Analisis Rantai Pasokan Komoditas Ikan Manfish (Pterophyllum scalare) di Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah

Authors

  • Bangkit Wiranata Universitas Jenderal Soedirman
  • Aulia Fattah Noor Fauzi Universitas Jenderal Soedirman
  • Neo Agam Merdesa Universitas Jenderal Soedirman
  • Divka Pramestya Ariesta Talsabilla Universitas Jenderal Soedirman
  • Taufik Budhi Pramono Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.30595/pspfs.v4i.503

Keywords:

Rantai Pasok, Investasi, Pangsa Pasar, Ikan Hias

Abstract

Ikan Manfish (Pterophyllum scalare) merupakan komoditas ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis tinggi terutama dikalangan penghobi ikan hias lokal maupun mancanegara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi rantai pasokan ikan manfish dan menganalisis nilai tambah pada setiap anggota rantai pasok di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan analisis data berupa analisis data kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan untuk menganalisis nilai tambah pada setiap anggota rantai pasok. Analisis kualitatif digunakan untuk mengidentifikasi rantai pasokan ikan manfish. Pengambilan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, studi pustaka, serta wawancara dengan jumlah responden sebanyak 20 responden dari pembudidaya ikan hias, distributor, dan toko ikan hias di Kabupaten Purbalingga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permintaan ikan hias sangat tinggi di wilayah Purbalingga diringi dengan rantai pasok yang sangat bervariatif Selain itu, Produsen dan distributor membentuk manajemen rantai pasokan ikan manfish sangat sederhana dan pendek hal ini mengakibatkan perbedaan harga pada setiap distribusi tidak terlalu signifikan. Prodak sampai ketangan kekonsumen dengan harga yang masih dalam kondisi wajar hal dapat dilihat dari harga toko eceran yang masih tergolong terjangau. Pangsa pasar ikan manfish bukan hanya lokal daerah Purbalingga namun juga dikirim kedaerah luar purbalingga. Oleh karena itu, perlu adanya kebijakan pengembangan rantai pasok ikan manfish untuk membangun dan membantu pembudidaya ikan manfish agar kedepannya pembudidaya mendapatkan hasil yang maksimal baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

References

Badan Pusat Statistik. 2021. Statistik Indonesia 2021. Jakarta: Badan Pusat Statistik. Diakses dari : https://www.bps.go.id/publication/2021/02/26/938316574c78772f27e9b477/statistik-indonesia-2021.html

Departemen Kelautan dan Perikanan. 2000. Budidaya Manfish. Jakarta : Archivelago Indonesia Marine Library.

Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya. 2021. Budidaya Ikan Hias Tingkatkan Pendapatan Masyarakat Di Tengah Pandemi. Diakses dari : https://kkp.go.id/djpb/artikel/26251-kkp-budidaya-ikan-hias-tingkatkan-pendapatan-masyarakat-di-tengah-pandemi.

Eko, Y. 2009. Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen

Fatimah, A. T., & Amam, A. 2018. Koneksi matematis pada konsep ekonomi (permintaan dan penawaran). TEOREMA: Teori Dan Riset Matematika, 2(2), 107-116.

Harisman, H., Sukendi, S., & Asiah, N. Pengaruh Jenis Dan Kombinasi Pakan Yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan Dan Kelulushidupan Larva Ikan Manfish (Pterophyllum scalare). Jurnal Akuakultur SEBATIN, 2(2), 11-21.

Kkp.go.id. 2021. KKP Optimistis Indonesia Bisa Jadi Eksportir Ikan Hias Nomor Satu di Dunia. SIARAN PERS KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN

Nomor: SP. 428/SJ.5/IV/2021. Diakses dari : https://kkp.go.id/artikel/29949-kkp-optimistis-indonesia-bisa-jadi-eksportir-ikan-hias-nomor-satu-di-dunia

Mulyani, A., Putri, D. D., & Satriani, R. (2011). Nilai Tambah Agroindustri Kripik Pisang Di Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. labour, 19, 92.

Rahayu. R. P., Damayanti. A. A., & Setyono. B. D. H. 2019. Pengaruh Jenis Pakan yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Ikan Manfish (Pterophyllum scalare). Jurnal Perikanan, 9 (2) : 137-144.

Tejo, H., & Pabendon, T. (2022). Analisis Potensi Pengembangan Perikanan Budidaya Ikan Air Tawar di Kabupaten Mimika. JURNAL KRITIS (Kebijakan, Riset, dan Inovasi), 6(1), 21-44.

Tompodung, E., Worang, F. G., & Roring, F. (2016). Analisis rantai pasok (supply chain) ikan mujair di Kecamatan Eris Kabupaten Minahasa. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(3).

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Wiranata, B., Fauzi, A. F. N., Merdesa, N. A., Talsabilla, D. P. A., & Pramono, T. B. (2022). Analisis Rantai Pasokan Komoditas Ikan Manfish (Pterophyllum scalare) di Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah. Proceedings Series on Physical &Amp; Formal Sciences, 4, 196–201. https://doi.org/10.30595/pspfs.v4i.503