Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Demi Alloh Aku Mencintaimu Karya Dini Komandoko dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra Menggunakan Metode Pembelajaran Proyek Based Learning di Tingkat SMK
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1335Keywords:
Konflik Batin, Novel, Sastra dan Implikasi, Penerapan Metode Proyek Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pertarungan batin yang dialami tokoh utama dalam buku "Demi Alloh Aku Mencintaimu" karya Dini Komandoko. Sumber data yang digunakan adalah novel tersebut, dan informasi dikumpulkan melalui kutipan-kutipan di dalamnya. Penelitian ini menyatakan bahwa dalam novel Demi Alloh Aku Mencintaimu tokoh utama mengalami Konflik Batin berupa obsesi, kecemasan, rasa bersalah, frustrasi, perhatian, dan kemarahan. permasalahan yang terjadi karena orang tua, rasa bersalah terhadap orang tua, dan perlakuan yang kurang menyenangkan dari lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelajahi kepribadian Anora Uli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian yang digambarkan dalam novel merupakan manifestasi dari upayanya untuk memenuhi obsesi yang menghantuinya. Novel "Demi Alloh Aku Mencintaimu” karya Dini Komandoko menarik untuk dipelajari dalam konteks pembelajaran sastra Bahasa Indonesia, terutama di SMA/SMK/MA. Dengan membaca karya sastra tersebut, diharapkan siswa dapat memperoleh pemahaman yang mendalam tentang keyakinan akan takdir Alloh SWT dan kemanusiaan, mengenal nilai-nilai, serta memperoleh ide-ide baru. Dengan menggunakan pendekatan proyek based learning, diharapkan dapat membantu siswa dapat mengerjakan proyek -proyek berkaitan dengan pembelajaran sastra khususnya ditingkat SMK. Selain itu, pembelajaran sastra, khususnya melalui novel, memiliki fungsi penting dalam menumbuhkan rasa kepedulian terhadap karya-karya yang dihasilkan oleh pengarang.
References
Ahmadi, H. Abu. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta
Bertens, K. 1987. Memperkenalkan Teori Psikoanalisa. Jakarta: PT. Gramedia.
Feist, Jess. Gregory J. Feist. 2010. Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba
Freud, Sigmund (1987). Memperkenalkan Psikoanalisa (diterjemahkan K.Barten). Jakarta: Gramedia
Helmiati, Wella, et al. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Seni Tari Kelas VIII SMP. Artikel Penelitian. Program Pendidikan Seni Tari dan Musik. Jurusan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Tanjungpura Pontianak.
Komandoko, Dini. 2017. Demi Alloh Aku Mencintaimu. Yogyakarta: Mutiara Media.
LINGUISTIK: Jurnal Bahasa & Sastra. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Linguistik
Marqua?, Reinhard. 1997. Duden Abiturhilfen: Erzählende Prosatexte Analysieren. Berlin: Dudenverlag.
Nimpuno, Mirya Anggrahini (2018). Konflik Queensha Menghadapi Obsesi dalam Novel Because The Baby karya Priska Safira. Jurnal Nusa, 13 (2), 46-55.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nursito. 2001. Ikhtiar Kesusastraan Indonesia. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Pradopo, R Joko. 2002. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Media.
Semi, Atar. 1986. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabet
Sujanto, Agus dan Halem Lubis. Taufik Hadi. 2004. Psikologi Kepribadian.
Sumarmi, et al. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(1): 48—58.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.