Pendidikan Karakter di Era Digital: Tantangan dan Solusi
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1643Keywords:
Pendidikan Karakter, Era Digital, Tantangan, Solusi, Pengembangan pendidikan karakterAbstract
Pendidikan karakter di era digital menghadapi berbagai tantangan, seperti pengaruh negatif dan media sosial, cyberbullying dan kecanduan teknologi, yang masing-masing dapat mengganggu kemajuan moral dan karakter mereka. Oleh karena itu, pendekatan yang relevan dan kontekstual harus dimasukkan ke dalam pendidikan karakter. Pendekatan ini tidak hanya akan mengajarkan nilai-nilai moral kepada siswa tetapi juga akan memberikan mereka keterampilan kritis untuk menilai informasi yang mereka terima. Selain itu, pengembangan kurikulum yang dapat disesuaikan, pelatihan guru untuk menangani masalah digital, dan kolaborasi yang erat antara sekolah, orang tua, dan masyarakat adalah beberapa solusi yang disarankan. Dengan menciptakan lingkungan yang mendukung dan positif, diharapkan generasi muda akan tumbuh menjadi orang yang kuat dan dapat berkuntribusi secara positif kepada masyarakat.
References
Adnan, M., & Anwar, K. (2020). Online Learning amid the COVID-19 Pandemic: Students’ Perspectives. Journal of Pedagogical Sociology and Psychology, 2(1), 45–51. https://doi.org/10.33902/JPSP.2020261309
Ayupradani, N. T., Sofiyana, L. N., Huda, M., Nasucha, Y., & Siswanto, H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Anggota Karang Taruna Tunas Harapan sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 169–174.
Darwin, M. (2020). Era Digital dan Transformasi Perkembangan Kognitif-Emosional Remaja. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Editor. (2020). Pendidikan Karakter, Tantangan dan Solusi di Era Globalisasi. 159–172.
https://modernis.co/pendidikan-karakter-tantangan-dan-solusi-di-era-globalisasi/27/03/2020/
Ekowarni, E. (2022). Risiko dan Tantangan Paparan Konten Digital bagi Perkembangan Anak. Yogyakarta: UGM Press.
Fauzi, I., & Khusuma, I. H. S. (2020). Teachers’ Elementary School Readiness in Online Learning during the COVID-19 Pandemic. International Journal of Instruction, 13(3), 771–786. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13352a
Gunawan, I. (2024). Pendidikan karakter: Tantangan dan solusi di era digital. Seminar Nasional Pendidikan (SNP) 2024.
Hamdani, A, D. (2021). Pendidikan Di Era Digital Yang Mereduksi Nilai Budaya. Cermin, 5(1), 62–68.
Helmi, A. F. (2021). Dampak Psikologis Paparan Konten Digital pada Remaja. Jurnal Psikologi Klinis, 15(2), 87-102.
Hidayat, A., & Fitriani, D. (2023). Inovasi Digital dalam Dunia Pendidikan: Perspektif Guru dan Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Indonesia, 7(2), 65–74.
Ismail, R., & Wahyuni, T. (2023). “Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter melalui Platform Digital.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 30–39.
Kemendikbud. (2020). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2022). Merdeka belajar.Tanya jawab kurikulum merdeka. Jakarta: kemendikbud RI.
Khadijah, I, S., & D. (2021). Tantangan pendidikan karakter di era digital. Institut Hukum Sumberdaya Alam (IHSA Institut), 15(1).
Kosim, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter di Era Industri 4.0: Optimalisasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 88–107
Latip, A. E. (2022). Dampak Berkurangnya Interaksi Tatap Muka pada Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Psikologi Pendidikan, 17(1), 45-60.
Lestari. S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia, 2(2), 94–100.
Mulyadi, S. (2020). Ketergantungan digital pada anak dan remaja: Tantangan pendidikan karakter kontemporer. Jakarta: Penerbit Kompas.
Muzdalifah, Ayu Aprilia. "Pendidikan Karakter: Tantangan, dan Solusinya di Era Digital". Artikel Ilmiyah, Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan.
Ngongo, V, L., Hidayat, T., & W. (2019). Pendidikan Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 7.
Nurhayati (2021). Internalisasi Nilai Nilai melalui Interaksi Langsung. Jurnal Psikologi Perkembangan, 22(2), 45-60.
Purba, H, M., et al. (2024). Pendidikan karakter di era digital: Tantangan dan strategi. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(3).
Putra, A. D., & Setiawan, I. (2023). Implementasi Flipped Classroom dalam Pembelajaran Digital Era 5.0. Jurnal Teknologi Pendidikan Digital, 3(1), 105–112.
Putri, N. L. (2022). “Media Animasi dalam Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(1), 65–74.
Rahmawati, T., & Santosa, B. (2021). Penggunaan Media Interaktif dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Interaktif, 9(1), 50–58.
Ramadhan, A. M., & Aulia, F. Z. (2022). Pendidikan Inklusif di Era Digital: Ruang Baru dalam Kolaborasi Virtual. Jurnal Pendidikan dan Budaya, 27(2), 75–83.
Ramadhan, A. R., Adira, W. R., & Hidayat, N. (2024). Optimalisasi Pendidikan Karakter?: Menghadapi Tantangan dan Merancang Strategi Cerdas di Era Digital. 6(6), 6593–6603.
Ramadhani, N. (2020). “Game Edukatif Sebagai Media Penguatan Nilai.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Karakter, 3(1), 102–108.
Sagala, K, P., Naibaho, L., & Rantung, D, A. (2024). Tantangan Pendidikan Karakter di Era Digital. Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi, Vol 6 (1).
Saputra, R., & Dwijayanti, A. (2022). Asesmen Digital Berbasis Data dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(1), 65–72.
Susanto, H. (2019). Model Pembelajaran Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahyuni, D. (2022). Digital Literacy and Learning Innovation in Indonesian Higher Education. Journal of Education and Learning, 16(1), 92–101.
https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i1.20247
Wulandari, S., & Fitria, L. (2021). Peningkatan Literasi Digital Melalui Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan Progresif, 11(1), 58–64.
Yusuf, M., & Prasetya, D. A. (2020). Transformasi Pendidikan Melalui Teknologi Digital di Era Industri 4.0. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 6(2), 113–123.
Zamroni (2021). Menjaga Keseimbangan Interaksi Virtual dan Tatap Muka. Jurnal Ilmu Pendidikan, 26(2), 101-118.
Zubaedi. (2020). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.