Moderasi Beragama sebagai Agenda Pendidikan Nasional

Authors

  • Devi Lestiani UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Mona Asiva Rahma UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Sely Nur Anjani UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1649

Keywords:

Moderasi beragama, Pendidikan Agama Islam, Toleransi, Kebijakan Pendidikan, Konflik sosial

Abstract

Pendidikan Agama Islam memainkan peranan penting dalam membentuk perilaku dan sikap yang moderat melalui ajaran mengenai toleransi, penghargaan terhadap multikulturalisme, serta pengakuan atas berbagai pemahaman keagamaan. Mainsteaming moderasi beragama dalam Pendidikan Agama Islam dapat dilakukan melalui beberapa strategi, yaitu penguatan paradigma moderasi, kurikulum, dan pembelajaran. Ketiga Stategi ini berkaitan satu sama lain dalam pengembangan kebijakan penerapan penguatan Moderasi dalam konteks Pendidikan Agama Islam. Dalam perwujudan moderasi ini dipandang penting mengarah pada Mainstreaming pembentukan sikap dan perilaku moderat yang didukung oleh pemahaman keagamaan yang moderat. Namun, meningkatnya konflik sosial akibat perbedaan agama dan kepercayaan menggarisbawahi kebutuhan akan penguatan moderasi beragama dalam sektor pendidikan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kebijakan moderasi beragama yang diterapkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, khususnya di bidang pendidikan. Metode yang dipakai dalam studi ini adalah tinjauan pustaka yang mencakup berbagai kebijakan serta pelaksanaanya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa moderasi beragama telah menjadi inisiatif strategis sejak tahun 2016 untuk menanggulangi intoleransi, fanatisme, dan ekstremisme. Langkah ini dilaksanakan melalui penguatan paradigma moderasi, perancangan kurikulum, dan pengembangan metode pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam yang mengedepankan nilai – nilai moderat. Disamping itu, moderasi beragama juga diterapkan dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan sebagai platform untuk membangun karakter siswa. Ditengah keragaman suku, budaya, dan agama di Indonesia, pendidikan yang mengedepankan moderasi beragama menjadi solusi penting untuk meningkatkan keharmonisan sosial. Oleh karena itu, pemerintah harus terus memfasilitasi penerapan moderasi beragama dalam pendidikan. Para pendidik juga perlu diperlengapi dengan pengetahhuan menyeluruh agar dapat menyampaikan nilai – nilai moderasi secara efisien kepada para siswa.

References

Chrisantina, V. S. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Moderasi Beragama dengan Berbasis Multimedia pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Edutrained?: Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 5(2), 79–92. https://doi.org/10.37730/edutrained.v5i2.155

Fadila, R., & Aprison, W. (2024). Penguatan Sikap Moderasi Beragama Pada Siswa SD Fransiskus Bukittinggi. 2(December), 130–134.

Habibie, M. L. H., Al Kautsar, M. S., Wachidah, N. R., & Sugeng, A. (2021). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam di Indonesia. Moderatio?: Jurnal Moderasi Beragama, 1(1), 121–125. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.820

Hanan, Z. A. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Al-Qur’an dalam Pendidikan Islam. Bintang?: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 58–67.

Mahtum, R., & Zikra, A. (2022). Realizing Harmony between Religious People through Strengthening Moderation Values in Strengthening Community Resilience After the Covid 19 Pandemic. The 4th International Conference on University …, Query date: 2023-08-15 01:53:33. https://icon-uce.com/index.php/icon-uce/article/view/41

Muadz, U. R. (2022). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 5(8), 3194–3203.

Mukhibat, M., Nurhidayati Istiqomah, A., & Hidayah, N. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama di Indonesia (Wacana dan Kebijakan). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), 73–88. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i1.133

Munfa’ati, K. (2023). Integrasi Nilai Islam Moderat Pada Pendidikan Karakter di MI Miftahul Ulum Driyorejo Gresik. BHINNEKA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 1(1), 106–116.

Munif, M., Qomar, M., & Aziz, A. (2023). Kebijakan Moderasi Beragama di Indonesia. Dirasah, 6(2), 418–427. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah

Normawati, S. (2025). Menakar Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era Pendidikan Modern. QOSIM?: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3(2), 619–625.

Nur’aini, S. (2021). Moderasi Beragama Dalam Pendidikan. In Jurnal Ilmiah Pedagogy (Vol. 16, Issue 1).

Wahid, A. (2024). Moderasi Beragama dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam: Implementasi dalam Pendidikan Multikultural di Indonesia. Scholars, 2(1), 29–36. https://doi.org/10.31959/js.v2i1.2367

Downloads

Published

2025-07-21

How to Cite

Lestiani, D., Rahma, M. A., & Anjani, S. N. (2025). Moderasi Beragama sebagai Agenda Pendidikan Nasional. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 24, 563–567. https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1649