Aplikasi Layanan Pengaduan Kerusakan Jalan (APZARD)

Authors

  • Candra Great Immanuel Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
  • Dimas Nugroho Putro Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
  • Salsabilla Varadinta Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
  • Joko Siswanto Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan

DOI:

https://doi.org/10.30595/pspfs.v6i.864

Keywords:

Complaint Service, Applications Hazard, Road Works

Abstract

Many roads suffer potentially harmful damage to road users. The slow pace of road repair and limited surveillance are constraints to create a road that is safe for the user. The APZARD application is a service of road damage between people and governments so that a faulty road can be found and repaired quickly. The research method used is the waterfall method with the steps of analysis, design, code and test. Results from the study indicate that the application could be run and used by the public to file road damage received by admin and then proceed to road repair. The APZARD application helps the government watch over the damaged roads and follows up complaints from road related damages.

References

Bekasi, K., Barat, P. J., N, F. A., Rokhyani, D., Manajemen, D., Maritim, L., Teknik, F., & Negeri, U. (2022). Dalam Rangka Menekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas Bagi Guru Dan Siswa Smp Negeri 1 Karang Bahagia , Desa Karang Bahagia , Kecamatan Karang SNPPM2022BRL-146 SNPPM2022BRL-147. 2022, 146–153.

Cahyani, L. E., Fatchuriza, M., & Putri, M. (2023). Di Kabupaten Kendal ( Studi Kasus Kerusakan Jalan di Kelurahan Langenharjo ). 9(38), 346–361.

Carnela, V., Rustandy, F., Kamariyah, S., Sholichah, N., Devy, I., & Administrasi, F. I. (2023). Penerapan kualitas pelayanan sirkel dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada dinas pekerjaan umum bina marga kabupaten lamongan. 07(01), 183–199.

Choiriyah, I. U. (2020). Penerapan E-Government Melalui M-Bonk di Kabupaten Sidoarjo. PUBLISIA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 5(2), 126–135.

Choirudin, R., & Adil, A. (2019). Implementasi Rest Api Web Service dalam Membangun Aplikasi Multiplatform untuk Usaha Jasa. MATRIK?: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, 18(2), 284–293. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.407

Darmawan, S., Diansyah, T. M., & ... (2020). … Cloud Computing Menggunakan Metode Rst Berbasis Android Untuk Pengaduan Kerusakan Jalan:(Studi Kasus: Kecamatan Medan …. Seminar Nasional …, 356–365. http://prosiding.snastikom.com/index.php/SNASTIKOM2020/article/view/65

Iskandar, N. F. (2023). Pengembangan Aplikasi Pelaporan Jalan Rusak Di Kelurahan Bulupabbulu Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo Berbasis Android. 1(1), 25–33.

Iskandar1, D., Mustamam2, & Nelvetia Purba 3. (2022). Jurnal Ilmiah Metadata, ISSN?:2723 -7737, Vol.4 No.3 Edisi September 2022 Published?: 7-09-2022, Page: 170-186. 4(3), 170–186.

Kadir, F., Ritonga, M., Fahmi, S., Ilmu, M., Pascasarjana, H., & Kuning, U. L. (2022). Pelaksanaan pertanggungjawaban hukum terhadap penyelenggara perbaikan jalan berakibat korban jiwa 1). Ncssr, 486–492.

Kinerja, A., Jalan, S., Khr, P. D., & Kudus, M. (2023). Analisis Kinerja Simpang Jalan Pecangaan Damaran-Jalan Khr. Asnawi, Menara Kudus. 7(1).

Mufidah, I., & Jannah, R. (2020). Upaya Untuk Mencegah Kecelakaan Lalu Lintas Di Wilayah Polsek Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. JPPKn, 5(1), 8–14.

Nurfauziah, R., & Krisnani, H. (2021). Perilaku Pelanggaran Lalu Lintas Oleh Remaja Ditinjau Dari Perspektif Konstruksi Sosial. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(1), 75. https://doi.org/10.24198/jkrk.v3i1.31975

Nurmala, C., Barus, B., & Mansyur, U. (2020). Kajian Daya Dukung Jalan dan Prioritas Penanganannya di Perbatasan Kota Depok dengan Kota Administrasi Jakarta Selatan. Tataloka, 22(1), 15–26. https://doi.org/10.14710/tataloka.22.1.15-26

Purnia, D. S., Rifai, A., & Rahmatullah, S. (2019). Penerapan Metode Waterfall dalam Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Bantuan Sosial Berbasis Android. Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2019, 1–7.

Rezeki Nasution, S., Aripin, S., & Sianturi, M. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Prioritas Lokasi Perbaikan Jalan Dengan Metode Preference Selection Index (PSI) (Studi Kasus?: Dinas Bina Marga). Pelita Informatika?: Informasi dan Informatika, 10(1), 38–45. http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/pelita/article/view/3258

Runtukahu, & Pondaag, H. (2022). Pemberian Ganti Kerugian Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan Jalan Berdasarkan Undang - Undang Nomor 38 Tahun 2004 Tentang jalan. Artikel Skripsi, Vol. X(1), 1–10.

Siregar, Z., & Dewi, I. (2020). Analisis Ruas Jalan Lintas Sumatera Kota Tebing Tinggi Dan Kisaran Sebagai Titik Rawan Kecelakaan Lalu Lintas. Jurnal MESIL (Mesin Elektro Sipil), 1(2), 63–73. https://doi.org/10.53695/jm.v1i2.88

Suryani, T., Faisol, A., & Vendyansyah, N. (2021). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Kerusakan Jalan Di Kabupaten Malang Menggunakan Metode K-Means. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 5(1), 380–388. https://doi.org/10.36040/jati.v5i1.3259

Trisno, M. (2020). Prinsip Ekologi Untuk Penyelesaian Permasalahan Jalan Di Desa Sudungdewo Kec Kertek Kab Wonosobo Jawa Tengah. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(1), 157–165. https://doi.org/10.32500/jebe.v2i1.1470

Wicaksono, A., Pradana, F., & Bachtiar, F. A. (2019). Pengembangan Sistem Pelaporan Kerusakan Jalan Berbasis Android Untuk Daerah Kota Malang Menggunakan Konsep Crowdsource. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(4), 3825–3831.

Zidny Ilmadina, H., Apriliani, D., & Wibowo, D. S. (2022). Deteksi Pengendara Mengantuk dengan Kombinasi Haar Cascade Classifier dan Support Vector Machine. 7(1), 1–7.

Downloads

Published

2023-10-13

How to Cite

Immanuel, C. G., Putro, D. N., Varadinta, S., & Siswanto, J. (2023). Aplikasi Layanan Pengaduan Kerusakan Jalan (APZARD). Proceedings Series on Physical & Formal Sciences, 6, 146–154. https://doi.org/10.30595/pspfs.v6i.864