Efektivitas Media Buku Saku Penjaga Kespro Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang Infeksi Menular Seksual di SMP Negeri 7 Purwokerto

Authors

  • Laeli Izah R.M Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Happy Dwi Aprilina Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pshms.v4i.565

Keywords:

Buku saku, Pengetahuan, Sikap, Remaja, Infeksi Menular Seksual

Abstract

Infeksi menular seksual mengacu pada berbagai sidrom klinis dan infeksi yang disebabkan oleh patogen dan ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak seksual. Di Indonesia jumlah kasus AIDS/HIV yang dilaporkan terbesar berturut-turut di Jawa Tengah AIDS kasus 841 (18,1%) dan HIV kasus 36.262 (9,09%). Mengetahui efektivitas media buku saku penjaga kespro terhadap tingkat pengetahuan dan sikap remaja tentang IMS di SMP Negeri 7 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan one group pretest dan posttest design. Sampel penelitian ini adalah murid di SMP Negeri 7 Purwokerto dengan jumlah 35 responden dengan teknik total sampling pada bulan Januari-Februari 2022. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar kuesioner pengetahuan (Skala Gutman) dan kuesioner sikap (Skala Likert) dengan hasil indeks Spearman Brown pengetahuan 0,876 ? r tabel 0,361 dan sikap 0,871 ? r tabel 0,361, sehingga kedua kuesioner tersebut reliabel ini menunjukkan terdapat efektivitas media buku saku penjaga kespro terhadap tingkat pengetahuan dan sikap remaja tentang infeksi menular seksual, -value 0,000 (<0,05). Skor pengetahuan sebelum diberikan media buku saku penjaga kespro yaitu 5,00±1,283 dan sesudah yaitu 6,63±,998, sedangkan skor sikap sebelum diberikan media buku saku penjaga kespro yaitu 29,71±2,383 dan sesudah yaitu 31,69±2,938 dengan p value 0,000 (<0,05). Kesimpulan: Ada efektivitas media buku saku penjaga kespro terhadap tingkat pengetahuan dan sikap remaja tentang infeksi menular seksual.

References

A, A. D., & P, D. D. (2019). Peer Education Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Tentang HIV/AIDS Di SMP Muhammadiyah Kedung Banteng. 1, 6–9.

Almeida, R., Corrêa, R., Rolim, I., Hora, J., Linard, A. G., Coutinho, N., & Oliveira, P. (2017). Knowledge of adolescents regarding sexually transmitted infections and pregnancy. Revista Brasileira de Enfermagem, 70 (5). https://doi.org/10.1590/0034-7167-2016-0531.

Arakawa S. (2021). Education for prevention of STIs to young people (2021 version) Standardized slides in youth education for the prevention of sexually transmitted infections-for high school students and for junior high school students. Journal of infection and chemotherapy : official journal of the Japan Society of Chemotherapy, 27(10), 1375–1383. https://doi.org/10.1016/j.jiac.2021.05.008.

DKK Banyumas. (2019). Data HIV/AIDS Banyumas 2019.

Lederer, A. M., & Vertacnik, A. L. (2021). Correlates of sexually transmitted infection knowledge among late adolescents. Sexual health, 18(4), 303–310. https://doi.org/10.1071/SH20092.

Marazzo & Holmes. (2018). Buku Infeksi Menualar Seksual HIV/AIDS (A. Karim (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Ningsih, R. (2022). Efektivitas Edukasi PKPR Menggunakan Buku “Aku Remaja Sehat ” Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Tentang Kesehatan Remaja Pada Kader Kesehatan Remaja D i Wilayah Puskesmas Cipayung Jakarta Timur. JKEP . Vol. https://www.poltekkesjakarta3.ac.id/ejurnalnew/index.php/JKep/article/view/930/33.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Oluwole, E. O., Oyekanmi, O. D., Ogunyemi, D. O., & Osanyin, G. E. (2020). Knowledge, attitude and preventive practices of sexually transmitted infections among unmarried youths in an urban community in Lagos State, Nigeria. African journal of primary health care & family medicine, 12(1), e1–e7. https://doi.org/10.4102/phcfm.v12i1.2221.

Patchen, L., Ellis, L., Ma, T. X., Ott, C., Chang, K., Araya, B., Atreyapurapu, S., Alyusuf, A., & Gaines Lanzi, R. (2020). Engaging African American Youth in the Development of a Serious Mobile Game for Sexual Health Education: Mixed Methods Study. JMIR serious games, 8(1), e16254. https://doi.org/10.2196/16254.

Purba, H. D., et al. (2021). Buku Infeksi Menular Seksual dan HIV/AIDS (Abdul Kari). Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Infeksi_Menular_Seksual_dan_HIV_AIDS/O7AzEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Saenong, R. H., & Sari, L. P. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Sikap Terhadap Infeksi Menular Seksual pada Mahasiswa Pendidikan Dokter. Muhammadiyah Journal of Midwifery, 1(2), 51. https://doi.org/10.24853/myjm.1.2.51-56

Saura, S., Jorquera, V., Rodríguez, D., Mascort, C., Castellà, I., & García, J. (2019). Percepción del riesgo de infecciones de transmisión sexual/VIH en jóvenes desde una perspectiva de género [Gender meanings of the risk of sexually transmitted infections/HIV transmission among young people]. Atencion primaria, 51(2), 61–70. https://doi.org/10.1016/j.aprim.2017.08.005.

Stoet, G., & Geary, D. C. (2015). Sex differences in academic achievement are not related to political, economic, or social equality. Intelligence, 48, 137-151.

Sunaryo. (2013). Psikologi untuk keperawatan. EGC.

Wahyuni, S., Niu, F., & Marlindah, M. (2021). Perbandingan Penyuluhan Dan Buku Saku Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Hiv/Aids. Jurnal Kebidanan Malahayati, 7(1), 116–122. https://doi.org/10.33024/jkm.v7i1.3177.

Downloads

Published

2023-01-02

How to Cite

R.M, L. I., & Aprilina, H. D. (2023). Efektivitas Media Buku Saku Penjaga Kespro Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang Infeksi Menular Seksual di SMP Negeri 7 Purwokerto. Proceedings Series on Health &Amp; Medical Sciences, 4, 100–103. https://doi.org/10.30595/pshms.v4i.565