Keragaman Sistem Agribisnis Tanaman Hias pada Kawasan Wisata Baturraden Kabupaten Banyumas
DOI:
https://doi.org/10.30595/pspfs.v4i.521Keywords:
agribisnis, tanaman hias, kawasan wisataAbstract
Kabupaten Banyumas menjadi salah satu daerah yang memiliki potensi dalam mengembangkan usaha tani tanaman hias. Prospek pasar tanaman hias semakin cerah seiring dengan pesatnya perkembangan industri pariwisata di berbagai wilayah di Indonesia serta tempat-tempat lain di luar negeri. Hal ini tentu akan menunjang peningkatan permintaan akan produk tanaman hias, baik sebagai hiasan untuk mempercantik lingkungan atau sebagai kebutuhan sehari-hari sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat. Sistem agribisnis tanaman hias pada kawasan wisata Baturraden terdiri dari subsistem agribisnis hulu yaitu pengadaan sarana produksi untuk budidaya tanaman hias (bibit, pupuk, pestisida dan peralatan usaha tanaman hias), subsistem usahatani atau budidaya tanaman hias, subsistem pengolahan hasil terkait pengemasan tanaman hias yang dipasarkan, subsistem pemasaran dari pelaku usaha tanaman hias ke konsumen, dan subsistem penunjang khususnya terkait dengan kebijakan pemerintah.
References
Ananda Putra Agung, Tetty Wijayanti dan Nella Naomi Duakajum 2017. Analisis Strategi Pengambangan Usaha Tanaman Hias (Studi Kasus Pada Naten Flower Shop Kota Samarinda). Jurnal Ekonomi Pertanian & Pembangunan ISSN 1693-9646 Maret 2017 Volume 14 No.1
Anita Noviana, Yaktiworo Indriani, Suriaty Situmorang, 2014. Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Tanaman Hias Di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. JIIA, Volume 2, No. 1, Januari 2014
Badan Pusat Statistik.2018. Statistik Luas Panen Tanaman Hias Menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Tanaman di Provinsi Jawa Tengah 2017- 2018. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah.
Jhonson Marbun, Elviani Nasution, 2019. Prospek Pengembangan Usaha Tanaman Bunga Hidup (Studi Kasus Kota Pematangsiantar). Jurnal Agrilink Volume 1 No.1-Februari 2019-ISSN: P 2252-5602 E 2302-6510
Netti Tinaprilla, dan Chairani Putri Pratiwi, 2017. Potensi Agribisnis Florikultura Di Indonesia, Agribusiness Series 2017 Departemen Agribisnis, Institut Pertanian Bogor.
Nurmawati, 2021. Perilaku Konsumen dan Keputusan Pembelian. Jakarta : Media Nusa Creative (MNC Publishing)
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suprihati dan Wikan Budi Utami. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Mobil Pribadi Di Kelurahan Gonilan Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Paradigma Vol. 13, No. 01, Februari-Juli 2015
Palungkun, 2002. Pengelompokan Tanaman Hias. Jakarta : Rajawali Pers,
Widyastuti,T. 2018. Teknologi Budidaya Tanaman Hias Agribisnis. Yogyakarta : CV Mine.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Proceedings Series on Physical & Formal Sciences

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.