Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan dan Kelayakan Finansial Usahatani Porang pada Kelompok Tani Sarwo Asih di Desa Kepel Kecamatan Kare Kabupaten Madiun

Authors

  • Aisyah Farhana Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Pujiati Utami Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Pujiharto Pujiharto Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pspfs.v4i.497

Keywords:

Usahatani Porang, Pendapatan, Kelayakan Finansial

Abstract

Porang merupakan tanaman lokal asli Indonesia yang berpotensi dikembangkan sebagai komoditas ekspor. Porang memiliki berbagai manfaat baik sebagai bahan pangan alternatif maupun bahan baku industri. Kandungan glukomanan pada porang, yaitu polisakarida larut air yang bersifat funsional terhadap kesehatan, mendorong terbukanya pasar ekspor porang seiring meningkatnya kesadaran masyarakat global terhadap pangan fungsional. Saat ini porang menjadi salah satu komoditas usahatani yang trendy dan dilirik oleh petani dan masyarakat luas untuk dibudidayakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pendapatan petani melalui usahatani porang dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta mengevaluasi kelayakan finansial usahatani porang. Objek penelitian adalah petani porang yang tergabung dalam komunitas porang kelompok tani Sarwo Asih di Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun dengan populasi 105 petani. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria dan didapatkan 37 sampel petani. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif berdasarkan data empiris yang dianalisis menggunakan teknik statistik. Hasil penelitian menunjukkan pendapatan petani porang di Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun adalah Rp.17.524.311 per usahatani porang. Produksi umbi porang dan modal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pendapatan. Sedangkan penyusutan alat berpengaruh secara negatif dan sifnifikan terhadap pendapatan. Nilai R/C Ratio usahatani porang adalah 3,11 per usahatani dan nilai break even point adalah: BEP penerimaan Rp.312.790, BEP produksi 31,28 kg, dan BEP harga Rp.4.661/kg, sehingga usahatani porang dapat dikatakan layak dan memberikan keuntungan.

References

Asih, Sri et al. 2018. Faktors that Determine Income of Porang Farming on Community Forest Land. International Journal of Management, Accounting and Economics (IJMAE), 5 (8): 668–677.

Aziiz, Isnan Miftahul. 2020. Praktik Sosial Kelompok Tani Sarwo Asih (Petani Porang) Tentang Pembangunan Masyarakat Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Tesis. Magister Sosiologi. FISIP. Universitas Airlangga, Surabaya.

Elvira, Almaeda Asna. 2020. Usahatani Porang dan Kontribusinya terhadap Pendapatan Keluarga (Studi Kasus: Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Agribisnis. Fakultas Pertanian, Universitas Islam Malang, Malang.

Estiasih, Teti dkk. 2017. Umbi-Umbian dan Pengolahannya. Malang: UB Press.

Hamdhan, Risky Al. 2020. Dampak Usahatani Komoditas Porang Terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian UNPAD Agricore, 5 (2): 125–138.

Juja, Aloysius Harsman. 2022. Kajian Produksi dan Pendapatan Usahatani Porang di Desa Kajong, Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai. Skripsi. Ekonomi Pembagunan. Fakultas Bisnis dan Ekonmika, Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.

Kambali, Dwi dkk. 2020. Analisis Pendapatan dan Pengaruh Sarana Produksi Usahatani Tanaman Porang (Armophophalus muelleri) di Desa Guyangan Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Jurnal AGROMEDIA, 38 (1): 70–77 .

Kementan RI. 2020. Pastikan Nilai Tambah Ekspor Pertanian, Mentan Tinjau Industri Pengolahan Porang Madiun. https://www.pertanian.go.id/ home/?show=news&act=view&id=4889. diakses 17 Januari 2022.

Kurniati, Fajar Indah dkk. 2021. Sikap Petani dalam Pembibitan Tanaman Porang di Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun. Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian UNPAD Agricore, 6 (1): 10–23.

Mutmaidah, Siti dan Fachrur Rozi. 2015. Peluang Peningkatan Pendapatan Masyarakat Tepi Hutan Melalui Usahatani Porang. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi 2015, Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi: 709–716.

Rahayuningsih, Yunia dan Sulastri Isminingsing. 2021. Analisis Usahatani Porang (Amorphophalus muelleri) di Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 5 (1): 47–56.

Saleh, Nasir dkk. 2015. Tanaman Porang; Pengenalan, Budi daya, dan Pemanfaatannya. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan.

Saragih, Bernatal dkk. 2021. Pertanian dan Masa Depan. Yogyakarta: Deepublish.

Soekartawi. 2006. Analisis Usahatani. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Sunarti. 2018. Serat Pangan dalam Penanganan Sindrom Metabolik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Suratiyah, Ken. 2020. Ilmu Usahatani, Edisi Revisi. Jakarta: Penebar Swadaya.

Suratman, Yan Yozef Agus. 2015. Kontribusi Tenaga Kerja dalam Keluarga Terhadap Pendapatan Usahatani Terong (Solanum melongena L.) di Kelurahan Landasan Ulin Utara Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru. Jurnal ZIRA’AH, 40 (3): 218 – 225.

Zaman, Nur dkk. 2020. Ilmu Usahatani. Yayasan Kita Menulis, Medan.

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Farhana, A., Utami, P., & Pujiharto, P. (2022). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan dan Kelayakan Finansial Usahatani Porang pada Kelompok Tani Sarwo Asih di Desa Kepel Kecamatan Kare Kabupaten Madiun. Proceedings Series on Physical &Amp; Formal Sciences, 4, 155–164. https://doi.org/10.30595/pspfs.v4i.497