Video Gim Sopan (Keselamatan Transportasi Jalan) untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30595/pspfs.v6i.866Keywords:
Video Game, Education, Road SafetyAbstract
The behavior of motorized vehicle drivers who violate traffic rules is one of the most significant factors causing traffic accidents on the road. This is due to low traffic awareness. Low traffic awareness due to a lack of understanding of traffic rules. An Android-based polite game application was built to increase awareness of motorized vehicle drivers. Polite game development uses the waterfall method with supporting software such as Unity, Photoshop, and Visual Studio. Polite games can help you understand and be aware of the dangers that are on the road. The development of polite games can be done by adding game levels with other road safety theories.
References
Ahdan, S., Putri, A. R., Sucipto, A., & Informasi, T. (2020). APLIKASI M-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN CONVERSATION PADA HOMEY ENGLISH 1*). In Jurnal Sistem Informasi (Vol. 9, Issue 3).
Anggamguna, M., Justitia, B., Kusdiyah, E., & Darmawan, A. (2021). TINGKAT PENGETAHUAN PENGENDARA OJEK ONLINE MENGENAI PERTOLONGAN PERTAMA (FIRST AID) TRAUMA MUSKULOSKELETAL AKIBAT KECELAKAAN LALU LINTAS DI KOTA JAMBI.
Ayu Megawaty, D., Sani Assubhi, Z., & Aziz Assuja, M. (2021). APLIKASI PERMAINAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PETA DAN BUDAYA SUMATERA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. In Jurnal Komputasi (Vol. 9, Issue 1).
Efendi, Z., Christy, T., & Madonna Yuma, F. (2021). PENYULUHAN DAMPAK PENGGUNAAN GAME ONLINE KEPADA SISWA SMA NEGERI 1 BUNTU PANE. In Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat (Vol. 1, Issue 2). http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JPSTM
Eko Maulana Syaputra, Ade Rahmawati, Tayong Siti Nurbaeti, & Riantina Luxiarti. (2020). Sosialisasi Keselamatan Berkendara (Safety Riding)pada SiswaTK Mutiara DWP Indramayu.
Farkhruzi Osman. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kulaitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar (Vol. 2).
HELEN AYU PRAMESWARI. (2020). SKRIPSI HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN PERILAKU BERKENDARA REMAJA (USIA 12-15 TAHUN).
Ismurrizal. (2020). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KEMATIAN PADA KECELAKAAN LALU LINTAS.
Kolaborasi, J., & Konflik, R. (2020). PERILAKU PELANGGARAN LALU LINTAS OLEH REMAJA DITINJAU DARI PERSPEKTIF KONSTRUKSI SOSIAL. 3.
Listiyan, E., & Subhiyakto, E. R. (2021). Rancang Bangun Sistem Inventory Gudang Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus Di CV. Aqualux Duspha Abadi Kudus Jawa Tengah).
Marhamah Hasibuan, A. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA. In ESJ (Elementary School Journal (Vol. 11, Issue 2).
Nora Suci Yanti, & Yasdinul Huda. (2020). Analisis Tingkat Kelayakan Aplikasi Android “Appypie” Sebagai Media Pembelajaran. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/
Nur Indah Sari Putri Bakhtiar, & Hamsir. (2020). PENYELESAIAN GANTI KERUGIAN ASURANSI KECELAKAAN TERHADAP PENUMPANG KENDARAAN UMUM.
Pada Lumba, Anton Ariyanto, Alfirahmi, & Rismalinda. (2022). Dampak Peningkatan Pengendara Sepeda Motor Dibawah Umur terhadap Jumlah Kecelakaan di Indonesia. 14(2), 94–102. http://journal.upp.ac.id/index.php/aptek
Pasir, D. I., Riau, P., & Fahmi, K. (2021). FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS DAN PERILAKU BERKENDARA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (Vol. 10, Issue 1).
Puspoprodjo, W. U., & Laila, N. N. (2021). Studi Pemahaman dan Perilaku Keselamatan Berkendara (Safety Riding) pada Remaja dan Usia Produktif di Pulau Jawa. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 20(3), 118–126. https://doi.org/10.33221/jikes.v20i3.1480
Rahmadeni, & Syahrul Raudi. (2020). ANALISIS TINGKAT KERUGIAN MATERIAL AKIBAT KECELAKAAN LALU LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN DUMMY VARIABLE DI PROVINSI RIAU TAHUN 2013-2017.
Rahmawati, A. (2020). Edukasi Keselamatan Lalulintas Warga Ngadinegaran Kecamatan Mantrijeron Daerah Istimewa Yogyakarta. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i1.4553
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924
Ricky Nelson Daniel Cosme Ratu, Arkipus Pamuttu, & Johan B Bension. (2021). KARAKTERISTIK DAN POLA LUKA KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA AMBON PERIODE 2014-2017. Molucca Medica
Rizqandini, L. A., Lintang Trenggonowati, D., Industri, J. T., Teknik, F., Sultan, U., Tirtayasa, A., Jendral, J., & Km, S. (2020). EFEK USIA, PENGALAMAN BERKENDARA, DAN TINGKAT KECELAKAAN TERHADAP DRIVER BEHAVIOR PENGENDARA SEPEDA MOTOR. 12(1). https://doi.org/10.24853/jurtek.12.1.57-64
Sa’adiah Mohamad, Muhamad Akasah Hamzah, & Farkhruzi Osman. (2020). Persepsi Pelajar Terhadap Manfaat dan Keinginan Menggunakan Snake & Ladder Digital Game Board dalam Pembelajaran Berasaskan Permainan.
Setyowati, D. L., Ramdan, I. M., Keselamatan, D., Kerja, K., Masyarakat, K., & Mulawarman, U. (2020). Penyuluhan tentang Safety Riding pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Yayasan Pendidikan Samarinda (YPS). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(2), 196–201. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas
Shofiah, S., Fitriani, N., Iman Nur Hakim, M., Prima, A. F., Yoga, M. S., Nadhifah, S. M., & Keselamatan Transportasi Jalan, P. (2023). ROAD SAFETY GO TO SCHOOL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KESADARAN BERLALU LINTAS. Community Development Journal, 4(2), 2136–2140.
Sri Widoretno. (2021). EFEKTIFITAS GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK.
Supriadin, & Rindawan. (2022). Penyuluhan Perilaku Taat Tata Tertib Berkendara di Jalan Raya Pada Siswa Sekolah di MA Nurul Habibi NW Liwung Kabupaten Lombok Tengah.
Syaputri, M. D., & Mayasari, D. E. (2021). PENINGKATAN KESADARAN KESELAMATAN BERKENDARA BAGI PENGEMUDI OJEK ONLINE DI SURABAYA. In Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 9, Issue 2).
Yulianto, D. E., & Setiorini, I. L. (2022). SOSIALISASI BAHAYA GAME ONLINE TERHADAP ANAK DI SD NEGERI 4 DAWUHAN KECAMATAN SITUBONDO KABUPATEN SITUBONDO SOCIALIZATION OF THE DANGERS OF ONLINE GAMES TO CHILDREN AT STATE 4 SD DAWUHAN, SITUBONDO DISTRICT SITUBONDO REGENCY. In JURNAL PENGABDIAN (Vol. 1). Online.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Proceedings Series on Physical & Formal Sciences
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.