Strategi Pemasaran Benih Tanaman yang Dikemas Ulang di RBL Nusantara Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba'alawy Kota Semarang

Authors

  • Eva Sulistyaningsih Universitas Wahid Hasyim
  • Sri Marwanti Universitas Wahid Hasyim
  • Rossi Prabowo Universitas Wahid Hasyim
  • Lutfi Aris Sasongko Universitas Wahid Hasyim

DOI:

https://doi.org/10.30595/pspfs.v4i.515

Keywords:

benih tanaman yang dikemas ulang, pemasaran, faktor internal dan eksternal, SWOT

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan eksternal serta mengetahui strategi pemasaran benih tanaman yang dikemas ulang di Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawy Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan lokasi penelitiannya dilaksanakan di Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawy Kota Semarang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Matriks IFAS, EFAS, IE, dan SWOT. Hasil penelitian pada faktor internal menunjukkan bahwa dari 9 faktor yang terdiri dari kekuatan dan kelemahan menghasilkan total skor sebesar 2,95 artinya RBL Nusantara dapat dapat mengatasi kelemahan menggunakan kekuatan yang dimiliki. Faktor eksternal menunjukkan bahwa dari 8 faktor baik peluang dan ancaman menghasilkan skor total sebesar 2,72 artinya RBL Nusantara dapat memanfaatkan peluang yang ada dan menghindari pengaruh negative dari ancaman. Matrik IE unit usaha RBL Nusantara berada didaerah V yang merupakan daerah pertahankan dan pelihara. Strategi pertahankan dan pelihara bertujuan untuk menjaga dan mempertahankan stabilitas RBL Nusantara, baik dalam penjualan, keuntungan, manajemen, SDM. Hal ini dapat dicapai dengan strategi penetrasi pasar melalui pasar online maupun offline, promosi, dan pengembangan produk dengan meningkatkan inovasi varian tanaman yang dijual maupun design kemasan yang menarik.

References

Alfira, Shufairah. 2020. Analisis Lingkungan Eksternal Dan Lingkungan Internal Terhadap Strategi Pemasaran Yang Diterapkan Oleh Keyla Butik Di Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Badan Pusat Statistika. 2021. Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. https://www.bps.go.id/pressrelease/2022/02/07/1911/ekonomi-indonesia- triwulan-iv-2021-tumbuh-5-02-persen--y-on-y-.html. Diakses pada tanggal 17 Februari 2022.

Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Rangkuti, F. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Edisi Ke enam Belas, PT. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Setiawan, Jefri. 2017. Strategi Pemasaran Bibit Jeruk Di UD Tunas Baru Mulya Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Sulistyaningsih, E., Marwanti, S., Prabowo, R., & Sasongko, L. A. (2022). Strategi Pemasaran Benih Tanaman yang Dikemas Ulang di RBL Nusantara Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawy Kota Semarang. Proceedings Series on Physical &Amp; Formal Sciences, 4, 278–286. https://doi.org/10.30595/pspfs.v4i.515