Perilaku Wirausaha Terhadaap Pendapatan Usaha Pedagang Sayur Dikecamatan Kota Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara (Studi Kasus Pada Pedagang Sayur Di Pasar Baru)
DOI:
https://doi.org/10.30595/pspfs.v4i.528Kata Kunci:
Perilaku Wirausaha, Pendapatan, SayurAbstrak
Pelaku usaha di Indonesia sebagian besar didominasi oleh UMKM. Perilaku kewirausahaan pedagang Pasar, disamping dilihat dari kebutuhan dana mereka juga sikap-sikap kewirausahaan sehingga dapat muncul untuk mengembangkan perilaku wirausahawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku wirausaha terhadap faktor eksternal dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pendapatan. Analisis data yang digunakan berupa Analisis Jalur Path (Path Analysisi) untuk perilaku wirausaha, faktor internal dan faktor eksternal terhadap pendapatan di pasar baru kefamenanu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial perilaku wirausaha berpengaruh terhadap faktor eksternal dengan nilai signifikan terhadapan faktor eksternal dengan koefisien regresi X1 sebesar 0,004 dan X2 sebesar 0,010 berarah positif. untuk nilai pengaruh standardized coefficient X1 sebesar 0,351 atau 35,1% dan X2 sebesar 0,311 atau 31,1%, Sedangkan R Square sebesar 0,275 dan nilai Pe1 sebesar 0,851. Dan secara simultan perilaku wirausaha berpengaruh terhadap pendapatan dengan nilai signifikaan terhadap pendapatan dengan nilai koefisien regresi 0,32 dan 0,22 berarah positif dengan nilai standardized coefficient X1 sebesar 0,279 atau 27,9% dan X2 sebesar 0,046 atau 04,6% sedangkan faktor internal tidak berpengaruh terhadap pendapatan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,717 dengan nilai standardized coefficient Y sebesar 0,314 atau 31,4%. Dan nilai R Square secara simultan sebesar 0,272 atau 27,2% untuk nilai Pe2 sebesar 0,8532.
Referensi
Ahmad Dzulfikri (2017). Sikap, Motivasi dan Minat Berwirausaha Mahasiswa Disurabaya. Program Studi Manajemen, Sekolaah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya.
Artaman, Dewa Made Aris. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Seni Sukawati Di Kabupaten Gianyar.Tesis. Program Magister Program Studi Ilmu Ekonomi Program Pascasarjana. Universitas Udayana Denpasar.
Badan Pusat Statistik. 2020.Wirausaha Dalam Angka. BPS Kabupaten Timor Tengah Utara. Casson M, Yeung B, Basu A, Wadeson N. 2006. The Oxford Handbook of Entrepreneurship. New York: Oxford University Press Inc.
Dirlanudin 2010. Perilaku Wirausaha dan keberadaan Pengusaha Kecil Industri Agro: Kasus di Kabupaten Serang Provinsi Banten. [Disertasi]. Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor. Bogor
Dodge, Yadolah (ed.).2006. The Oxford Dictionary of Statistical Terms. Oxford England, UK: Oxford University Press.
Fatmawati, & Lubis. (2020). Jurnal muhammadiyah manajemen bisnis. Pengaruh perilaku kewirausahaan terhadap kemampuan manajerial pada pedagang pakaian pasar pusat pasar kota Medan, 1(1), 57–66.
Mar’ie Muhamad (2019) Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin STS Jambi). Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Monalisa. (2010). Pengaruh Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan usaha pada CV. Karaos Catering di Bandung. [Skripsi]. Goteborg (ID): Unikom.
Pujianto, H. (2017). Pengaruh Perilaku Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus Pada Pedagang Sayur Obrokan Di Pasar Songgolangit Ponorogo. [Skripsi]. Ponogor (ID): Universitas Muhammadiyah Ponogoro.
Puspitasari. 2013. Pengaruh perilaku kewirausahaan petani Anggrek Terhadap Kinerja Usaha: kasus di Kecamatan Gunung Sindur dan Parung, Kabupaten Bogor, dan Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan [Tesis]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Sugiyono. 2012.( Metode Penelitian Kuantitati f Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Proceedings Series on Physical & Formal Sciences
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.