, I. (2021). Efektivitas Konseling Berbasis Media Sosial terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Asuhan Ibu dan Anak, 6(1), 41-50.

Nurhidayati, I., Elsera, C., & Widayanti, D. (2018). Perilaku Wanita Usia Subur (Wus) Dalam Partisipasi Program Deteksi Dini Kanker Payudara Dengan Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis) Di Wilayah Kerja Puskesmas Jatinom?: Studi Fenomenologi. Jurnal Ilmu Keperawatan Komunitas, 1(1), 19. https://doi.org/10.32584/jikk.v1i1.85

Purba, C. (2020). Program studi s1 kesehatan masyarakat fakultas kesehatan masyarakat universitas sumatera utara 2021. Skripsi, 1–89. https://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/24814/151000527.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Putri, I. L., Setiyawat, N., & Santi, M. Y. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Video Terhadap Pengetahuan Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Pada Wanita Usia Subur (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).

Purwati, (2016). Perbedaan Hasil Belajar Psikomotorik Menggunakan Metode Demonstrasi Dan Metode Audiovisual Pada Pembelajaran Pemasangan Iud. Jurnal Medisain.

Ruslinawati, R., & Wulandatika, D. (2020). Efektivitas Pendidikan Kesehatan Metode Audio Visual Aids (Ava) Dengan Metode Diskusi Terhadap Pengetahuan Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) Di Smk Bina Banua Banjarmasin. Journal of Nursing Invention, 1(1), 72-82.

Setiawati, P. (2020). Diajukan sebagai syarat untuk mencapai Sarjana Terapan Kebidanan. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Audiovisual Terhadap Pengetahuan Sikap Dan Perilaku Ibu Nifas Di Rs Dr.R.Hardjanto Balikpapan Tahun 2020, 2–181.

Sibero, J. T. A. P. S. A. F. (2021). Peningkatan Pengetahuan Remaja untuk Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Edukasi dan Pelaksanaan Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) di Yayasan Perguruan Budi Agung Medan Tahun 2021. Jurnal Abdidas, 1(3), 149–156.

Suparmi, S., & Winarni, W. (2017). Perbandingan Efektifitas Metode Demontrasi Dan Video Sadari Dalam Peningkatan Motivasi Deteksi Dini Kanker Payudara. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 14(2), 66-69.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Tiara, I. (2017). Efektifitas Penyuluhan Kesehatan “SADARI” Dengan Media Video Terhadap Pengetahuan Pada Remaja Putri Di SMK YMJ Ciputat. Skripsi: UIN Syarif Hidayatulah Jakarta.

Uluwiyah, E. (2019). Efektivitas metode pembelajaran diskusi kelompok dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di mts al hikmah bandar lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Wijayati, W. (2014). Perbedaan Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Kader Posyandu Tentang Pelaksanaan Relaktasi Pasca Penyuluhan Antara Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Dan Ceramah Interaktif. Jurnal EduHealth, 4(2), 245262.

Zebua, N. (2021). Gambaran Pengetahuan Remaja Putri Tentang Deteksi Dini Kanker Payudara Di Sma Negeri 1 Tuhemberua Kecamatan Tuhemberua Kabupaten Nias Utara.

Downloads

Published

2023-01-02

How to Cite

Purwati, E. (2023). Perbedaan Hasil Penyuluhan Kesehatan Menggunakan Metode Audiovisual dan Demonstrasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Sadari di SMPN 3 Pagedongan Banjarnegara. Proceedings Series on Health &Amp; Medical Sciences, 4, 1–9. https://doi.org/10.30595/pshms.v4i.545