Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Hias pada Usaha Budidaya Maresh Farm Id di Kecamatan Kejobong, Purbalingga, Jawa Tengah

Penulis

  • Bangkit Wiranata Universitas Jenderal Soedirman
  • Aulia Fatah Noor Fauzi Universitas Jenderal Soedirman
  • Ratna satriani Universitas Jenderal Soedirman
  • Taufik Budhi Pramono Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.30595/pspfs.v5i.728

Kata Kunci:

Ekonomi, EFAS, IFAS, Ikan Hias, Analisis SWOT

Abstrak

Budidaya ikan hias air tawar memiliki nilai ekonomis tinggi dan berpotensi besar untuk dikemabangkan.  Purbalingga merupakan salah satu kawasan penghasil ikan hias terbesar di jawa tengah. Maresh fish id adalah salah satu pembudidaya ikan hias dengan komoditas utama ikan rasbora galaxy (danio margariatus). Tujuan dari penelitian ini untuk  mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi pengembangan usaha budidaya ikan hias di Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga, serta menentukan strategi pengembangan usaha yang prioritas untuk usaha tersebut. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan Metode penelitian  survey aktif menggunakan kuisoner  serta  pengambilan sampel secara purposive. Responden dipilih berdasarkan pengetahuan dan peran penting mereka dalam strategi pengembangan yang berkaitan dengan informasi yang dibutuhkan. Metode analisis data menggunakan IFAS (Internal Strategic Factor Analysis Summary), EFAS (External Strategic Factor Analysis Summary), Internal Eksternal (IE), SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) yang dapat mempengaruhi udaha budidaya Maresh fish farem adalah Hasil analisis menunjukkan bahwa kekuatan usaha tersebut adalah lahan budidaya yang luas, sedangkan kelemahan adalah belum merambah pasar lokal dan masih mengandalkan pengepul. Selain itu, terdapat peluang dalam permintaan pasar yang tinggi, namun juga ada ancaman dalam bentuk hama dan penyakit. Dari hasil analisis menggunakan matriks QSPM, strategi pengembangan usaha yang paling tepat adalah dengan menambah kapasitas produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar dan memanfaatkan bahan baku secara efektif dan efisien. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan kesuksesan usaha budidaya Maresh Fish Farm.

Referensi

Badan Pusat Statistik. 2021. Statistik Indonesia 2021. Jakarta: Badan Pusat Statistik. Diakses dari :https://www.bps.go.id/publication/2021/02/26/938316574c78772f27e9b477/statistik-indonesia2021.html

Blocher, Edward J. 2007. Manajemen Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

David, F. R. 2016. Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing (15th ed.). Salemba Empat, Jakarta.

David, F.R. (2010). Manajemen Startegis: Konsep-Konsep. Jakarta: Indeks

Destrilia, I. (2018). IFAS Dan EFAS Dalam Strategi Penanganan Peredaran Narkoba di Kota Metro Oleh Satuan Narkoba Polres Metro.

Edward J. Blocher, et, al., Manajemen Biaya, (Jakarta: Salemba Empat, 2007), h. 56.

Fahmi, I. 2013. Manajemen strategis teori dan aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Iskandar, A., Supriyantoro, W., Darmawan, B., Hendriana, A., & Ramadhani, D. E. (2022). Analisis Ekonomi Produksi Ikan Mikro Rasbora Galaxy Danio margaritatus Skala Komersil Untuk Optimalisasasi Usaha Kecil dan Menengah (Studi kasus di Tetra Aquaria Sukabumi, Jawa Barat). Jurnal Salamata, 4(2), 53-62.

Istiqomah, & Andriyanto, I. 2017. Analisis SWOT Dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Wisata Kaliputu Kudus) Istiqomah dan Irsad Andriyanto. BISNIS, 5(2): 363–382.

Kusrini, E. (2010). Budidaya ikan hias sebagai pendukung pembangunan nasional perikanan di Indonesia. Media Akuakultur, 5(2), 109-114.

Mahendra, A. H. I. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI KECIL GANTRA BETTA FISH TULUNGAGUNG DALAM PERSPEKTIF SWOT DAN BMC. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(4), 322-332.

Marimin. 2004. Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Bogor: Grasindo.

Nugroho, B. D., & Hardjomidjojo, H. (2017). Strategi pengembangan usaha budidaya ikan konsumsi air tawar dan ikan hias air tawar pada kelompok Mitra Posikandu Kabupaten Bogor. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 12(2), 127-136.

Rangkuti, F. 2018. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI (24th ed.). PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Ratnasari, D., Astuti, N., & Manullang, R. R. (2022). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Usaha Ikan Hias Lokal Khas Bangka Belitung Di Wilayah Kota Pangkalpinang (Tahun2020-2021). Jurnal Media Wahana Ekonomika, 18(4), 444-467.

Sari, D. P., & Oktafianto, A. (2017). Penentuan Strategi Bisnis Menggunakan Analisis Swot Dan Matriks Ifas–Efas Pada Cv. Dinasty.

Subaktilah, Y., Kuswardani, N., & Yuwanti, S. (2018). Analisis SWOT: Faktor internal dan eksternal pada pengembangan usaha gula merah tebu (Studi Kasus di UKM Bumi Asih, Kabupaten Bondowoso). Jurnal Agroteknologi, 12(02), 107-115.

Tjoe, T.F. dan Sarjono, H., (2010), Strategi Bisnis Pada PT. CTL dengan Pendekatan Metode TOWS, Binus Business Review, 1(2), 434-447

Diterbitkan

2023-08-04

Cara Mengutip

Wiranata, B., Fauzi, A. F. N., satriani, R., & Pramono, T. B. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Hias pada Usaha Budidaya Maresh Farm Id di Kecamatan Kejobong, Purbalingga, Jawa Tengah. Proceedings Series on Physical & Formal Sciences, 5, 230–240. https://doi.org/10.30595/pspfs.v5i.728

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama