Analisis Yuridis tentang Perlindungan Hak Merek dalam Era Digital: Studi Kasus tentang Pelanggaran Hak Merek di Platform Marketplace Shopee

Authors

  • Syahrul Akbar Syaifulloh Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v17i.1166

Keywords:

Brand Rights Protection, Markatepalace Shopee, Digital Era

Abstract

Brand rights are an important asset for a company because a brand reflects the identity and reputation of a product or service in the eyes of consumers. Protection of brand rights not only protects brand owners from unauthorized use by other parties but also protects consumers from counterfeit products that can harm them financially and health. The purpose of this writing is to find out how the Juridical Analysis of Brand Rights Protection in the Digital Era: Case Study of Brand Rights Violations on the Shopee Marketplace Platform. Normative juridical research methods. The research results show that brand rights protection in the digital era requires a comprehensive and adaptive approach to technological developments. Shopee as one of the main marketplace platforms in Indonesia has made various efforts to protect brand rights, but there are still challenges that must be overcome. Through increased regulation, consumer education, and the use of advanced technology, brand rights protection can be improved to support a healthy and fair digital trade ecosystem.

References

I. Sheilindry, “Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Dalam Kontrak Bisnis Elektronik Atas Pemegang Hak Merek Dagang,” J. Simbur Cahaya, vol. Volume, 28, no. Nomor 2, 2021.

Rusman, “PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMEGANG HAK MEREK DALAM PERDAGANGAN ELEKTRONIK DI MARKETPLACE (Platform),” ational Conference on Law Studies (NCOLS).

A. I. Shaleh and S. Trisnabilah, “Perlindungan Hukum Terhadap Persamaan Merek Untuk Barang Atau Jasa Yang Sejenis: Studi Merek Bossini,” J. Judic. Rev., vol. 22, no. 2, p. 291, 2020, doi: 10.37253/jjr.v22i2.1494.

A. Betlehn and P. O. Samosir, “Upaya Perlindungan Hukum Terhadap Merek Industri Umkm Di Indonesia,” Law Justice, vol. 3, no. 1, pp. 1–11, 2018, doi: 10.23917/laj.v3i1.6080.

Z. Makkawaru, “Hak Kekayaan Intelektual Seri Hak Cipta, Paten, Dan Merek,” 2021.

Y. Gunawan, “Penyelesaian Sengketa Merek Terdaftar Dan Merek Terkenal Dalam Mewujudkan Perlindungan Hukum,” Iblam Law Rev., vol. 2, no. 2, pp. 141–164, 2022, doi: 10.52249/ilr.v2i2.80.

T. Bafadhal, “Perlindungan Hukum Terhadap Merek Terkenal Di Indonesia,” J. Huk., vol. Volume 1, no. Nomor 1, 2018.

D. Serlia, “Perlindungan Hukum Terhadap Produk Usaha Kecil Melalui Hak Merek Untuk Mendorong Pertumbuhan Perekonomian Masyarakat,” Eksaminasi J. Huk., vol. 1, no. 1, pp. 66–76, 2021.

Z. Arifin and M. Iqbal, “Perlindungan Hukum Terhadap Merek Yang Terdaftar,” J. Ius Const., vol. 5, no. 1, p. 47, 2020, doi: 10.26623/jic.v5i1.2117.

F. N. Hediati, “Optimalisasi Pengawasan Pada Penerimaan Pendaftaran Merek Dalam Rangka Perlindungan Merek,” J. Suara Huk., vol. Volume 2, no. Nomor2, 2020.

A. Bakir and A. Fageh, “Hak Merek Dagang Persepektif Perundangan Dan Ekonomi Islam,” J. Ilm. Ekon. Islam, vol. 9, no. 3, p. 4533, 2023, doi: 10.29040/jiei.v9i3.10095.

Zulkifli Makkawaru, Hak kekayaan intelektual seri hak cipta, paten, dan merek. 2021.

N. P. Pangestu, “Perlindungan Hukum Terhadap Hak Merek Dan Konsumen Terhadap Barang Tiruan Di E-Commerce,” J. Huk., vol. Volume 1, no. Nomor 2, 2022.

D. P. and S. N. fatmah Lailatushifah, “Kematangan Emosi Dan Psikosomatis Pada Mahasiswa Tingkat Akhir,” J. Psikol., vol. Volume 1, no. Nomor 1, pp. 1–11, 2011.

U. Khasanah, “Tanggung Jawab Marketplace Shopee Terhadap Pelanggaran Merek Yang Dilakukan Oleh Penjual Menurut Hukum Islam,” IAIN Ponorogo, 2023.

M. H. Gultom, “Perlindungan Hukum Bagi Pemegang Hak Atas Merek Terhadap Perbuatan Pelanggaran Merek,” J. War., vol. Volumw 2, no. Nomor 5, pp. 97–108, 2014.

Y. Hanapi, “Pelaksanaan Perlindungan Hukum Merek Untuk Pengusaha Sulaman Karawo Di Gorontalo,” J. unigo, vol. Volume 2, no. Nomor 1, pp. 1–9, 2018.

F. N. Hediati, “Optimalisasi Pengawasan Pada Penerimaan Pendaftaran Merek Dalam Rangka Perlindungan Merek,” J. Suara Huk., vol. Volume 2, no. Nomor 2, p. 234, 2020.

[A. Hidayat, “Konsep Haki Dalam Hukum Islam Dan Implementasinya Bagi Perlindungan Hak Merek Di Indonesia,” J. Huk. Dan Kemanus., vol. Volume 8, no. Nomor 1, pp. 163–84, 2020.

I. A. Khoironi, “Implementasi Pendaftaran Merek Sebagai Bentuk Perlindungan Hukum Pada Home Industry Eggroll,” UNNES Law J., vol. Volume 2, no. Nomor 1, pp. 29–36, 2013.

I. A. K. A. Ngr Sri Rahayu Gorda, Aaa, Putu Eva Ditayani Antari, “Hak Cipta Dan Hak Merek Pada Kelompok Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Sebagai Aset Bisnis Di Era Industri Kreatif (Sosialisasi Hak Merek Dan Hak Paten Pada Masyarakat Desa Celuk Kabupaten Gianyar),” J. undiknas, vol. Volume 1, no. Nomor 1, pp. 27–31, 2020.

R. A. Khotimah, Vika Husnul, “Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Pelanggaran Hak Merek Berupa Pemboncengan Reputasi (Passing Off) Merek Terkenal Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek Dan Indikasi Geografis,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. Volume 8, no. Nomor 20, pp. 398–420, 2022.

D. Serlia, “Perlindungan Hukum Terhadap Produk Usaha Kecil Melalui Hak Merek Untuk Mendorong Pertumbuhan Perekonomian Masyarakat,” J. Huk., vol. Volume 1, no. Nomor 1, pp. 66–76, 2021.

S. Margono, “Hukum Kekayaan Intelektual (HKI),” 2015.

H. F. Rizkia, Nanda Dwi, Hak Kekayaan Intelektual Suatu Pengantar. 2022.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Syaifulloh, S. A. (2024). Analisis Yuridis tentang Perlindungan Hak Merek dalam Era Digital: Studi Kasus tentang Pelanggaran Hak Merek di Platform Marketplace Shopee. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 17, 433–437. https://doi.org/10.30595/pssh.v17i.1166