Analisis Kelayakan Usaha Pembenihan Ikan Nila (Orecrhromis niloticus) dan Ikan Gurami (Ospronemus gourami) di Desa Kutasari Kabupaten Purbalingga

Authors

  • Dharma Atmaja Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Tresia Dwi Nesmita Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Muhammad Azharul Rijal Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pspfs.v4i.505

Keywords:

Ikan Nila, Gurameh, Usaha Budidaya, Analisa Kelayakan Usaha

Abstract

Budidaya ikan merupakan bagian dari penyuplai utama ketersediaan ikan bagi masyarakat selain dari hasil tangkapan alam. Budidaya ikan meliputi dari pembenihan, pembesaran dan panen. Pembenihan adalah proses dimana penyediaan benih ikan, pembesaran merupakan Proses pemeliharaan benih ikan sampai ukuran siap konsumsi. Dalam usaha pembesaran ikan, petani harus memilih jenis ikan yang menguntungkan untuk dibesarkan berdasarkan parameter penunjangnnya. Kajian Ilmiah bertujuan untuk: 1. Mengetahui proses pembenihan ikan gurameh dan ikan nila pada balai benih ikan air tawar Kutasari, Purbalingga; 2. Mengetahui kelayakan usaha dari pembeniha ikan nila dan pembenihan ikan gurami, dan 3. Mengetahui permasalahan yang dihadapi dalam proses pembenihan ikan. Manfaatnya Memberikan wawasan dalam proses pembenihan ikan air tawar ikan air tawar desa kutasari kabupaten purbalingga. Metode kajian ilmiah ini menggunakan metode partisipasi aktif dan Observasi. Partisipasi aktif adalah semua kegiatan yang ada disana dan melakukan observasi pengamatan yang ada di balai ikan air tawar kutasari. Hasil yang diperoleh pada kajian ini adalah proses pembenihan ikan gurameh terdiri dari tahap pembenihan, pemijahan, dan pengambilan telur yang kemudian dijual pada petani pendeder ikan.Kelayakan usaha pada pembenihan ikan nila dan gurameh dapat dikatakan layak diusahakan dari analisis kelayakan usaha, nilai RC ratio ikan nila adalah 1,04 (=1),ikan gurameh dengan nilai 1,5 (>1). Permasalahan pada pembenihan ikan nila dan ikan gurameh adalah Faktor cuaca, hama dan penyakit.

References

Abdullah.N., dan Fabanyo.M.A. 2021 .Aplikasi Teknologi Metode Topikal Pada Pemijahan Ikan Nila Sebagai Upaya Produksi Benih.Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.

Amrullah,T. Zuriat, Z.,Zuraidah,S., dan Mustika, D. 2020. Prospek Usaha Pembenihan Ikan Nila Gift Oreochomis niloticus) Di Kabupaten Nagan Raya Propinsi Aceh. Jurnal Bisnis Tani. 6(1):16-25.

Assegaf.A.R. 2019. Pengaruh Biaya Tetap dan Biaya Variabel Terhadap Profitabilitas PT. Pecel Lele Lela Internasional, Cabang 17, Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Jurnal ekonomi dan industry. 20(1).

Hastuti, Diah Retno Dwi. 2017. Ekonomi agribisnis. Perpustakan Nasional. Makasar.

KKP. 2011. Materi Penyuluhan Ikan Nila (Oreocromis niloticus). Jakarta

Iskandar. A., Islamay. R.S., dan Kasmono. Y. Optimalisasi Pembenihan Ikan Nila Merah Nilasa Oreocromis sp. Di ukbat Cangkringan, Yogyakarta. Samakia: Jurnal Ilmu Perikanan. 12(1)

Ningsih, T. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Penentu Jenis Ikan Air Tawar Untuk Usaha Pembesaran Menggunakan Metode ANP-PROMETHE II (Studi Kasus Kabupaten Nganjuk). Skripsi Universitas Brawijaya

Sumarni. 2018. Penerapan fungsi menejemen perencanaan pembenihan ikan nila (Oreocromis niloticus) untuk menghasilkan benih ikan yang berkualitas. Jurnal Galung Tropical. 7(3). 175-183.

Wahyuningsih, D. dan Gitarama.A.M. 2020. Amonia Pada Sistem Budidaya Ikan. Syntax Literate. Jurnal Ilmiah Indonesia. 5(2): 112-125.

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Atmaja, D., Nesmita, T. D., & Rijal, M. A. (2022). Analisis Kelayakan Usaha Pembenihan Ikan Nila (Orecrhromis niloticus) dan Ikan Gurami (Ospronemus gourami) di Desa Kutasari Kabupaten Purbalingga. Proceedings Series on Physical &Amp; Formal Sciences, 4, 212–219. https://doi.org/10.30595/pspfs.v4i.505