Peran Sarana dan Prasarana dalam Mewujudkan Lingkungan Belajar yang Efektif

Authors

  • Nadya Rahmatika Ulya UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Agusti Rona Ayu Widari UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Azka Amilatul Fadila UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1579

Keywords:

Sarana dan prasarana, Lingkungan belajar efektif, Kualitas Pendidikan

Abstract

Salah satu tantangan utama dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif di Indonesia masih berkaitan dengan ketimpangan dalam kualitas sumber daya pendidikan dan ketersediaannya. Banyak sekolah terutama di daerah terpencil masih menghadapi berbagai keterbatasan fasilitas seperti perpustakaan, laboratorium, ruang kelas yang layak, dan teknologi pembelajaran. Kondisi ini berdampak pada siswa yang tidak termotivasi untuk belajar, kurangnya keterlibatan aktif dalam pelajaran, dan hasil belajar yang masih sangat buruk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana sarana dan prasarana berkontribusi pada pembentukan suasana belajar yang baik, menyenangkan, dan produktif bagi siswa. Metode ini menggunakan penelitian literatur dengan meninjau jurnal ilmiah, buku teks, dan laporan penelitian terbaru tentang fasilitas pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan buku pelajaran, alat peraga, dan teknologi pendukung pembelajaran, hal ini sangat berpengaruh terhadap seberapa efektif pembelajaran berlangsung. Fasilitas kelas yang nyaman, perpustakaan yang representatif, dan laboratorium yang lengkap sangat penting untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Hal ini juga menunjukkan bahwa suasana belajar tidak hanya dipengaruhi oleh ketersediaan fasilitas, tetapi juga oleh cara fasilitas dikelola dan digunakan secara optimal. Misalnya, ruang kelas yang rapi dan bersih dapat meningkatkan konsentrasi siswa. Di sisi lain, laboratorium yang aktif dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk memecahkan masalah dan berpikir kritis. Hal ini juga sangat penting untuk menyelesaikan perbedaan distribusi fasilitas pendidikan antara daerah perkotaan dan pedesaan. Oleh karena itu, dalam kebijakan pendidikan nasional, pengadaan dan pengelolaan sarana harus menjadi prioritas utama, Untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, efektif, dan berdaya saing sehingga semua orang harus bekerja sama dan berkolaborasi untuk memastikan semua orang memiliki akses yang sama ke fasilitas pendidikan.

References

Azri, & Raniyah, Q. (2024). Peran Teknologi Dan Pelatihan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Pediaqu?: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(4), 4859–4884.

Cato, Abdillah, R., Ratri, F., Zakaria, A., Asyidiq, M. L., Purwanti, & Mazidah, S. N. (2024). Peran Sarana dan Prasarana dalam Menunjang Proses Pembelajaran di MA Asy-Syafi ’ iyyah Karangasem?: Perspektif Guru dan Siswa. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 125–134.

Fadillah, R., Desmaryani, R., & Lestari, A. (2025). Analisis Ketimpangan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Daerah Pedesaan. Jurnal Multidisiplin, 03(02), 217–225.

Ibrahim, I., Adi Prasetyo, Choirun Niswah, & Zulkipli, Z. (2022). Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3), 170–181. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i3.578

Lisnawati, A., Auliadi, Adhari, F. N., Hanipah, R., & Rostika, D. (2023). Problematika Sarana Prasarana dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 30987–30993.

Muhaimin, R. (2024). Peran Sarana Prasarana dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di SD Negeri 161 Bangun Purba. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, V(1), 162.

Nabila, U. P. (2020). Strategi Pengelolaan Sarana dan Prasarana di Sekolah. Kompasiana.Beyond Blogging. https://www.kompasiana.com/ulianandhaputrinabila3021/5ea4fcc3097f36054d070ff2/strategi-pengelolaan-sarana-dan-prasarana-di-sekolah

Nasution, N. A., & Marpaung, S. F. (2023). Strategi Kepala Madrasah Dalam Optimalisasi Sarana Prasarana di Madrasah Aliyah. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 317–329. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.426

Prihatini, Sari, R. T., Effendi, F. P., & Adhani, V. L. R. (2022). Pengaruh Sarana Prasarana Terhadap Pengembangan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 256–263. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.224

Rasid, I. . A., Suryana, H. . D., & Nugraha, F. (2023). Analisis Strategi Guru Dalam Memaksimalkan Sarana Prasarana Pembelajaran Di Kelas 5 SDN 2 Cikancra. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 177–188. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.356

Siregar, D. A., & Siregar, A. (2025). Dinamika Peran Guru Dalam Menopang Proses Pembelajaran Siswa di Tengah Keterbatasan Sarana Prasarana di SDN 054935 Paluh Mardan , Desa Pematang Cengal , Kecamatan Tanjung Pura. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 675–683.

Sopian, A. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana. Raudhah Proud To Be Professionals?: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(2), 43–54. https://doi.org/10.48094/raudhah.v4i2.47

Sutisna, N. W., & Effane, A. (2022). Fungsi Manajemen Sarana dan Prasarana. Karimah Tauhid, 1(2), 226–233. https://doi.org/10.32520/afkar.v6i1.190

Downloads

Published

2025-07-19

How to Cite

Ulya, N. R., Widari, A. R. A., & Fadila, A. A. (2025). Peran Sarana dan Prasarana dalam Mewujudkan Lingkungan Belajar yang Efektif. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 24, 98–105. https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1579