Teknik Mengantarkan Pembaca Berita Online Berbahasa Indonesia Memasuki Bacaan di Tubuh Berita
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1297Keywords:
Daya Persuasif, Media Online, Judul Berita Online, Pemarkah Morfologis, Pemarkah SintaksisAbstract
Artikel ini menunjukkan bahwa judul berita di media online memiliki daya persuasif lebih tinggi jika dibandingkan judul berita di media massa cetak. Hal itu dikarenakan antara judul dengan tubuh berita tidak dapat terbaca langsung seperti judul dengan tubuh berita pada media cetak. Inti pesan yang akan dijelaskan pada tubuh berita diberi pemarkah pada judul. Artikel ini bertujuan untuk menemukan karakteristik kohesi antara judul dengan tubuh berita pada teks berita online, variasi jenis teks yang memanfaatkannya, dan jumlah kosakata pada tubuh berita. Sumber data berasal dari Google News. Objek penelitian berupa pemarkah morfologis dan sintaksis, sedangkan datanya berupa kalimat pada judul berita online yang muncul pada bulan Juni 2024. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Adapun metode analisis data dilaksanakan dengan metode agih (: distribusional) dengan teknik baca-markah. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data, yakni penyajian data yang beragam agar didapatkan keajegan karakteristik pemarkah kohesi antara judul dengan tubuh berita. Berikut temuan yang didapat. Pemarkah kohesi antara judul dengan tubuh berita berupa frasa numeralia, frasa nominal beratribut kata tunjuk, kalimat dialog dengan pasangan kalimat tanya dengan kalimat jawaban, dan kalimat majemuk dengan pasangan kalimat seru dengan kalimat deklaratif. Variasi jenis teks berupa deskripsi, prosedur, persuasi, dan argumentasi. Melalui word count ditemukan kisaran jumlah kata, yakni dari 176 hingga 600. Isian berita online dengan kisaran jumlah tersebut sangat relevan untuk diajarkan dalam pembelajaran keterampilan menulis berita online, baik di SMP maupun di SMA. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi pada: (a) teknik mengembangkan tubuh berita berdasarkan pemarkah pada judul dan (b) materi keterampilan membaca variasi teks berita online.
References
Ahdiat, Adi. 2023. “67% Penduduk Indonesia Punya Handphone pada 2022, Ini Sebarannya.” 08 Maret 2023. Katadata.co.id
Muhibbin, Hilmy Maulana, Doan Widhiandono. 2024. “Perbedaan Penulisan Judul antara Media Cetak dan Media Online untuk Meningkatkan Daya Tarik Pembaca”. Relasi: Jurnal Penelitian Komunikasi, 4(03): 1-10.
Saskia, Caroline, Wahyunanda Kusuma Pertiwi. 2023. “Ada 354 Juta Ponsel di Indonesia, Terbanyak Nomor Empat Dunia.” 28 Oktober 2023. Kompas.com
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Theodora, Agnes. 2024. “Banyak Masalah, tetapi Mereka Optimis Bisa Ikut Menangani.” Kompas, 28 Juni 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.