Perancangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) Blue Economy Application: Inovasi Blue Economy dalam Mewujudkan Sustainable Sea

Authors

  • Hidayah Ramadani Universitas Ahmad Dahlan
  • Bunga Putri Tatwo Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.30595/pspfs.v5i.721

Keywords:

Blue Economy, SDGs, User Interface, User Experience

Abstract

Negara kesatuan Republik Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 17.000 pulau. Laut merupakan salah satu kekayaan alam perairan Indonesia seperti danau, rawa dan selat, menjadikan Indonesia sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman hayati laut. Akan tetapi banyak kegiatan yang mengakibatkan degrasdasi laut, penurunan jumlah produksi penangkapan ikan hampir setiap tahun juga disebabkan oleh eksploitasi nelayan tahun sebelumnya (overfishing) dan eksploitasi sumber daya ikan yang tidak terkendali di beberapa wilayah perairan. Untuk mengatasi hal tersebut, dibuatlah program berkonsep blue economy berdasarkan program Kementerian Kelautan dan Perikanan. Desain User Interface (UI) dan User Experience (UX) Bluemy App merupakan desain aplikasi yang dapat mendukung Blue Economy. Desain dari Bluemy App ini menggunakan metode prototyping yang dimulai dengan kajian literatur, analisis kebutuhan pengguna, desain prototipe, dan evaluasi prortotipe. Dengan adanya Bluemy App ini maka semua elemen baik dari nelayan, masyarakat, dan juga pemerintah menjadi kesatuan yang tak terpisahkan dalam merawat ekosistem laut. Dimana nelayan dapat mengoptimalkan hasil menjadi produk industri hilir yang berkualitas tinggi. Dan masyarakat umum dapat memperoleh produk yang berkualitas. Serta pemerintah dapat mengoptimalkan perannya dalam menyediakan wadah untuk berjalanannya system Blue App ini. Kebijakan learning, marketing, dan donating dalam Bluemy App pada konsep Economy Blue dan SDGs dapat menjadi keberhasilan yang membawa dampak luar biasa untuk laut keberlanjutan dan ekonomi masyarakat.

References

F, Rani. and W, Cahyani. (2015 ‘Motivasi Indonesia Dalam Menerapkan Model Kebijakan Blue Economy Masa Pemerintahan Joko Widodo’, Jurnal Transnasional, 7(1), pp. 1914–1928.

Muhammad N. Misuari, A.N.B. dan P. (2015) ‘Blue Economy Application To Sustainable Fishery Development’, Jurnal Perikanan (J. Fish. Sci.), (1), pp. 35–47.

Nurfauzi, N.R. et al. (2022) ‘Implementasi Konsep Blue Economy Dalam Pembangunan’, SENAKOTA - Seminar Nasional Ekonomi dan Akuntansi No. 1, Vol. 1, 2022, 75 - 82 IMPLEMENTASI, 1(1), pp. 75–82.

SEPERLY, M.D. (2016) ‘Implementasi Blue Economy Pada Sektor Kelautan dalam Upaya Mensejahterakan Nelayan Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus Nelayan TPI Gudang Lelang Kota Bandar Lampung)’, 7(2), pp. 1–23. Available at: http://www.joi.isoss.net/PDFs/Vol-7-no-2-2021/03_J_ISOSS_7_2.pdf.

Siti Marwiyah, N.J.L.F. (2022) ‘The Urgency of Blue Economy-Based Sustainable Development Education in Higher Education (Study Blue Economy Education in Probolinggo) Siti’, Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 8(3), pp. 643–654.

Downloads

Published

2023-08-04

How to Cite

Ramadani, H., & Tatwo, B. P. (2023). Perancangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) Blue Economy Application: Inovasi Blue Economy dalam Mewujudkan Sustainable Sea. Proceedings Series on Physical & Formal Sciences, 5, 187–194. https://doi.org/10.30595/pspfs.v5i.721