Efisiensi Distribusi Pupuk Bersubsidi di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya Artha Tani Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara

Authors

  • Retno Kusuma Ningrum Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Pujiharto Pujiharto Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Dumasari Dumasari Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pspfs.v4i.523

Keywords:

Pupuk Bersubsidi, Efisiensi, Distribusi

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara pada bulan Maret sampai April 2022. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui proses distribusi pupuk bersubsidi di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya Artha Tani Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara. 2) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat distribusi pupuk bersubsidi di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya Artha Tani Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara. 3) Mengetahui efisiensi distribusi pupuk bersubsidi di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya Artha Tani Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan sample menggunakan metode purposive sampling yang kemudian dipilih menggunakan metode snowball samping sehingga dihasilkan 26 informan kunci dan 6 responden. Hasil penelitian ini yaitu proses distribusi yang dilakukan oleh Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya Artha Tani terdiri dari kegiatan pelayanan, standar waktu pendistribusian, jadwal pendistribusian, serta pelaksanaan prinsip 6T pendistribusian pupuk bersubsidi. Faktor pendukung dalam kegiatan pendistribusian pupuk bersubsidi di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya Artha Tani yaitu administrasi teratur, adanya kerjasama dalam organisasi, pengecekan pupuk bersubsidi secara berkala dan adanya sistem RDKK sedangkan faktor penghambatnya yaitu sarana dan prasarana administrasi masih kurang mumpuni, terjadi kesalahan komunikasi dengan pihak distributor, pupuk menumpuk digudang saat musim panen dan petani belum memahami penggunaan kartu tani dan sistem RDKK . Efisiensi distribusi pupuk bersubsidi di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya Artha Tani secara keseluruhan sudah efisien dengan nilai efisiensi untuk pupuk urea sebesar 0,42%, pupuk NPK 0,41% dan pupuk organik 1,08%.

References

Agung, Juwanto. 2016. Analisis Efisiensi Saluran Distribusi Pada Perusahaan Abon KL Noera Surakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Sebelas Maret.

Dicky Febrian. 2014. Analisis Pelaksanaan Distribusi Penjualan Produk Percetakan Buku (Kasus Kantor Perwakilan PT. Penerbit Erlanga Di Pekanbaru. Jurnal Fisip. Vol. 1 (2) : 1-15

Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia. 2021. Pupuk Bersubisi. https://psp.pertanian.go.id/f-a-q/. Diakses pada tanggal 9 Februari 2022.

Fatmawati dan Zulham. 2019. Analisis Margin dan Efisiensi Saluran Pemasaran Petani Jagung (Zea Mays) di Desa Suka Makmur Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Jurnal Teknik Pertanian. Vol. 2 (1) : 2614-2848.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Roidah, Ida Syamsu. 2013. Manfaat Penggunaan Pupuk Organik Untuk Kesuburan Tanah. Jurnal

Universitas Tulungagung. Vol. 1 (1) : 30-42.

Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian : Teori dan Aplikasinya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung : Alfabeta.

. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung : Alfabeta.

. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung : Alfabeta.

. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.

. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung : Alfabeta.

Suparyanto dan Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor : In Media. Tersiana, Andra. 2018. Metode Penelitian. Yogyakarta : Penerbit Yogyakarta.

Usman, H dan Akbar P. S. 2011. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta : Bumi Aksara.

Walla, Yulius Ndara, Cakti Indra Gunawan dan Sumarno. 2022. Analisis Efisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras di Peternakan Desa Kambingan Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 10 (2) : 381-391.

Wahyuningsih, Sri. 2013. Metode Penelitian Studi Kasus. Madura : UTM Press.

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Ningrum, R. K., Pujiharto, P., & Dumasari, D. (2022). Efisiensi Distribusi Pupuk Bersubsidi di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya Artha Tani Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara. Proceedings Series on Physical & Formal Sciences, 4, 338–347. https://doi.org/10.30595/pspfs.v4i.523

Most read articles by the same author(s)