Efektivitas Pola Komunikasi Penyuluhan Pertanian untuk Usaha Tani Padi Sawah dengan Teknologi Jajar Legowo Pada Kelompok Tani Sri Ganggong di Desa Jatianom Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon

Authors

  • Putri Adisya Halimatussa’diah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Dumasari Dumasari Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Watemin Watemin Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pspfs.v4i.522

Keywords:

Komunikasi, Pola Komunikasi, Efektivitas Pola Komunikasi, Jajar Legowo

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh penyuluh pertanian dalam menjalankan tugasnya dan harus memiliki sifat efektif untuk membantu meminimalisir kesalahpahaman. Efektivitas komunikasi adalah suatu efek atau pengaruh dari komunikasi yang terjadi dan sebagai indikator keberhasilan komunikasi. Tujuan penelitian adalah mengetahui pola komunikasi yang terjadi pada penyuluhan pertanian, faktor penghambat dan pendukung, serta efektivitas dari pola komunikasi yang terjadi pada penyuluhan pertanian pada kelompok tani Sri Ganggong di Desa Jatianom. Metode yang dilakukan adalah purposive sampling dengan kriteria tertentu. Pola komunikasi yang terjadi adalah pola komunikasi satu arah, dua arah, dan multi arah. Hambatan yang terjadi adalah umur dan waktu, sedangkan faktor pendukung adalah pengalaman penyuluh, pengalaman petani, media, dan instansi pemerintah. Pola komunikasi yang terjadi berjalan dengan efektif ditandai oleh perubahan sikap mental, pengetahuan dan keterampilan petani dari kelompok tani Sri Ganggong.

References

Anwarudin Oeng, Sumardjo, Satria Arif, dan Fatchiya Anna. 2020. Peranan Penyuluh Pertanian Dalam Mendukung Keberlanjutan Agribisnis Petani Muda Di Kabupaten Majalengka. Jurnal Agribisnis Terpadu. Vol. 13 No. 1 Juni 2020: 17-36.

Badan Litbang Pertanian. 2013. Sistem Tanam Padi Jajar Legowo. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Kementerian Pertanian Jambi. Edisi 19-25 Desember 2012 No.3487 Tahun XLIII.

Dumasari. 2020. Pembangunan Pertanian Mendahulukan Yang Tertinggal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2020.

Moh Nazir. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Witjaksono, Julian. 2018. Kajian Sistem Tanam Jajar Legowo untuk Peningkatan Produktivitas Tanaman Padi di Sulawesi Tenggara. Jurnal Pangan. Sulawesi.

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Halimatussa’diah, P. A., Dumasari, D., & Watemin, W. (2022). Efektivitas Pola Komunikasi Penyuluhan Pertanian untuk Usaha Tani Padi Sawah dengan Teknologi Jajar Legowo Pada Kelompok Tani Sri Ganggong di Desa Jatianom Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon. Proceedings Series on Physical &Amp; Formal Sciences, 4, 328–337. https://doi.org/10.30595/pspfs.v4i.522

Most read articles by the same author(s)