Penerapan Teknologi Bioflok dalam Pembenihan Ikan Nila (Oreochromis niloticus) di Madrasah Aliyah (MA) Miftahussalam Banyumas

Authors

  • Defi Sefianingsih Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Cahyono Purbomartono Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Muhammad Azharul Rijal Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Juli Rochmayati Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Tumisem Tumisem Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pspfs.v5i.713

Keywords:

Budidaya Ikan, Hilirisasi Penelitian, Siswa, Teknologi Bioflok

Abstract

Industri perikanan di Indonesia berkembang pesat. Pakan merupakan faktor kunci pada usaha perikanan dan memiliki harga yang sangat tinggi. Penerapan teknologi budidaya sangat berkembang dan bertujuan untuk mengurangi modal pakan pada usaha perikanan budidaya. Hilirisasi penelitian merupakan penerapan hasil penelitian yang dilakukan pada lingkungan masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan ilmu dan ketemrampilan masyarakat. Teknologi bioflok merupakan teknologi yang mudah diaplikasikan pada masyarakat. Tujuan hilirisasi penelitian ini adalah agar para siswa dapat melakukan budidaya ikan dengan baik, para siswa dapat menggunakan teknologi bioflok pada budidaya ikan dan siswa berlatih kewirausahaan dan kemandirian. Metode yang dilakukan untuk hilirisasi penelitian ini adalah dengan memberikan materi, pelatihan dan pendampingan kepada para siswa kelas 11 Madrasah Aliyah Miftahusalam Banyumas. Hasil dari hilirisasi ini adalah para siswa dapat mengembangkan ilmu tentang teknologi budidaya yang baik dan melatih keterampilan siswa untuk membuat kolam dan teknologi budidaya, serta para siswa mampu melatih kewirausaan dan kemandirian.

References

Anand, P. K. (2014). Effect of Dietary Supplementation of Biofloc on Growth Performance and Digestive Activities in Panaeus monodon. Aquaculture, 108-115.

Cahyono, P. (2019). Pertumbuhan Lele Dumbo (Clarias sp.) yang Diberi Suplementasi Fucoidan Selama 40 Hari Pemeliharaan. Disertasi. Universitas Gadjah Mada, 1-130.

Kheti Biswanath, D. K. (2017). Dietary microbial floc potentiates imune response, immune relevant, gene expression and diasease resistence in Rohu, Labeo Rohita fingerlings. . Aquaculture, 501-507.

Ombong, F., & Salindeho, I. R. (2016). Aplikasi Teknologi Bioflok (BFT) pada Kultur Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Jurnal Budidaya Perairan , 16 - 25 .

Purbomartono, C., & Isnansetyo, A. (2019). Dietary Fucoidan From Padina boegesenii to Enhance Non-Spesific Immune of Catfish (Clarias sp.). Journal of Biological Science, 173-180.

Purbomartono, C., & Suwarsito. (2019). Pengaruh Penambahan Ekstrak Daun Pepaya Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Ikan Sidat (Anguilla bicolor) Pada Budidaya. . Laporan Penelitian , 50-62.

Rijal, M. A., Susanto, Simanjuntak, S. B., & Hernayanti. (2020). Blood Hematological dan Biochemical Parameters of Osteochilus vittatus with Spirulina platensis Supplementation in Biofloc System. . Biosainstifika, 431-437.

Salmanah, & Zulpikar. (2020). Pemberian probiotik pada pakan komersial dengan protein yang berbeda terhadap kinerja ikan lele (Clarias sp) menggunakan sistem bioflok. . Acta Aquaticca: Aquatic Sciences Journal, 1-27.

Sukardi, P., Sudibya, P. H., & Pramono, T. B. (2018). Produksi Budidaya Ikan Nila (Orechromis niloticus) Sistem Bioflok dengan Sumber Karbohidrat Berbeda. . AJIE Asian Journal of Innovation and Enterpreneurship. , 3-14.

Yunida, R., Sukardi, P., & Simanjuntak, S. B. (2019). Digestive Enzyme Activities of Osteochilus vittatus with Spirulina platensis Fedd Suplementation in Biofloc System. . Biosainstifika: Journal of Biology and Biology Education, 369-376.

Downloads

Published

2023-08-04

How to Cite

Sefianingsih, D., Purbomartono, C., Rijal, M. A., Rochmayati, J., & Tumisem, T. (2023). Penerapan Teknologi Bioflok dalam Pembenihan Ikan Nila (Oreochromis niloticus) di Madrasah Aliyah (MA) Miftahussalam Banyumas. Proceedings Series on Physical & Formal Sciences, 5, 129–134. https://doi.org/10.30595/pspfs.v5i.713