Bauran Pemasaran (Marketing Mix 4P) Rumah Ikan Dewa pada CV. Inyong Bing di Desa Karang Tengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas

Penulis

  • Yahya Rahmadian Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Yusuf Enril Fathurrohman Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pspfs.v5i.703

Kata Kunci:

Bauran Pemasaran (4P), Targeting, Strategi Pemasaran

Abstrak

Rumah Ikan Dewa CV. Inyong Bing di Desa Karang Tengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas bergerak dalam bisnis perikanan yang sudah dirintis dan dimulai pada tahun 2010, hingga dilegalkan secara hukum pada tanggal 24, Desember 2018 sebagai CV (Commanditaire Vennootschap). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui bagaimana segmentasi, targeting dan Mengetahui marketing mix yang diterapkan Rumah Ikan Dewa CV. Inyong Bing. Jenis data meliputi data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan pengumpulan data sekunder. Data dianalisis secara deskriptif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) strategi segmentasi, Sebagian besar pembeli Ikan Dewa di Rumah Ikan Dewa ditujukan kepada komunitas - komunitas, organisasi pecinta lingkungan, dan pengusaha maupun penikmat Ikan Dewa. Target pemasaran pemasaran yang dilakukan meliputi pemasaran domestik dan pemasaran luar negeri, (2) Targeting, Rumah Ikan Dewa memiliki dua strategi targeting yaitu  single segmen targeting dan defferentiated targeting strategy dengan memfokuskan pemasaran sebesar minimal 10 Ton Per tahun ke luar negeri dan memenuhi pasar domestik, (3) Bauran Pemasaran, Product (Produk) yang dikembangkan di Rumah Ikan Dewa CV. Inyong Bing merupakan Ikan Dewa domestik Indonesia. Price (Harga) yang ditawarkan terjangkau bagi pembeli domestik maupun konsumen luar negeri. Place (Tempat) memiliki lokasi yang sangat strategis yaitu berada di Karang Tengah dengan perairan yang sangat melimpah. Promotion (Promosi) yang diterapkan Rumah Ikan Dewa CV. Inyong Bing adalah melalui website resmi berbayar, yaitu www.IkanDewa.id yang terdapat salinan media media sosial seperti Instagram, facebook, dan youtube.

Referensi

Assauri, Sofyan. 2012. Manajemen Pemasaran Dasar Konsep, dan Strategi Cetakan Kesebelas.

Danang, Sunyoto. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.

Dwiloka, Bambang & Rati Riana, Teknik Menulis Karya Ilmiah (Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah dan Laporan), Rineka Cipta, Jakarta, 2005.

Goimawan. 2012. Perencanaan pengembangan perikanan budidaya air tawar di Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. [Tesis]. Bogor (ID) : Institut Pertanian Bogor.

Haryono, A., Tjakrawaidjaja. dan Wahyudewantoro, G., 2010. Pengenalan Jenis Ikan Tambra yang Bernilai Komersial Tinggi dan Telah Rawan Punah untuk Mendukung Domestikasi. Dalam: Haryono, A. dan Rahardjo, M.F. eds. Proses Domestikasi dan Reproduksi Ikan Tambra yang telah Langka Menuju Budidaya. Pusat Penelitian Biologi, LIPI Press. Bogor.

McCarthy, J. E. 1968. Basic Marketing. A Managerial Approach. Homewood, IL: Irwin.

Redjeki, Sri. 2004. Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Gelondongan Ikan Kancra (Labeobarbus douronensis) pada Padat Tebar yang Berbeda. Jurnal Ilmuilmu Perairan dan Perikanan Indonesia. 11(1) : 11-14.

Rijali, Ahmad. 2018. Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah 17 (33): 81-95.

Diterbitkan

2023-08-04

Cara Mengutip

Rahmadian, Y., & Fathurrohman, Y. E. (2023). Bauran Pemasaran (Marketing Mix 4P) Rumah Ikan Dewa pada CV. Inyong Bing di Desa Karang Tengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Proceedings Series on Physical & Formal Sciences, 5, 51–57. https://doi.org/10.30595/pspfs.v5i.703