Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Demi Alloh Aku Mencintaimu Karya Dini Komandoko dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra Menggunakan Metode Pembelajaran Proyek Based Learning di Tingkat SMK

Authors

  • Berti Istiana Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Eko Suroso Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1335

Keywords:

Konflik Batin, Novel, Sastra dan Implikasi, Penerapan Metode Proyek Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pertarungan batin yang dialami tokoh utama dalam buku "Demi Alloh Aku Mencintaimu" karya Dini Komandoko. Sumber data yang digunakan adalah novel tersebut, dan informasi dikumpulkan melalui kutipan-kutipan di dalamnya. Penelitian ini menyatakan bahwa dalam novel Demi Alloh Aku Mencintaimu  tokoh utama mengalami Konflik Batin berupa obsesi, kecemasan, rasa bersalah, frustrasi, perhatian, dan kemarahan. permasalahan yang terjadi karena orang tua, rasa bersalah terhadap orang tua, dan perlakuan yang kurang menyenangkan dari lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelajahi kepribadian Anora Uli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian yang digambarkan dalam novel merupakan manifestasi dari upayanya untuk memenuhi obsesi yang menghantuinya. Novel "Demi Alloh Aku Mencintaimu” karya Dini Komandoko menarik untuk dipelajari dalam konteks pembelajaran sastra Bahasa Indonesia, terutama di SMA/SMK/MA. Dengan membaca karya sastra tersebut, diharapkan siswa dapat memperoleh pemahaman yang mendalam tentang keyakinan akan takdir Alloh SWT dan kemanusiaan, mengenal nilai-nilai, serta memperoleh ide-ide baru. Dengan menggunakan pendekatan proyek based learning, diharapkan dapat membantu siswa dapat mengerjakan proyek -proyek berkaitan dengan pembelajaran sastra khususnya ditingkat SMK. Selain itu, pembelajaran sastra, khususnya melalui novel, memiliki fungsi penting dalam menumbuhkan rasa kepedulian terhadap karya-karya yang dihasilkan oleh pengarang.

References

Ahmadi, H. Abu. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Bertens, K. 1987. Memperkenalkan Teori Psikoanalisa. Jakarta: PT. Gramedia.

Feist, Jess. Gregory J. Feist. 2010. Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba

Freud, Sigmund (1987). Memperkenalkan Psikoanalisa (diterjemahkan K.Barten). Jakarta: Gramedia

Helmiati, Wella, et al. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Seni Tari Kelas VIII SMP. Artikel Penelitian. Program Pendidikan Seni Tari dan Musik. Jurusan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Tanjungpura Pontianak.

Komandoko, Dini. 2017. Demi Alloh Aku Mencintaimu. Yogyakarta: Mutiara Media.

LINGUISTIK: Jurnal Bahasa & Sastra. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Linguistik

Marqua?, Reinhard. 1997. Duden Abiturhilfen: Erzählende Prosatexte Analysieren. Berlin: Dudenverlag.

Nimpuno, Mirya Anggrahini (2018). Konflik Queensha Menghadapi Obsesi dalam Novel Because The Baby karya Priska Safira. Jurnal Nusa, 13 (2), 46-55.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nursito. 2001. Ikhtiar Kesusastraan Indonesia. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Pradopo, R Joko. 2002. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Media.

Semi, Atar. 1986. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabet

Sujanto, Agus dan Halem Lubis. Taufik Hadi. 2004. Psikologi Kepribadian.

Sumarmi, et al. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(1): 48—58.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Istiana, B., & Suroso, E. (2024). Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Demi Alloh Aku Mencintaimu Karya Dini Komandoko dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra Menggunakan Metode Pembelajaran Proyek Based Learning di Tingkat SMK. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 19, 92–100. https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1335