Hubungan Beban Kerja Mental dengan Stres Kerja Pembelajaran Sistem Hybrid Pada Guru SD di Kelurahan Cilacap
DOI:
https://doi.org/10.30595/pshms.v4i.558Keywords:
Beban Kerja Mental, Stres KerjaAbstract
Saat ini pemerintah sedang menerapkan kebijakan new normal salah satunya berpengaruh pada sektor pendidikan, dimana peserta didik diminta untuk belajar di rumah dan di sekolah secara bergantian (metode pembelajaran hybrid) dimana guru dapat menerapkan penggabungan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring. Stres kerja dapat terjadi, salah satunya karena tuntutan tugas yang berlebihan. Akibat dari perubahan sistem pembelajaran tersebut, tugas dan tanggung jawab guru menjadi meningkat karena harus mempersiapkan pembelajaran luring dan daring secara bersamaan yang dapat menyebabkan guru menerima beban kerja mental berlebih sehingga mengakibatkan stres kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan beban kerja mental dengan stres kerja pembelajaran sistem hybrid pada guru SD di kelurahan Cilacap. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Responden yang diambil dalam penelitian ini yaitu sebanyak 70 guru SDN di Kelurahan Cilacap. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Alat ukur pada penelitian ini menggunakan kuesioner NASA-TLX untuk mengukur tingkat beban kerja mental dan kuisioner HSE 2003 untuk mengukur tingkat stres kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Somers’d. Hasil uji statistik menggunakan uji Somers’d dapat diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar p = 0.0001 ( p < 0.05) yang artinya penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara beban kerja mental dengan stres kerja.
References
Alamsyah, Y. A. (2016). EXPERT TEACHER (Membedah syaratsyarat untuk menjadi Guru Ahli atau Expert Teacher). TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 24-44
Bachroni, M., & Asnawi, S. (2015). Stres kerja. Buletin Psikologi, 7(2).
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61
Giyanti, I., & Fachrizal, I. (2021). Beban Kerja Mental Guru SD di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode NASA-TLX. SENRIABDI 2021, 1(1), 123-132
Kurniawati, R., Wahyuni, I., & Widjasena, B. (2022). Hubungan Beban Kerja Mental dan Sistem Pembelajaran Masa Pandemi Covid19 dengan Stres Kerja pada Guru SLB. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(2), 379- 388
Mustika, R., Nurhasanah, A., & Pribadi, R. A. (2021). Hybrid Learning Sebagai Alternatif Model Pembelajaran Tematik Di Kelas 2 Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 402- 414.
Nissa, S. F., & Haryanto, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 402- 409.
Purwanto, A., Sopa, A., Primahendra, R., Kusumaningsih, S. W., & Pramono, R. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transactional, Transformational, Authentic Dan Authoritarian Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Di Kudus. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 70-80
Putra, A. S. (2021, October). Perbandingan Efektivitas Sistem Pembelajaran Online dan Offline di Era New Normal. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 304-311).
Putri, U. L., & Handayani, N. U. (2017). Analisis beban kerja mental dengan metode NASA TLX pada departemen logistik PT ABC. Industrial Engineering Online Journal, 6(2).
Rahmawati, A. N., Putri, N. R. I. A. T., & Sumarni, T. (2021). Manajemen Stres Kerja Guru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Kesehatan, 1(2), 70-78.
Sari, D. R., Akbar, K. A., & Nafikadini, I. (2021). Perbedaan Beban Kerja Mental dan Stres Kerja Guru SDN Dengan Guru SLBN. Journal of Industrial Hygiene and Occupational Health, 5(2), 83-98.
Wahyudi, R. N., Marisdayana, R., & Husaini, A. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Stres Kerja Pada Guru SDLB Negeri 1 Kota Jambi Tahun 2020. Journal Of Healthcare Technology And Medicine, 6(2), 764-755.
Weken, M. E., Mongan, A. E., & Kekenusa, J. S. (2020). Hubungan antara beban kerja, konflik peran, dan dukungan sosial dengan stres kerja pada guru di sekolah menengah atas negeri 1 manado pada masa pandemi covid19. Indonesian Journal of Public Health and Community Medicine, 1(4), 80-88.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Proceedings Series on Health & Medical Sciences
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.