Pertumbuhan, Hasil, dan Mutu Melon dengan Pupuk Larutan Hara Racikan Sendiri dan AB Mix Pabrikan pada Media Tanah

Authors

  • Sheirinda Akhirusani Samsuri Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Wafit Dinarto Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Bambang Sriwijaya Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30595/pspfs.v7i.1208

Keywords:

Melon, Nutrien Racikan, AB Mix

Abstract

Faktor penting yang harus diperhatikan dalam budidaya melon untuk memperoleh pertumbuhan dan hasil yang optimal yaitu kebutuhan nutrisi yang harus terpenuhi baik unsur hara makro maupun mikro. Efektivitas pemupukan dipengaruhi oleh jenis, konsentrasi atau dosis, cara, dan waktu pemberian pupuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan, hasil dan mutu melon dengan sumber nutrisi dari racikan sendiri dan AB Mix pabrikan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-Juni 2024 di greenhouse Bio Hortifarm, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Penelitian menggunakan rancangan perlakuan faktor tunggal dengan dua perlakuan yaitu larutan hara racikan sendiri dan perlakuan kedua larutan hara AB Mix pabrikan merek goodplant. Penelitian disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat ulangan. Masing-masing unit percobaan terdiri atas 10 tanaman sehingga total ada 80 tanaman. Variabel yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, saat berbunga, bobot kering tanaman, bobot buah per tanaman, diameter buah per tanaman, ketebalan daging buah, kadar air buah, dan kadar gula buah. Analisis data menggunakan Uji T (T-Test) taraf ? = 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan, hasil, dan mutu melon yang diberi larutan hara racikan sendiri tidak berbeda nyata dengan tanaman yang diberi larutan hara dari AB Mix pabrikan (goodplant).

References

Badan Pusat Statistik. 2023. Produksi Tanaman Buah-Buahan (Melon) 2019-2022. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Bilalang, A. C., & Maharia, D. 2021. Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Melon (Cucumis melo L) Dengan Pemberian Pupuk Organik Cair Pada Berbagai Media Tanam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Pertanian, 1(3): 119- 124.

Darwiyah, S., Setyono, dan Rochman, N. 2021. Produksi dan kualitas melon (Cucumis melo L.) hidroponik rakit apung yang diberi nutrisi kalium berbeda. Jurnal Agronida, 7(2): 94-103.

Havlin, J. L., Beaton, J. D.,Tisdale, S. L. dan Nelson, W. L. . 2013. Soil Fertility and Fertilizers. An Introduction to Nutrient Management. Seventh Edition. New Jersey: Pearson Education Inc. Upper Saddle River.

Jifon, J.L. & Lester, G.E. . 2011. Effect of foliar potassium fertilizer and source on cantaloupe yield and quality. J. Better Crop, 95(1): 13-15.

Meriyanto, Sepindjung, B., dan Mandasari, R. 2017. Pengaruh Pemberian Larutan Nutrisi Hidroponik dengan Berbagai Konsentrasi terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Selada Merah (Lactuca sativa L.) Dengan Sistem Deep Flow Technique (DFT). Jurnal Triagro, 2(1): 38-40.

Munardianto, M. & Ernita, E. 2022. Pengaruh Nutrisi Goodplant dan Gandasil B terhadap Produksi Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L.) secara Hidroponik NFT. Jurnal Agroteknologi Agribisnis dan Akuakultur, 2(2): 95-106.

Rahma, S., Rasyid, B., dan Jayadi, M. 2019. Peningkatan unsur hara kalium dalam tanah melalui aplikasi POC batang pisang dan sabut kelapa. Jurnal Ecosolum, 8(2): 74-85.

Rosliani, R. & Sumarni, N. 2005. Budidaya Tanaman Sayuran dengan System Hidroponik. Bogor: Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Kementerian Pertanian.

Shintarika, F. & Wahida, S.N. 2022. Pengaruh Dosis Pupuk KNO3 terhadap Kadar Gula pada Tiga Varietas Melon di BPP Lampung. AgroSainTa: Widyaiswara Mandiri Membangun Bangsa, 6(1): 1-8.

Sobir, F & Siregar, D. 2010. Budidaya Melon Unggul. Jakarta: Penebar Swadaya.

Sufardi. 2012. Pengantar Nutrisi Tanaman. Darussalam Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Supriyanta, B., Florestiyanto, M. Y., dan Widowati, I. 2022. Budidaya Melon Hidroponik dengan Smart Farming. Yogyakarta: LPPM UPN “Veteran”.

Wijaya, V. C., & Utaminingrum, F. 2022. Deteksi Tingkat Kemanisan Buah Melon melalui Ekstraksi Fitur Local Binary Pattern dengan Klasifikasi K-NN berbasis Raspberry Pi 4. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(1): 52-57.

Yulianto, S., Bolly, Y.Y. , dan Jeksen, J. 2021. Pengaruh Pemberian Pupuk Kandang Ayam terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L.). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10): 2165-2170.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Samsuri, S. A., Dinarto, W., & Sriwijaya, B. (2024). Pertumbuhan, Hasil, dan Mutu Melon dengan Pupuk Larutan Hara Racikan Sendiri dan AB Mix Pabrikan pada Media Tanah. Proceedings Series on Physical & Formal Sciences, 7, 101–107. https://doi.org/10.30595/pspfs.v7i.1208