Implementasi Discovery Learning pada Kurikulum Merdeka: Pengembangan Kemandirian Belajar Peserta Didik

Authors

  • Septina Sulistyaningrum Universitas Negeri Semarang
  • Ida Zulaeha Universitas Negeri Semarang
  • Imam Baehaqie Universitas Negeri Semarang
  • Suseno Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1318

Keywords:

Implementasi Kurikulum Merdeka, Discovery Learning, Kemandirian Belajar

Abstract

Implementasi kurikulum merdeka memfokuskan pada materi esensial dan pengembangan karakter, serta kompetensi peserta didik. Struktur kurikulum merdeka pada pendidikan menengah pertama dipilah menjadi 2 kegiatan utama, yaitu: 1) pembelajaran intrakurikuler, 2) projek penguatan profil pelajar pancasila (P5). Salah satu aspek utama dalam kurikulum merdeka yaitu memberikan fleksibilitas kepada pendidik dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Dengan demikian, pendidik diberi keleluasaan dalam mengembangkan desain pembelajaran yang inovatif sesuai dengan kebutuhan, karakteristik peserta didik, dan capaian pembelajaran. Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik dapat mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi secara kritis, kreatif, dan komunikatif baik lisan maupun tertulis dalam berbagai konteks kehidupan. Mata pelajaran ini juga diharapkan membantu peserta didik mengaplikasikan keterampilan berbahasa dan bersastra dalam berbagai tujuan dan konteks sebagai fondasi dari kemampuan literasi. Penggunaan model pembelajaran yang inovatif khususnya model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemandirian belajar peserta didik.

References

Amalia, Khoirunisa. 2021. Analisis Kemandirian Belajar Menggunakan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Pedadikta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah dasarVol. 8, No. 3 (2021) 621-631

Arsyad, Muhammad. 2023. Model-Model Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Eureka Media Aksara, Anggota IKAPI Jawa Tengah No. 225/JTE/2021

Daulay, Nurussakinah. 2021. Motivasi dan Kemandirian Belajar pada Peserta didik Baru. Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan P-ISSN 1412-5382 Vol. 18 No. 1, April 2021

Fahmi,dkk. 2019. Discovery Learning Method for Training Critical Thinking Skills of Students. European Journal of Education Studies, Volume 6 ?Issue 3

Joyce, Bruce. et al. 2009. Models of Teaching; Model-Model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka

Winataputra, S. Udin. 2001. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Ditjen.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Sulistyaningrum, S., Zulaeha, I., Baehaqie, I., & Suseno. (2024). Implementasi Discovery Learning pada Kurikulum Merdeka: Pengembangan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 20, 162–165. https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1318