Pengaruh Konsentrasi Pupuk Organik Cair Thitonia Diversifolia terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Sawi (Brassica Juncea L.)

Authors

  • Priskila Nitya Paramacanti Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.30595/pspfs.v5i.716

Keywords:

Konsentrasi, Pupuk Organik Cair, Sawi, Thitonia Diversifolia

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pupuk organik cair Thitonia diversifolia terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman sawi serta untuk mencari konsentrasi terbaik pupuk organik cair yang digunakan dalam melakukan budidaya tanaman sawi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli – September 2022 di Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan satu faktor perlakuan yaitu pemberian konsentrasi POC 10; 20; 30; dan 40 ml/L. Percobaan ini terdiri dari 3 ulangan, yang terdiri dari 25 tanaman dan diambil 5 sampel. Parameter yang diamati adalah jumlah daun, berat basah, berat kering dan luas indeks daun. Data dianalisis menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA), apabila berbeda nyata diuji lanjut dengan uji Orthogonal polynomial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian POC  Thitonia  diversifolia  dengan  perlakuan  10,  20,  30,  dan  40  ml/L  tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan tanaman sawi pada seluruh parameter pengamatan yaitu jumlah daun, berat basah, berat kering dan luas indeksdaun yang disebabkan karena kandungan unsur hara pada POC tergolong rendah.

References

Agromedia. 2008. Panduan Lengkap Budidaya dan Bisnis Cabai. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Annisa, P. dan Gustia, H. 2017. Respon pertumbuhan dan produksi tanaman melon terhadap pemberian pupuk organik cair Thitonia diversifolia. Prosiding Seminar Nasional Universitas Fak. Pertanian UMJ. Hal : 104 – 114

Hikmah N, 2015. Pemanfaatan Ekstrak Kulit Singkong dan Air Cucian Beras pada Pertumbuhan Tanaman Sirsak (Annona muricata L.). Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lakitan B, 2007. Fisiologi Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Prasetya B, Kurniawan S, Febrianingsih M. 2009. Pengaruh dosis dan f'rekuensi pupuk cair terhadap serapan N dan pertumbuhan sawi (Brassica juncea L.) pada entisol. Jurnal Agritek. 17 (5): 1022-1029.

Prawoto, B. R. 2012. Pengelolaan proses produksi dan pasca panen selada (Lactuca sativa L.) secara aeroponik dan hidroponik Deep Flow Technique di Amazing Farm, Lembang, Bandung. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Wayan. I, Wiraatmaja. 2016. Pergerakan Hara Mineral Dalam Tanaman. Program Studi Agroteknologi. Universitas Udayana.

Downloads

Published

2023-08-04

How to Cite

Paramacanti, P. N. (2023). Pengaruh Konsentrasi Pupuk Organik Cair Thitonia Diversifolia terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Sawi (Brassica Juncea L.). Proceedings Series on Physical & Formal Sciences, 5, 152–156. https://doi.org/10.30595/pspfs.v5i.716