Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Heyzine Flipbooks

Authors

  • Februardi Maulana Putra Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1342

Keywords:

Learning, Local Wisdom, Heyzine

Abstract

Kearifan lokal sangat penting untuk diterapkan dalam pembelajaran. Dengan penerapan pembelajaran berbasis kearifan lokal, maka peserta didik akan lebih dekat dengan konteks pembelajaran sehingga lebih mudah memahami materi. Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran wajib di jenjang pendidikan. Salah satu materi yang dipelajari dalam mata pelajaran bahasa indonesia adalah teks deskripsi. Dalam teks deskripsi, yang dipelajari adalah pengertian, ciri, struktur, dan kaidah kebahasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran berbasis kearifan lokal menggunakan heyzine flip book, yang dalam hal ini dipraktikkan menggunakan materi struktur teks deskripsi pada kelas VII D SMP Negeri 2 Padamara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan berupa tes dan observasi dan dokumentasi. Data dari penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan lembar evaluasi pratindakan, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan mulai dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Peningkatan tersebut terjadi karena penggunaan materi berbasis kearifan lokal berbantu berbantu media Heyzine Flipbooks.

References

Aji, S.W., Mawardi & Karisma, W.W. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Group Investigation Pada Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan, 5(2), 2541-5468.

Aqib (2016). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Arfiani, F. F. N & Latipah, E. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar di SD Negeri Maguwoharjo 1 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 12(2) 2579-7182

Arikunto & Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta.

Azizatun, Z.N. (2017). Realita Volume15, No. 2 Tahun 2017 1 Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Peningkatan Profesionalitas Guruantara Cita Dan Fakta. Jurnal Penelitian dan kebudayaan Islam, 15(2), 2-23. Bogor: Ghalia Indonesia

Bukran. (2-16). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Guru SMA Kelas X di Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol 1(2). Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 133-144.

Falahudin, & Iwan. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4),104-117.

Ibnu, & T Badaral al-Tabany. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta : Prenada Media Group Jakarta : Rajawali Press

Kismawati, R., Tias, S., & Puji, H.W (2022). Pengembangan E-Komik Berbasis Heyzine Flipbook pada Materi Sistem Pencernaan bagi Peserta Didik Kelas VIII SMP. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 359–370

Muslim, Arifin. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pengumpulan Data Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas V Sd Negeri 1 Sidareja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 5 (1), 25-37. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/download/2514/1291

Noferia, E. & Saputri, E. N. (2022). Analisis Struktur, Isi, Dan Diksi Teks Deskripsi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Enam Lingkung. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan sastra Indonesia. 10(4). 23.

Novita, Sania., Santosa, Slamet., & Rinanto, Yudi. (2016). Perbandingan Kemampuan Analisis Siswa melaluiPenerapan Model Cooperative Learning dengan Guided Discovery Learning: Proceeding Biology Education Conference, 13(1), halm359.

Julaiha, S. & Mohammad, E. (2022). Model Pembelajaran dan Implementasi Pendidikan HAM Dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional. Religion

Pada Penelitian Yang Dilakukan Oleh Arudiyah, Siti Sarah (2022). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Struktur Dan Kebahasan Serta Memproduksi Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas Xi Ma Cilendek Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019-2020). http://repositori.unsil.ac.id/6089/

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2), 79- 96.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rusman. (2014). Model – Model Pembelajaran mengembangkan profesionalisme Guru.

Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu.

Samsiyah, S., Yulianto, B., & Sukartiningsih, W., (2019). Pengembangan Buku Ajar Berorientasi Pada Nilai-Nilai Islami Dengan Menggunakan Model Pbl Untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Puisi Siswa Kelas V. Jurnal Reviuw Pendidikan Dasar. 5(3). 1.

Sudjana, N. (2013). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP

Susanto. A. (2015). Teori Belajar Pembelajaran. Jakarta : Kencana

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Tafonao. T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar MahaPeserta Didik. Jurnal Komunikasi Pendidikan 2(2), 103-113.

Tampubolon, Saur. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PENERBIT ERLANGGA

Utami, Nurul Hidayati. (2019). Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Komunikasi Siswa Homeschooling melalui Implementasi CIRC pada Materi Sistem Ekskresi: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), halm 84.

Wahyuni, Sri (2023). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Teks Negosiasi Menggunakan Model Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas X Smas T Bustanul Arifin Gayo Lues. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan. 4(1). 1.

Zaki Ahmad, & Diyan Y. (2020). Penggunakan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pkn Di Sma Swasta Darussa’dah Kec. Pangkalan Susu. Jurnal ilmu pendidikan Al-Iktibar, 7(2). 2550-0686.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Putra, F. M. (2024). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Heyzine Flipbooks. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 19, 133–140. https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1342