Pengenalan Digital Marketing untuk Petani Milenial dalam Memasarkan Produk Hasil Pertanian di Desa Patok Kalianda
DOI:
https://doi.org/10.30595/pspfs.v4i.485Kata Kunci:
Hasil Pertanian, Petani Milenial, Pemasaran OnlineAbstrak
Pada era digital saat ini perkembangan teknologi informasi yang ditandai dengan maraknya Smartphone sebagai media komunikasi digital yang beredar serta perkembangannya sangat pesat berpengaruh bagi masyarakat dalam mendukung kegiatan bisnis baik besar maupun kecil di seluruh sektor salah satunya sektor pertanian. Ada keperhatian besar terkait dengan kondisi para petani saat ini. Produk pertanian berlimpah diiringi harga bahan pokok yang tinggi namun harga jual hasil pertanian yang rendah dikarenakan petani sebagai produsen untuk menjual hasil pertanian melalui panjangnya rantai distribusi dan ketergantungan petani pada tengkulak. Melihat kondisi tersebut maka diperlukan upaya untuk meningkatkan harga tawar petani dengan cara menghubungkan petani langsung kepada konsumen. Salah satu cara yakni dengan memanfaatkan teknologi digital marketing atau pemasaran online kepada para petani. Dengan adanya kegiatan ini petani diharapkan lebih memahami pentingnya penggunaan digital marketing seperti social media, website, dan lain sebagainya untuk mendukung pemasaran produk pertanian. Metode pengabdian ini dilakukan dengan penyuluhan, praktik penggunaan social media dan diskusi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diberikan kepada pengurus anggota ikatan tani kota kalianda yang beranggotakan petani muda yang aktif dalam mengelola pertanian dan memahami penggunaan smartphone. Diharapkan dengan kegiatan ini para petani di desa patok kalianda bisa meningkatkan keterampilan dalam memasarkan produk pertanian secara luas dan menjadi seorang petani yang milenial.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Proceedings Series on Physical & Formal Sciences
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.