Implementasi Discovery Learning pada Kurikulum Merdeka: Pengembangan Kemandirian Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1318Keywords:
Implementasi Kurikulum Merdeka, Discovery Learning, Kemandirian BelajarAbstract
Implementasi kurikulum merdeka memfokuskan pada materi esensial dan pengembangan karakter, serta kompetensi peserta didik. Struktur kurikulum merdeka pada pendidikan menengah pertama dipilah menjadi 2 kegiatan utama, yaitu: 1) pembelajaran intrakurikuler, 2) projek penguatan profil pelajar pancasila (P5). Salah satu aspek utama dalam kurikulum merdeka yaitu memberikan fleksibilitas kepada pendidik dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Dengan demikian, pendidik diberi keleluasaan dalam mengembangkan desain pembelajaran yang inovatif sesuai dengan kebutuhan, karakteristik peserta didik, dan capaian pembelajaran. Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik dapat mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi secara kritis, kreatif, dan komunikatif baik lisan maupun tertulis dalam berbagai konteks kehidupan. Mata pelajaran ini juga diharapkan membantu peserta didik mengaplikasikan keterampilan berbahasa dan bersastra dalam berbagai tujuan dan konteks sebagai fondasi dari kemampuan literasi. Penggunaan model pembelajaran yang inovatif khususnya model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemandirian belajar peserta didik.
References
Amalia, Khoirunisa. 2021. Analisis Kemandirian Belajar Menggunakan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Pedadikta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah dasarVol. 8, No. 3 (2021) 621-631
Arsyad, Muhammad. 2023. Model-Model Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Eureka Media Aksara, Anggota IKAPI Jawa Tengah No. 225/JTE/2021
Daulay, Nurussakinah. 2021. Motivasi dan Kemandirian Belajar pada Peserta didik Baru. Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan P-ISSN 1412-5382 Vol. 18 No. 1, April 2021
Fahmi,dkk. 2019. Discovery Learning Method for Training Critical Thinking Skills of Students. European Journal of Education Studies, Volume 6 ?Issue 3
Joyce, Bruce. et al. 2009. Models of Teaching; Model-Model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka
Winataputra, S. Udin. 2001. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Ditjen.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.