Virtual Reality-Based Learning pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Kelas VII SMP

Authors

  • Alfi Ardhiati Solikhah Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1347

Keywords:

Learning Model, Virtual Reality, Text Description

Abstract

Stimulasi yang tepat sangat menentukan keberhasilan siswa dalam pembelajaran menulis. Keterampilan menulis teks deskripsi siswa tingkat SMP membutuhkan stimulasi yang menarik serta sesuai dengan minatnya. Mengingat siswa SMP adalah siswa pada rentang usia remaja awal yang baru mengalami fase anak-anak. Maka dari itu, guru perlu jeli dalam menentukan model belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.  Dipadukan dengan perkembangan teknologi yang tengah eksis, guru dapat mengambil kesempatan untuk memanfaatkan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi-teknologi tersebut, salah satunya yakni Virtual Reality yang kini mulai merambah di kalangan masyarakat. Teknologi tersebut menyuguhkan simulasi maupun tayangan yang dapat dirasakan secara 3D (tiga dimensi) dapat dilihat, didengar, maupun dirasakan seolah penggunanya berada pada situasi yang ada dalam tayangan tersebut. Hal tersebut akan memudahkan guru dalam menstimulus siswa pada pembelajaran menulis teks deskripsi. lebih dari itu, teknologi VR bahkan tidak hanya dapat dimanfaatkan pada pembelajaran menulis saja, namun juga pembelajaran-pembelajaran lainnya, karena memberikan pengalaman pembelajaran yang unik dan menarik.

References

Abdillah, F., Riyana, C., & Alinawati, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Edutcehnologia, 2(2), 36–38.

Ahmadi, M. R. (2018). The use of technology in English language learning: A literature review. International Journal of Research in English Education, 3(2), 115-125.

Akbari, Z. (2016). Current challenges in teaching/learning English for EFL learners: The case of junior high school and high school. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 199, 394-401.

Andrew Fernando Pakpahan, Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Bahari, A. (2022). Affordances and challenges of teaching language skills by virtual reality: A systematic review (2010–2020). E-Learning and Digital Media, 19(2), 163-188.

Breedt, S., & Labuschagne, M. J. (2019). Preparation of nursing students for operating room exposure: A South African perspective. African Journal of Health Professions Education, 11(1), 22. https://doi.org/10.7196/ajhpe.2019.v11i1.1072

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage Publications.

Efendi, Y., Muzawi, R., Rio, U., & Lusiana, L. (2021). Aplikasi 3D VR Class Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Ditengah Pandemik. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 419–424. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.304

Emilia, E. (2012). Pendekatan Genre-Based dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Petunjuk untuk Guru. Rizqi Press.

Golonka, E. M., Bowles, A. R., Frank, V. M., Richardson, D. L., & Freynik, S. (2014). Technologies for foreign language learning: a review of technology types and their effectiveness. Computer assisted language learning, 27(1), 70-105.

Gruba, P., Cárdenas-Claros, M. S., Suvorov, R., & Rick, K. (2016). Blended language program evaluation. Springer.

Jasuli, & Fitriani, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Public Speaking Berbasis Teknologi Virtual Reality (VR) pada Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Jurnal Didaktika, 25(1), 46–65. https://doi.org/http://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/694.

Knapp, P., & Watkins, M. (2005). Genre, Text, Grammar: Technologies for Teaching and Assessing Writing. UNSW Press.

Lai, C. (2015). Modeling teachers' influence on learners' self-directed use of technology for language learning outside the classroom. Computers & Education, 82, 74-83.

Mambu, J. Y., Wahyudi, A. K., & Posumah, F. (2019). Aplikasi Simulasi Public Speaking Berbasis Virtual Reality. CogITo Smart Journal, 4(2), 327. https://doi.org/10.31154/cogito.v4i2.139.327-336

Merchant, Z., Goetz, E. T., Cifuentes, L., Keeney-Kennicutt, W., & Davis, T. J. (2014). Effectiveness of virtual reality-based instruction on students' learning outcomes in K-12 and higher education: A meta-analysis. Computers & Education, 70, 29-40. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.07.033

Ningsih, D. N. (2018). PENGGUNAAN MIND MAP DENGAN MEDIA LAGU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN.pdf. Siloka, 294. cianjur: Unsur Press.

Pranata, M. A., Santyadiputra, G. S., & Sindu, I. G. P. (2018). Rancangan Game Balinese Fruit Shooter Berbasis Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(3), 256. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i3.11994

Radianti, J., Majchrzak, T. A., Fromm, J., & Wohlgenannt, I. (2020). A systematic review of immersive virtual reality applications for higher education: Design elements, lessons learned, and research agenda. Computers & Education, 147, 103778. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103778

Sari, I., Sinaga, P., Hernani, H., Mudzakir, A., & Santria, A. (2023). Using Virtual Reality as Learning Tools on Chemistry: Advantages and Challenges. Tadris: Jurnal Kependidikan Dan Ilmu Tarbiyah, 8(1), 49–60. https://doi.org/10.24042/tadris.v8i1.14593

Shadiev, R., Hwang, W. Y., & Huang, Y. M. (2015). A pilot study: Facilitating cross-cultural understanding with project-based collaborative learning in an online environment. Australasian Journal of Educational Technology, 31(2).

Sihite, B., Samopa, F., & Sani, N. A. (2013). Pembuatan Aplikasi 3D Viewer Mobile dengan Menggunakan Teknologi Virtual Reality (Studi Kasus: Perobekan Bendera Belanda di Hotel Majapahit). Jurnal Teknik ITS , 2 (2), A397-A400.

Syafril, R. S. (2019). Penerapan Sederhana Virtual Reality Dalam Presentasi Arsitektur. NALARs, 19(1), 29. https://doi.org/10.24853/nalars.19.1.29-40

Viberg, O., & Olena Horbyk, A. (2018). The future of CALL and natural language processing: A reply to Carl James. calico journal, 35(1), 125-137.

Whyte, J. (2007). Virtual reality and the built environment. Routledge. London: Architectural Press.

Yanto, B., Supriyanto, A., Riki Mustafa, S., & Jawa Kota Solok, K. (2023). PELATIHAN PENINGKATAN INOVASI VIRTUAL REALITY (VR) MILLEALAB BAGI GURU SDN 05 KAMPUNG JAWA KOTA SOLOK. Communnity Development Journal, 4(2), 1782–1788.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Solikhah, A. A. (2024). Virtual Reality-Based Learning pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Kelas VII SMP. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 19, 165–172. https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1347