Pertanian Kota Berbasis Siklus Organik di Kabupaten Karanganyar

Authors

  • Tri Purwani Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Retna Dewi Lestari Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30595/pspfs.v4i.532

Keywords:

Organic Sampah, Daur, Pertanian

Abstract

Salah satu masalah perkotaan yang sangat krusial adalah sampah. Timbunan sampah di Kabupaten Karanganyar terhitung tinggi .Salah satu cara pengelolaan terhadap banyaknya sampah di perkotaan dengan menggunakan Siklus organik. Siklus organik perkotaan merupakan suatu rangkaian dari limbah-limbah perkotaan berupa bahan-bahan organik yang berasal dari pemukiman (rumah tangga) dan pasar yang diubah menjadi pupuk organik dan dapat dimanfaatkan sebagai sumber hara dalam budidaya tanaman yang mampu menghasilkan produk-produk pertanian yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat kota itu sendiri. Bedasarkan latar belakang dapat disimpulkan masalah yang terjadi di perkotaan yaitu kurangnya kesadaran masyarakat tentang sampah dan bahayanya ketergantungan bahan pangan yang mengandung bahan berpestisida. Metode yang digunakan merupakan hasil telaah pustaka yang bersumber dari publikasi instansi pemerintah, hasil-hasil penelitian yang berkaitan dengan kependudukan Kabupaten Karanganyar, sampah kota dan pengelolaannya, serta aplikasi budidaya sayuran pemanfaatan lahan sempit dapat berupa pot, polybag, vertikultur. Hasil yang di peroleh adalah produktivitas sampah organik kota menurun dan meningkatkan produktivitas sayuran organik serta peningkatan bahan pangan yang tidak berbahaya jika masyarakat Kabupaten Karanganyar mau menerapkannya.

References

BPS Kabupaten Karanganyar. 2019. Kabupaten Karanganyar Dalam Angka 2019. Karanganyar: BPS Kabupaten Karanganyar

Despommier, D. (2013). Farming up the city: the rise of urban vertical farms. Trends Biotechnol, 31(7), 388-389.

Matlin, S. A., Mehta, G., Hopf, H., Krief, A., Keßler, L., & Kümmerer, K. (2020).

Material circularity and the role of the chemical sciences as a key enabler of a sustainable post-trash age. Sustainable Chemistry and Pharmacy, 17, 100312.

Marchal, V.; Dellink, R.; Van Vuuren, D.; Clapp, C.; Chateau, J.; Magné, B.; Van Vliet, J., (2011). OECD Environmental Outlook to 2050. lister, J., (2015). Factors influencing solid-waste management in the developing World.

Homepage: https://www.gjesm.net/

Ni Komang, A. 2008. Tesis : Peran Serta Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Semarang : Universitas Diponegoro.

Sudradjat. 2009. Mengenal Sampah Kota. http://www.wargahijau.org/index.php? option=com_content&view=article&id=68:mengenal-sampah kota& catid=8:green- industry&Itemid=13

Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP). 2013.

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Purwani, T., & Lestari, R. D. (2022). Pertanian Kota Berbasis Siklus Organik di Kabupaten Karanganyar. Proceedings Series on Physical &Amp; Formal Sciences, 4, 402–409. https://doi.org/10.30595/pspfs.v4i.532