Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match di Kelas V SDN 219/II BTN Lintas Asri
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v18i.1280Keywords:
Model Pembelajaran, Make a MatchAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini melibatkan 27 siswa sebagai objek penelitian. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Adapun hasil dari penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan model pembelajaran Make a Match pada siklus I dengan persentase 76,30% meningkat menjadi 89,26% pada siklus II (2) Penerapan model pembelajaran Make a Match dilihat dari aspek pendidik dengan persentase 90,62% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Selain itu pada aspek peserta didik dengan persentase 67,66% meningkat menjadi 86,25% pada siklus II (3) Penerapan model pembelajaran Make a Match menunjukkan peserta didik yang mencapai KKTP pada siklus I dengan persentase 70,37% meningkat menjadi 90,53% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
References
Apdoludin. 2018. Inovasi Baru Model Pembelajaran: Model Debat, Analisis, dan Temuan (DAT). Kebumen: CV Intishar Publishing
Aswana. 2019. Pengaruh Discovery Learning dan Motivasi Terhadap Sikap Kritis Mahasiswa pada Materi Lautan. Jurnal Muara Pendidikan, Volume 4, nomor (1): 224-237
Aqib, Z., & Chotibuddin, M. 2018. Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: CV Budi Utama
Kasminah, K. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), Volume 3, nomor (6): 1264-1272
Muhammad, M. 2016. Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Volume 4, nomor (2): 87-97
Suprihatin, S. 2015. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Volume 3, nomor (1): 73-82
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Media Group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.