Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Penggunaan Huruf Kapital dalam Kalimat Melalui Media Kartu Huruf Bagi Peserta Didik Kelas I SD Negeri 2 Banteran Tahun Pelajaran 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1334Keywords:
Media Kartu Huruf, Penelitian Tindakan Kelas, Bahasa Indonesia, SDAbstract
Kemampuan menulis siswa kelas I SD Negeri 2 Banteran Sumbang masih rendah, khususnya dalam menggunakan huruf kapital dalam kalimat. Sebagian besar siswa cenderung pasif dalam menulis. Kita menyadari adanya keterbatasan kemampuan siswa di setiap kelas dan sekolah. Untuk menghasilkan tulisan yang baik dan benar, salah satu syarat yang harus dikuasai siswa adalah kemampuan siswa dalam menggunakan huruf kapital dalam kalimat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I SD Negeri 2 BanteranSampang dalam pembelajaran Bahasa Indonesia aspek menulis tentang penggunaan huruf kapital dalam kalimat melalui media kartu huruf. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 2 BanteranSampang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan pertimbangan kesesuaian materi dengan waktu yang diperlukan. Tahapan penelitian tindakan kelas ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Saat melaksanakan penelitian, peneliti dibantu oleh teman sejawat sebagai pengamat (observer). Dalam penelitian ini setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Dari penelitian tindakan kelas ini diperoleh hasil prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia aspek menulis tentang penggunaan huruf kapital dalam kalimat dari kondisi awal (pra siklus) yang tuntas 9 siswa dari 25 siswa atau 36%, pada siklus pertama mengalami peningkatan siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa atau 72% (meningkat 36%) dan pada siklus kedua siswa yang tuntas juga meningkat menjadi 23 siswa dari 25 siswa atau 92%. Peningkatan prestasi belajar ini tidak lepas dari adanya peningkatan minat belajar siswa. Secara otomatis peningkatan minat belajar akan dapat mendongkrak prestasi belajar siswa. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui media kartu huruf. Dengan demikian melalui media kartu huruf, minat dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tentang penggunaan huruf kapital dalam kalimat pada siswa kelas I SD Negeri 2 BanteranSampang dapat ditingkatkan.
References
Agusta, Rusna, Ristasa. 2010. Pedoman Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Purwokerto : UPBJJ – UT.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Darisman, Muh. 2006. Mari Belajar Bahasa Indonesia Kelas I SD. Jakarta : Yudistira.
Muchlisoh. 1994. Pendidikan Bahasa Indonesia III. Jakarta : Universitas Terbuka. Nurcholis, Hanif, Mafruki. 2007. Saya Senang Berbahasa Indonesia. Jakarta :Erlangga.
Nurhalim, K. 2002. Prosedur Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Semarang : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah.
Santosa, Puji. 2006. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sudjana, Nana. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Sinar Baru Algensindo.
Tim FKIP. 2009. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka.
Wardhani, I.G.A.K. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.
Winataputra, Udin S. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.
Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Grasindo
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.