Pengaruh Inisiasi Menyusui Dini Terhadap Lamanya Kala III Pada Ibu Bersalin di PMB Ny. Setyaning Dampit Kab. Malang

Authors

  • Anik Purwati ITSK RS dr Soepraoen Malang
  • Dyah Ayu Anggraeni ITSK RS dr Soepraoen Malang
  • Shinta Ayu Pitaloka ITSK RS dr Soepraoen Malang

DOI:

https://doi.org/10.30595/pshms.v4i.546

Keywords:

Inisiasi Menyusui Dini, Lama Kala III

Abstract

Inisiasi menyusui dini (IMD) adalah perilaku bayi yang melakukan inisiasi menyusu setelah lahir. Saat bayi mulai membenturkan kepalanya ke dada ibu, sentuhan tangan dan isapan bayi pada puting susu ibu merangsang pelepasan hormon yang disebut oksitosin. Hormon oksitosin dibutuhkan ibu pada saat persalinan untuk mengontraksikan rahim untuk mencegah perdarahan postpartum, membantu pengeluaran plasenta, membantu proses retraksi rahim, mengontrol perdarahan dan membantu mempercepat kala III meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Inisiasi Menyusui Dini (IMD) terhadap Lama Kala III pada ibu bersalin. Desain penelitian ini menggunakan desain pre eksperimen dengan rancangan intact group comparation pada desain ini kelompok terbagi dua setengah kelompok untuk eksperimen (diberi perlakuan) dan setengah kelompok untuk kelompok kontrol (tidak diberi perlakuan). Dari 20 responden dibagi 2 kelompok yaitu 10 responden diberikan perlakuan dan 10 responden sebagai kelompok kontrol.  Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan instrument lembar observasi dan Teknik Analisa data menggunakan uji chi quare. Data yang diperoleh dianalisa dan dibuat dalam bentuk tabel dan narasi. Berdasarkan hasil didapatkan nilai signifikansi p value 0,025 < ? = 0,05 maka dapat  disimpulkan bahwa  Ha diterima artinya ada pengaruh inisiasi menyusui dini terhadap kala III.

References

Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.

Dewi Cendika & Indarwati. Panduan Pintar Hamil & Melahirkan, Jakarta: Wahyu Media. 2010.

Hidayat. Pengukuran Motivasi. http://dr-suparyanto.Blogspot. Com/2010/2009/konsep-motivasi. html. Diakses pada tanggal 24 Februari 2011.

Inkiriwang. Vonne; Lusyati, Setyadewi. Stabilisasi Bayi Baru Lahir Pasca Resusitasi di layanan Tingkat Pertama, edisi ke-1 Konggres Nasional Perinasia XII Banjarmasin Kalimantan Selatan. 2016.

Jenny J. S. Sondakh. Asuhan Kebidanan Persalinan & Bayi Baru Lahir. 2013.

Kosim, Sholeh.dkk. Buku Ajar Neonatologi. Jakarta: Badan Penerbit IDAI. 2008.

Lissauer, Tom.dkk. At the Glance Neonatologi.Jakarta: Erlangga. 2006.

Marmi. Asuhan Neonatus, Bayi, Balita, dan Anak Prasekolah.Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2012.

Marpaung, W.S. Peranan Inisiasi Menyusui Dini Terhadap Lama Kala III dan Jumlah Perdarahan Kala IV pada Partus Spontan Pervaginam. 2019.

Notoatmodjo, Sukidjo. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.

Nursalam. Konsep Penerapan Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika. 2013.

Purwarini, Justina, et al. "Lama Persalinan Kala III Dan Proses Involusi Uteri Mempengaruhi Inisiasi Menyusu Dini Pada Ibu Post Partum" Jurnal Keperawatan Indonesia 15.2 (2012): 97-102.

Prawirohardjo, Sarwono. Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal Dan Neonatal. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka. 2008.

Purwati, Anik Dan Veronika Widia Trilupi, Maria. Asuhan Kebidanan Pada Ibu Bersalin & Bayi Baru Lahir. Nganjuk: CV. Adjie Media Nusantara. 2018.

Roesli, Utami. Inisiasi Menyusu Dini Plus ASI Eksklusif, Jakarta: Pustaka Bunda. 2008.

Sugiyono, Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. 2010.

Siwi Walyani, Elisabeth dan Purwoastuti, Endang. Asuhan Kebidanan Persalinan & Bayi Baru Lahir. Yogjakarta: PT. Pustaka Baru. 2016.

Saifudin, Abdul Bari. Pelayanan Kesehatan Maternal Neonatal. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono. 2008.

Sue C. C, Oksitosin Pathways and the Evolution of Human Behavior. DOI 10.1146/annurev-psych-010213-115110. 2014.

Downloads

Published

2023-01-02

How to Cite

Purwati, A., Anggraeni, D. A., & Pitaloka, S. A. (2023). Pengaruh Inisiasi Menyusui Dini Terhadap Lamanya Kala III Pada Ibu Bersalin di PMB Ny. Setyaning Dampit Kab. Malang. Proceedings Series on Health &Amp; Medical Sciences, 4, 10–15. https://doi.org/10.30595/pshms.v4i.546