Strategi Pemasaran Benih Tanaman yang Dikemas Ulang di RBL Nusantara Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba'alawy Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.30595/pspfs.v4i.515Kata Kunci:
benih tanaman yang dikemas ulang, pemasaran, faktor internal dan eksternal, SWOTAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan eksternal serta mengetahui strategi pemasaran benih tanaman yang dikemas ulang di Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawy Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan lokasi penelitiannya dilaksanakan di Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawy Kota Semarang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Matriks IFAS, EFAS, IE, dan SWOT. Hasil penelitian pada faktor internal menunjukkan bahwa dari 9 faktor yang terdiri dari kekuatan dan kelemahan menghasilkan total skor sebesar 2,95 artinya RBL Nusantara dapat dapat mengatasi kelemahan menggunakan kekuatan yang dimiliki. Faktor eksternal menunjukkan bahwa dari 8 faktor baik peluang dan ancaman menghasilkan skor total sebesar 2,72 artinya RBL Nusantara dapat memanfaatkan peluang yang ada dan menghindari pengaruh negative dari ancaman. Matrik IE unit usaha RBL Nusantara berada didaerah V yang merupakan daerah pertahankan dan pelihara. Strategi pertahankan dan pelihara bertujuan untuk menjaga dan mempertahankan stabilitas RBL Nusantara, baik dalam penjualan, keuntungan, manajemen, SDM. Hal ini dapat dicapai dengan strategi penetrasi pasar melalui pasar online maupun offline, promosi, dan pengembangan produk dengan meningkatkan inovasi varian tanaman yang dijual maupun design kemasan yang menarik.
Referensi
Alfira, Shufairah. 2020. Analisis Lingkungan Eksternal Dan Lingkungan Internal Terhadap Strategi Pemasaran Yang Diterapkan Oleh Keyla Butik Di Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Badan Pusat Statistika. 2021. Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. https://www.bps.go.id/pressrelease/2022/02/07/1911/ekonomi-indonesia- triwulan-iv-2021-tumbuh-5-02-persen--y-on-y-.html. Diakses pada tanggal 17 Februari 2022.
Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Rangkuti, F. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Edisi Ke enam Belas, PT. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Setiawan, Jefri. 2017. Strategi Pemasaran Bibit Jeruk Di UD Tunas Baru Mulya Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Proceedings Series on Physical & Formal Sciences
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.