Upaya Penguatan Karakter Cinta Lingkungan Melalui Pelatihan Penulisan Cerita Anak
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1316Keywords:
Menulis Cerita, Wawasan Kebangsaaan, Karakter Cinta LingkunganAbstract
Secara fundamental, fungsi pembelajaran sastra untuk anak, khususnya siswa SD dan SMP memegang peranan penting berkaitan dengan latihan mempertajam perasaan, penalaran, kecerdasan emosional, serta kepekaan terhadap masyarakat, budaya dan lingkungan yang bermuara pada pemberian arti maupun peningkatan nilai kehidupan anak sebagai manusia itu sendiri. Di sisi lain, salah satu isu yang sering muncul dalam diskusi adalah persoalan penguatan konservasi yang disebabkan eksploitasi alam, ketidaktepatan kebijakan pengelolaan tata ruang maupun lingkungan, dan menurunnya kesadaran akan struktur sosial budaya. Sastra, dalam hal ini cerita anak bisa menjadi alternatif strategis dalam menanamkan karakter cinta lingkungan pada anak. Berdasar hal tersebut tujuan artikel ini ialah mengeksplanasi upaya penguatan karakter cinta lingkungan melalui pelatihan penulisan cerita anak berwawasan konservasi lingkungan bagi siswa SD. Kerangka pemecahan masalah yang dipilih dalam realisasi program kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berbentuk kaji tindak menggunakan pendekatan model pemberdayaan melalui enam langkah, yaitu: 1) tahap persiapan; 2) tahap assesment; 3) tahap perencanaan program atau kegiatan; 4) tahap pemformulasian rencana aksi; 5) tahap pelaksanaan (implementasi) program atau kegiatan; serta 6) tahap evaluasi. Artikel ini secara khusus memiliki urgensi dalam membentuk sekolah (guru dan siswa) sadar literasi yang mampu pengembangan potensi anak sehingga memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan berkarakter cinta lingkungan.
References
Ampera, Taufik. (2010). Pengajaran Sastra. Widya Padjadjaran. Bandung
Andriani D. Pentingnya Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak [Internet]. Vol. 16, Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi. 2018. p. 97–110. Available from: https://lifestyle.bisnis.com/read/20180717/236/817246/pentingnya-meningkatkan-kemampuan- membaca-anak
Cullinan, B. E., & Galda, L. (1994). Literature and the Child. Harcourt Brace College Publishers.
Depdikbud. (1994). Kurikulum Pendidikan Dasar: GBPP Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.
Depdiknas. (2003). Kurikulum Pendidikan Dasar: GBPP Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Hunt, P. (1991). Criticism, Theory, and Children’s Literature. Blackwell Oxford.
Hurlock, B. Elizabeth (1997). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
_________. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga
Ismawati, Esti. (2013). Pengajaran Sastra,Teknik Mengajar Sastra Anak Berbasis
Aktifitas . Ombak: Yogyakarta.
Lynch-Brown, C., & Tomlinson, C. M. (1998). Essentials of Children’s Literature. Allyn & Bacon.
Lukens, R. J. (2003). A Critical Handbook of Children’s Literature. New York: Longman.
Mayer, J. D., Salovey, P., & Caruso, D. R. (2004). Emotional Intelligence: Theory, Findings, and Implications. Psychological Inquiry, 15(3), 197–215. https://doi.org/10.1207/s15327965pli1503_02
Medress, Amanda. 2008. Storybooks: A Teaching Tool for Sustainability. http://digitalcollections.sit.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1057&context=isp_collection. Diakses Maret 2021.
Mirnawati, Mirnawati. (2015). "Tinjauan terhadap Problematika Pembelajaran Sastra Indonesia pada Pendidikan Formal." Aksara, vol. 16, no.1.
Nurgiantoro, Burhan. (2005). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogjakarta: Gajah Mada University Press.
Rothlein, Liz dan A.M.Meinbach. (1991). The Literature Connection. USA. Scott Foresman Company.
Seitenov, A. S., Aubakirova. R. Zh., Mischchenko, E. V., Kostyunina, A. A., dan Scevchenko. N. B. (2020). Development of Social Intelligence in Preschool Childern by Art Therapy: Case Study of Oyna Educational Centre. International Journal of Journal Learning, Teaching and Educational Research Vol. 19, No. 5, pp. 276-288.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.