Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Ajibarang

Authors

  • Pinantya Dwi Pangesti Putri Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Elly Hasan Sadeli Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Beny Wijarnako Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1336

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Berdiferensiasi, Ekonomi, SMA, Keterlibatan Siswa, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Ajibarang dalam konteks Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan 2 guru Ekonomi dan 30 siswa kelas X dan XI. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi kelas, angket/kuisioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah berhasil menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan berbagai metode yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, seperti penggunaan grafik dan video untuk siswa visual serta aktivitas fisik untuk siswa kinestetik. Tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan waktu untuk merancang RPP yang beragam dan kesulitan mengelola kelas dengan kebutuhan yang berbeda. Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas yang mendukung kreativitas dan inovasi dalam mengajar. Siswa merasa puas, lebih terlibat, dan termotivasi dengan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi meningkatkan pemahaman, keterlibatan, dan motivasi siswa terhadap materi Ekonomi. Rekomendasi penelitian meliputi perlunya penelitian jangka panjang, pelatihan guru, pendekatan kolaboratif, variasi metode pembelajaran, dan evaluasi berkelanjutan untuk efektivitas pembelajaran berdiferensiasi.

References

Abdul Majid and Chaerul Rochman, Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014), hal. 12

Anwar, Z., & Sukiman, S. (2023). Literatur Review: Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 9(2), 80–89. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v9i2.1004

A. Purwanto. 2019. “Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Kepemimpinan, Komitmen Dan Budaya Kerja Sistem Manajemen Integrasi ISO 9001, ISO 14000 Dan ISO 45001 Pada Industri Otomotif” 6(2): 158– 66.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Barlian, U. C., Yuni, A. S., Ramadhanty, R. R., & Suhaeni, Y. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. ARMADA?: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 815–822. https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.742

Bungin, H.M.Burhan. 2007. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Prenada Media. Hamalik,

Cintiasih, T. (2020). Implementasi model pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di kelas iii sd ptq annida kota salatiga tahun pelajaran 2020 skripsi.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Haniza Pitaloka, Meilan Arsanti. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka.” Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung Ke-4 4.

Ilmawan, D. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 820–828. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10546

Irena, D., Simangunsong, R., Rahayu, M. R., & Saputra, G. (2023). Pengaruh Perubahan K-13 Menuju Kurikulum Merdeka Di Pendidikan Sekolah Dasar the Effect of Changes in K-13 Towards an Independent Curriculum in Elementary School Education. Disekda?: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 01(01), 14–23.

Gregory, G. H., & Chapman, C. (2002). Differen tiated instructional strategies: One size doesn't fit all. Corwin Press.MS, M. (2023). Pembelajaran Berdiferesiasi Dan Penerapannya. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 533–543. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.534

Karim, Abdul. 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips). Pati.Nasir, Et, A. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Di Upt Sd Negeri 012 Langgini Bangkinang Kota. 9(September), 356– 363.

Marlina.2020. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Inklusif. Padang: Afifa Utama.

Muhiddin, Palennari. 2012 Potensi Integrasi Problem Based Learning dengan pembelajaran Kooperatif Jigsaw dalam Meningkatkan ketrampilan berpikir Kritis Mahasiswa. DOI 10.35580/BIONATURE.V13I1.1418Ngaisah, N. C., * M., & Aulia, R. (2023). Perkembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Bunayya?: Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 1. https://doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16890

Nur Hasanah, O. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Ipas Di Sekolah Dasar. 8(1), 204–213.

Nuridha, S., & Hardianti, R. D. (2022). Pengukuran Critical Thinking Skills Siswa Menggunakan Four-Tier Multiple Representation Test. Proceeding Seminar Nasional IPA XII, 234–238.

Oemar. 2015. Kurikulum Dan Pembelajaran. Cet. 1. Jakarta: Bumi Aksara.

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan…, November, 2020–2023. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283

Rintayati, Peduk. 2022. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi. Surakarta: EUREKA MEDIA AKSARA. Rismayani, Luh Dessy. 2020. “Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Singaraja.” Universitas Pendidikan Ganesha.

R. M. Gagne. 1998. Prinsip - Prinsip Belajar Untuk Pengajaran (Essential of Learning for Instruction). Surabaya: Usaha Nasional.Simpson, E. & Courtney. 2002. Critical Thinking in Nursing Education: Literature Review.

Soyomukti, Nurani. 2015. Teori-Teori Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syahnadin Nuridha dan Risa Dwita Hardianti. 2022. “Pengukuran Critical Thinking Skills Siswa Menggunakan Four-Tier Multiple Representation Test.” Proceeding Seminar Nasional IPA XII 12.Sofiah, H., & Hikmawati, N. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Analisis Imolementasi Kurikulum Merdeka di SD). ABUYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 49–60. https://jurnal.inkadha.ac.id/index.php/abuya

Syaiful Prayogi & Muhammad Asy’ari. 2013. Implementasi odel Problem based Learning untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis ssiswa. Jurnal Prisma Sains. Jurnal Pengkajian Ilmu dan pembelajaran MIPA IKIP Mataram. Vol 1. DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v1i1.521Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(2), 66–75. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114

Taufik, M., & Isril. (2014). Implementasi Peraturan Daerah Badan Permusyawaratan Desa. Jurnal Kebijakan Publik, 4(2), 135–140. https://jkp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JKP/article/view/2194

Tarpan Suparman, Kurikulum dan Pembelajaran (Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung, 2020), hal. 1.

Tomlinson, C. A. (1995). Differentiating instruction for advanced learners in the mixed-ability middle school classroom. ERIC EC Digest #E536, 1–7. http://www.kidsource.com/kidsource/content/diff_instruction.html

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Putri, P. D. P., Sadeli, E. H., & Wijarnako, B. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Ajibarang. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 19, 101–105. https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1336