Upaya Pengembangan Pupuk Organik untuk Mendukung Pertanian Organik di Desa Tinggarjaya, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas

Authors

  • Suwarsito Suwarsito Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Aman Suyadi Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Hindayati Mustafidah Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pspfs.v5i.732

Keywords:

Pupuk Organik, Kotoran Sapi, Pertanian Organik, Kelompok Tani Mlethek Srengenge Desa Tinggarjaya

Abstract

Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Kelompok Tani Mlethek Srengenge Desa Tinggarjaya, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas. Kelompok Tani Mlethek Srengenge mempunyai kegiatan utama budidaya pertanian, namun belum menggunakan pupuk organik dalam budidaya pertanian. Kelompok Tani Mlethek Srengenge masih menggunakan pupuk kimia dalam kegiatan budidaya pertanian. Hal ini disebabkan karena terbatasnya pengetahuan dan keterampilan Kelompok Tani Mlethek Srengenge dalam pembuatan pupuk organik berbahan baku kotoran ternak sapi.Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Kelompok Tani Mlethek Srengenge dalam pembuatan pupuk organik untuk mendukung pertanian organik di Desa Tinggarjaya, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat adalah pemberdayaan masyarakat  dengan cara alih teknologi berbasis penerapan hasil penelitian kepada mitra sasaran. Sedangkan metode pendekatan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat adalah partisipasi aktif, yaitu kegiatan yang melibatkan partisipasi aktif mitra dalam seluruh kegiatan pengabdian masyarakat. Tahapan kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi sosialisasi program, pelatihan,  praktik langsung pembuatan pupuk organik padat dan cair, dan pendampingan, serta evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota kelompok tani Mlethek Srengenge Desa Tinggarjaya, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas dalam pembuatan pupuk organik padat dan cair berbahan baku kotoran ternak sapi secara mandiri.

References

Fuad, K. dan Winarsih. (2021). Pemanfaatan Limbah Kotoran Sapi Menjadi Pupuk Organik Untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Abdimas Volume 07 (4): 293 - 297.

Harahap, R., Gusmeizal, dan E. Pane. (2020). Effectivity of Cabbage Compost – Banana Weevil Liquid Organic Fertilizer Combination ffor Long Bean Production. Jurnal Ilmiah Pertanian (JIPERTA), Volume 2 (2): 135 –143.

Huda, S. dan W. Wikanta. (2017). Pemanfaatan Limbah Kotoran Sapi Menjadi Pupuk Organik Sebagai Upaya Mendukung Usaha Peternakan Sapi Potong di Kelompok Tani Ternak Mandiri Jaya Desa Moropelang Kec. Babat Kab. Lamongan Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 1 (1): 26 – 35.

Nur, T., A.R. Noor, dan M. Elma. (2016). Pembuatan Pupuk Organik Cair dari Sampah Organik Rumah Tangga dengan Penambahan Bioaktivator EM 4 (Effective Microorganisms). Konversi, Volume 5 (2): 5 - 12.

Nurkhasanah, E., D.C. Ababil, R.D. Prayogo, dan A. Damayanti. (2021). Pembuatan Pupuk Kompos dari Daun Kering. Jurnal Bina Desa Volume 3 (2): 109 - 117.

Nurkholis, S. Nusantoro, dan A. Awaludin. (2019). Pembuatan Pupuk Organik Padat (POP) Berbasis Bahan Kotoran Ternak dengan Memanfaatkan Bioaktivator Isi Rumen Sapi. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Pranata Laboratorium Pendidikan Politeknik Negeri Jember Tahun 2019, hal.: 168-175.

Ratriyanto, A., S.D. Widyawati, W.P.S. Suprayogi, S. Prastowo, dan N. Widyas. (2019). Pembuatan Pupuk Organik dari Kotoran Ternak untuk Meningkatkan Produksi Pertanian. Jurnal SEMAR, Volume 8 (1): 9 - 13.

Soekamto, M.H. dan A. Fahrizal. (2019). Upaya Peningkatan Kesuburan Tanah Pada Lahan Kering Di Kelurahan Aimas Distrik Aimas Kabupaten Sorong. Abdimas: Papua Journal of Community Service, Volume (2): 14-23.

Surya, A.A., N.A.S. Ramli, P.I. Saputri, Rahmatia, dan S.R. Yunus. (2021). Pembuatan Pupuk Organik Menggunakan Kotoran Kambing. Jurnal Lepa-lepa, Volume 1 (1):103-106.

Suwarsito, A. Suyadi, dan H. Mustafidah. (2022). Pembuatan Pupuk Organik dari Kotoran Sapi Menggunakan Metode Pengomposan. KALAM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 1 (3): 135 – 146.

Trivana, L., dan A.Y. Pradhana. (2017). Optimalisasi Waktu Pengomposan dan Kualitas Pupuk Kandang dari Kotoran Kambing dan Debu Sabut Kelapa dengan Bioaktivator PROMI dan Orgadec. Sain Veteriner, Volume 35 (1): 136–144.

Downloads

Published

2023-08-04

How to Cite

Suwarsito, S., Suyadi, A., & Mustafidah, H. (2023). Upaya Pengembangan Pupuk Organik untuk Mendukung Pertanian Organik di Desa Tinggarjaya, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas. Proceedings Series on Physical & Formal Sciences, 5, 265–270. https://doi.org/10.30595/pspfs.v5i.732