Disiplin Belajar, Lingkungan Kelas, Perhatian Orang Tua sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS

Authors

  • Solikhin Solikhin Universitas PGRI Yogyakarta
  • Tarto Sentono Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.403

Keywords:

Disiplin Belajar, Lingkungan kelas, Perhatian orang tua, Hasil belajar

Abstract

This study aims to determine the positive influence student learning discipline, classroom environment on learning outcomes in subjects in class IV SDN Bratasena. The population in this study were all students of class IV SDN Bratasena 2021/2022 total as many as 188 students. Determination of the sample is done with purposive sampling technique; namely the sample is determined by the investigators. In this study, researchers took samples based classes with setting Tourism IV as samples, amounting to a total of 100 students.

References

Ahmadi Dan Supriyono. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Pt. Rieneka Cipta.

Amalia. 2020. Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Jural pendidikan dan konseling.2 (1), 36-39.

Purwanto;, M. Asbari;, and P. B. Santoso, “Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Kepemimpinan, Komitmen dan Budaya Kerja Sistem Manajemen Integrasi ISO 9001, ISO 14000 dan ISO 45001 pada Industri Otomotif,” J. Produkt., vol. 6, no. 2, pp. 158–166, 2019, [Online]. Available: http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jp/article/view/1798.

F. Fatimah and R. D. Kartikasari, “Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa,” Pena Literasi, vol. 1, no. 2, p. 108, 2018, doi: 10.24853/pl.1.2.108-113.

Ghozali, imam 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss( Edisi 8). Cetakan Ke VIII.. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan. Dkk. 2017. Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Taman Keanekaragama Hayati. Subang: Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Subang.

Harjali. 2019. Penataan lingkungan kelas: strategi untuk guru dan sekolah. malang: seribu bintang

Judiana. 2011. Komunikasi orang tua dan pengaruhnya terhadap anak, kementrian pendidikan nasional.

Kompri. 2017. Motivasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mini. 2011. Disiplin Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan. Nasional.

O. A. K. Jayusman, Iyus and Shavab, “Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah,” J. Artefak, vol. 7, no. 1, pp. 13–20, 2020.

Esti Setiawati Dkk, " Discovering Model Analysis To Improve Learning Results Of Social Science For Elementary School."Elementary Education Online, 2021:20(1): pp. 930-935, doi 10.17051/ilkonline.2021.01.89

Sudirman. 2012. Interaksi Dan Motivasi Belajar Dan Mengajar. Jakarta : PT. Grafindo Indonesia.

Sugiyono. 2018. Metode Kuantitatif, Kualiatif Dn R&D Bandung: Alfabeta [7] A. Yulianto and M. Khafid, “Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl), Minat Menjadi Guru, Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Yang Profesional,” Econ. Educ. Anal. J., vol. 5, no. 1, pp. 100–114, 2016.

Judiana. 2011. Komunikasi Orang Tua Dan Pengaruhnya Terhadap Anak, Kementrian Pendidikan Nasional.

S. N. Aini and P. Sudira, “Pengaruh strategi pembelajaran, gaya belajar, sarana praktik, dan media terhadap hasil belajar patiseri SMK se-Gerbangkertasusila,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 5, no. 1, p. 88, 2015, doi: 10.21831/jpv.v5i1.6077.

Sukmadinata. 2011. Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Samsu. 2017. Metodologi Penelitian Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, Dan Penelitian Pengembangan.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Solikhin, S., & Sentono, T. (2022). Disiplin Belajar, Lingkungan Kelas, Perhatian Orang Tua sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 361–366. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.403