Hubungan Beban Kerja Mental dengan Stres Kerja Pembelajaran Sistem Hybrid Pada Guru SD di Kelurahan Cilacap

Authors

  • Isna Tasya Salsabilla Universitas Sebelas Maret
  • Lusi Ismayenti Universitas Sebelas Maret
  • Heni Hastuti Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.30595/pshms.v4i.558

Keywords:

Beban Kerja Mental, Stres Kerja

Abstract

Saat ini pemerintah sedang menerapkan kebijakan new normal salah satunya berpengaruh pada sektor  pendidikan, dimana  peserta  didik  diminta  untuk  belajar  di  rumah  dan  di  sekolah  secara bergantian   (metode   pembelajaran   hybrid)   dimana   guru   dapat   menerapkan   penggabungan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring. Stres kerja dapat terjadi, salah satunya karena tuntutan  tugas  yang  berlebihan.  Akibat  dari  perubahan sistem pembelajaran  tersebut,  tugas  dan tanggung jawab  guru  menjadi  meningkat  karena  harus  mempersiapkan pembelajaran luring dan daring secara  bersamaan  yang  dapat  menyebabkan  guru  menerima  beban  kerja  mental  berlebih sehingga mengakibatkan stres kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan beban kerja mental dengan stres kerja pembelajaran sistem hybrid pada guru SD di kelurahan Cilacap. Penelitian ini  menggunakan  jenis  penelitian  observasional  analitik  dengan  pendekatan  cross  sectional. Responden yang diambil dalam penelitian ini yaitu sebanyak 70 guru SDN di Kelurahan Cilacap. Teknik   pengambilan   sampel   menggunakan   Total   Sampling.   Alat   ukur   pada   penelitian   ini menggunakan kuesioner NASA-TLX untuk mengukur tingkat beban kerja mental dan kuisioner HSE 2003 untuk mengukur tingkat stres kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Somers’d. Hasil uji statistik menggunakan uji Somers’d dapat diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar p = 0.0001 ( p < 0.05) yang artinya penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara beban kerja mental dengan stres kerja.

References

Alamsyah, Y. A. (2016). EXPERT TEACHER (Membedah syaratsyarat untuk menjadi Guru Ahli atau Expert Teacher). TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 24-44

Bachroni, M., & Asnawi, S. (2015). Stres kerja. Buletin Psikologi, 7(2).

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61

Giyanti, I., & Fachrizal, I. (2021). Beban Kerja Mental Guru SD di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode NASA-TLX. SENRIABDI 2021, 1(1), 123-132

Kurniawati, R., Wahyuni, I., & Widjasena, B. (2022). Hubungan Beban Kerja Mental dan Sistem Pembelajaran Masa Pandemi Covid19 dengan Stres Kerja pada Guru SLB. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(2), 379- 388

Mustika, R., Nurhasanah, A., & Pribadi, R. A. (2021). Hybrid Learning Sebagai Alternatif Model Pembelajaran Tematik Di Kelas 2 Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 402- 414.

Nissa, S. F., & Haryanto, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 402- 409.

Purwanto, A., Sopa, A., Primahendra, R., Kusumaningsih, S. W., & Pramono, R. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transactional, Transformational, Authentic Dan Authoritarian Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Di Kudus. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 70-80

Putra, A. S. (2021, October). Perbandingan Efektivitas Sistem Pembelajaran Online dan Offline di Era New Normal. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 304-311).

Putri, U. L., & Handayani, N. U. (2017). Analisis beban kerja mental dengan metode NASA TLX pada departemen logistik PT ABC. Industrial Engineering Online Journal, 6(2).

Rahmawati, A. N., Putri, N. R. I. A. T., & Sumarni, T. (2021). Manajemen Stres Kerja Guru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Kesehatan, 1(2), 70-78.

Sari, D. R., Akbar, K. A., & Nafikadini, I. (2021). Perbedaan Beban Kerja Mental dan Stres Kerja Guru SDN Dengan Guru SLBN. Journal of Industrial Hygiene and Occupational Health, 5(2), 83-98.

Wahyudi, R. N., Marisdayana, R., & Husaini, A. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Stres Kerja Pada Guru SDLB Negeri 1 Kota Jambi Tahun 2020. Journal Of Healthcare Technology And Medicine, 6(2), 764-755.

Weken, M. E., Mongan, A. E., & Kekenusa, J. S. (2020). Hubungan antara beban kerja, konflik peran, dan dukungan sosial dengan stres kerja pada guru di sekolah menengah atas negeri 1 manado pada masa pandemi covid19. Indonesian Journal of Public Health and Community Medicine, 1(4), 80-88.

Downloads

Published

2023-01-02

How to Cite

Salsabilla, I. T., Ismayenti, L., & Hastuti, H. (2023). Hubungan Beban Kerja Mental dengan Stres Kerja Pembelajaran Sistem Hybrid Pada Guru SD di Kelurahan Cilacap. Proceedings Series on Health &Amp; Medical Sciences, 4, 65–70. https://doi.org/10.30595/pshms.v4i.558