Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen di Agrowisata Purwosari Kecamatan Mijen Kota Semarang

Penulis

  • Evon Elvionita Universitas Wahid Hasyim Semarang
  • Dewi Hastuti Universitas Wahid Hasyim Semarang
  • Hendri Wibowo Universitas Wahid Hasyim Semarang
  • Renan Subantoro Universitas Wahid Hasyim Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30595/pspfs.v4i.516

Kata Kunci:

Argo Prwosari, Kepuasan Konsumen, Importance Performance Analysis, Customer Satisfaction Index

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan di Agrowisata Purwosari dan menganalisis atribut yang sangat penting terhadap pengaruh kepuasan konsumen di Agrowisata Purwosari. Jenis data yang dikumpulkan berupa data primer dan sekunder. Metode analisis data yang digunakan antara lain uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan untuk perhitungan data menggunakan metode Importance Performance Analysis, metode Customer Satisfaction Index yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen secara menyeluruh yang kemudian dilakukan plotting dengan menggunakan Diagram Kartesius. Hasil perhitungan dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), menunjukan tingkat kesesuaian setiap indikator memiliki nilai rata-rata sebesar 91,46% dengan kriteria “sangat puas” dan pada Diagram Kartesius dari 25 atribut terdapat 3 atribut yang memerlukan perbaikan dan peningkatan yaitu atribut nomor 1, 20 dan 24. Hasil perhitungan metode Customer Satusfaction Index nilai tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan di Agro Purwosari mendapatkan skor 83.44%, artinya konsumen Agro Purwosari merasa “sangat puas” karena skor yang berada pada rentang skala 81% sampai dengan 100%. Jadi dapat dikatakan bahwa kinerja dari Agro Purwosari sudah bagus, akan tetapi pihak Agro Purwosari harus tetap meningkatkan kualitas kepuasan konsumen khususnya pada atribut yang nilainya kurang memuaskan dan dapat mempertahankan atau meningkatkan atribut yang sangat penting supaya dapat meningkatkan kepuasan terhadap pelayanan Agro Purwosari.

Referensi

Asfary, Rahmat, Oggi 2018. Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Pendekatan Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfactiom Index (Studi kasus pada Puskesmas Pakem Yogyakarta). Skripsi. Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Bahem, Nureeyah. 2017. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Obat Tanpa Resep di Apotek Nur Farma. Skripsi. Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.

Chandrawatisma, Chodilis and Sukardi. 2006. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Produk Corned Pronas Produksi PT CIP, Denpasar Bali, Jurnal Teknologi Industri Pertanian 18 (2) : 106-17

Fazlur, R. 2019. Analisis Tingkat Kepuasan Pengunjung Agrowisata Kolong Langit Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. Disertasi. Universitas Andalas. Sumatera Barat.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia. 2004. Agrowisata. http://database.pertanian.go.id/agrowisata/

Nisa, F. A., dkk. 2020. Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Olahan Sayuran Dirumah Makan Karuna Vegetarian Semarang. Fakultas Pertanian Universitas Wahid Hasyim Semarang https://ejurnalunsam.id/index.php/psn/article/view/3321. Diakses tanggal 30 Desember 2021.

Kotler, P. dan K. L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin. L. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Priambodo, Rickky. 2007. Analisis Penilaian Kualitas Pelayanan Untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Kusuma Agro Wisata Batu Malang. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Jember.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Cetakan ke-26. Alfabeta, Bandung.

Suprapto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikan Pangan Pasar.

Cetakan ke-4. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Syukri, Siti Husna AinU. 2014. Penerapan Customer Satisfaction index (CSI) dan Analisis Gap Pada Kualitas Pelayanan Trans Jogja. Jurnal Ilmiah. Teknik Industri 13(2): 103-11. Journals.ums.ac.is/index.php/jiti/article/view/618.

Tangkere, Anggie, Herlina Dkk. 2020. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Dabu- Dabu Lemong Boulevard Karangria. Jurnal. Agri SosioEkonomi Unsrat. Vol.16, No 2 :159-168

Tjiptono, F. 1997. Strategi Pemasaran. ANDI, Yogyakarta.

Utama, I. G. B. R. dan I. W. R. Junaedi. 2019. Agrowisata sebagai Pariwisata Alternatif Indonesia: Solusi Masif Pengentasan Kemiskinan. Deepublish, Yogyakarta.

Yoeti. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Angkasa, Bandung.

Zulian Yamit.(2010). Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Cet. 5. Yogyakarta: Ekonisia.

Diterbitkan

2022-11-28

Cara Mengutip

Elvionita, E., Hastuti, D., Wibowo, H. ., & Subantoro, R. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen di Agrowisata Purwosari Kecamatan Mijen Kota Semarang. Proceedings Series on Physical & Formal Sciences, 4, 287–298. https://doi.org/10.30595/pspfs.v4i.516

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama