Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak Kabupaten Sragen Tahun 2023

Authors

  • Masdar Hilmi Universitas Sebelas Maret
  • Djono Djono Universitas Sebelas Maret
  • Suryo Ediyono Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.901

Keywords:

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Sragen, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemilihan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila khususnya pada jenjang SMP dan jenis SMP Negeri di Sekolah Penggerak di Kabupaten Sragen tahun 2023. Sumber data dari angket googleform yang disebar ke SMP Negeri terpilih. Sementara analisa menggunakan pendekatan statistik. Subyek penelitian merupakan SMP Negeri yang menjadi sekolah penggerak di Kabupaten Sragen. Kabupaten Sragen memiliki 8 SMP Negeri yang menjadi sekolah penggerak. SMP tersebut menerapkan Kurikulum Merdeka terlebih dahulu dibanding sekolah lain di Kabupaten Sragen. Dalam penerapan Kurikulum Merdeka tersebut, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menjadi ciri pembeda dibandingkan dengan penerapan kurikulum 2013 dan kurikulum lain. Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, terdapat dimensi, tema, dan alokasi waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang bisa dipilih masing-masing SMP tiap tahunnya. Pemilihanya tersebut bisa berbeda antar SMP yang ada di Kabupaten Sragen. Fokus penelitian ini terletak pada sebaran tema yang dipilih SMP yang menjadi sampel. Berdasarkan penelitian yang ada, ditemukan bahwa lima SMP yang menjadi sampel memiliki sejumlah hal menarik. Terdapat sejumlah persamaan dan perbedaan dari masing-masing SMP dalam mengambil tema dan juga penentuan waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Berdasarkan hal itu, diharapkan penelitian ini dapat menjadi sarana bagi sekolah untuk saling bertukar informasi, ide dan pengalaman dalam dalam mengoptimalkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP-nya masing-masing.

References

Afiyanti, Y. (2008). Validitas dan reliabilitas dalam penelitian kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(2), 137-141.

Anggraena, Yogi and Felicia, Nisa and Eprijum, Dion and Pratiwi, Indah and Utama, Bakti and Alhapip, Leli and Widiaswati, Dewi .(2022). Kajian Akademik Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Other. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran

Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2022). Tahapan-Implementasi-Kurikulum-Merdeka. Jakarta.

Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2022b). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118.

Kurikulum, P. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila edisi 1.

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6 (4), 6313-6319.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. (2021). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Downloads

Published

2023-11-14

How to Cite

Hilmi, M., Djono, D., & Ediyono, S. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak Kabupaten Sragen Tahun 2023. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 13, 172–179. https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.901