Peran Media Papan Telur dan Kelereng dalam Meningkatkan Keterampilan Perkalian Siswa Kelas II SD Negeri 057224 Paluh Gusta Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Nuraida Nuraida Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.902

Keywords:

Papan Telur dan Kelereng, PTK,, Sekolah Dasar

Abstract

Studi  ini  bermaksud  memaparkan  bagaimana  peningkatan  keterampilan perkalian siswa kelas II SD Negeri 057224 Paluh Gusta Tahun Pelajaran 2022/2023, studi ini memakai metode penelitian tindakan kelas dengan rancangannya dua siklus, dimana tiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian  memaparkan terdapat   peningkatan   yang  signifikan dalam  keterampilan   menghitung perkalian siswa dari pratindakan hingga siklus II. Pada pratindakan, hanya 4 siswa (19%) yang tuntas dalam soal pretes, namun pada siklus I terdapat 7 siswa (33%) yang tuntas, dan pada siklus II terdapat 16 siswa (76%) yang tuntas.   Terjadi   peningkatan   klasikal   sebanyak   9   siswa   (43%)   dari pratindakan hingga siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa melalui tindakan perbaikan dan penggunaan media papan telur dan kelereng, keterampilan menghitung   perkalian   siswa   mengalami   perbaikan   yang   signifikan. Kemudian,  penggunaan  media  papan  telur  dan  kelereng  dalam pembelajaran Matematika telah memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan aktivitas siswa. Hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan peningkatan ketuntasan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, hanya 6 siswa (28%) yang tuntas dalam aktivitas siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas mencapai 15 siswa (72%). Namun, pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, dengan 14 siswa (67%) yang tuntas dan hanya 7 siswa (33%) yang tidak tuntas. Secara klasikal, aktivitas siswa pada siklus II telah memenuhi kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu ? 70. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan telur dan kelereng dalam pembelajaran Matematika telah memberikan dampak positif dalam meningkatkan keterampilan menghitung perkalian siswa serta meningkatkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran.

References

Bambang Pudjoatmodjo, S. S., Che Pee, N., Aherliwan Rudavan, R., Prihatmanto, S., & Alomoush, A. (2021). The 3D Dyscalculia Assessment Game Framework for Dyscalculia Identification. International Journal Of Computing and Digital System.

Cahyaningsih, U., & Nahdi, D. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sd Berbasis Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Yang Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 598-604

Choiroh, U. N. U. (2019). Peningkatan kemampuan berhitung siswa menggunakan media stick pouch materi perkalian dan pembagian kelas II MI at Taqwa Kraton Pasuruan (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Hendriani, M., & Gusteti, M. U. (2021). Validitas LKPD elektronik berbasis masalah terintegrasi nilai karakter percaya diri untuk keterampilan pemecahan masalah matematika SD di era digital. Jurnal Basicedu, 5(4), 2430-2439.

Joni, D. A. A. W. (2020). The Implementation Of Simulation Technique Assisted With Realia In Speaking Class. Journal on Studies in English Language Teaching (JOSELT), 1(2).

Kellems, R. O., Eichelberger, C., Cacciatore, G., Jensen, M., Frazier, B., Simons, K., & Zaru, M. (2020).

Using video-based instruction via augmented reality to teach mathematics to middle school students with learning disabilities. Journal of learning disabilities, 53(4), 277-291.

Kusuma, T. C., & Listiana, H. (2021). Pengembangan Pembuatan APE Bagi Anak Usia Dini. Prenada Media. Madyawati, L. (2019). Bermain Berbasis Kecerdasan Jamak. Prenada Media.

Matulessy, A., & Muhid, A. (2022). Efektivitas permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa: literature review. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 165-178.

Miftahuddin, M., & Arofah, F. (2020). Pengembangan Permainan Kartu Hitung Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Pada Siswa Kelas IV. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1).

Novianti, D. E., Indriani, A., & Puspananda, D. R. (2020). Kartu perkalian senilai sebagai alternatif metode pembelajaran perkalian pada siswa SD. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 173-181.

Nuraida, N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Perkalian Melalui Permainan Pos IT Kelas II di SDN 057224

Paluh Gusta. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(3), 9-17. Rahayu, D. R. (2022). Strategi Jitu Guru Kreatif. Prenada Media.

Rohaniah, S. M. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Perkalian Tingkat Dasar Melalui Permainan Congklak Matika (PTK Di Kelas III MI Tarbiyatul Mubtadiin Kabupaten Serang) (Doctoral dissertation, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten).

Wati, E. E., & Purwanti, K. L. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Perkalian Melalui Penggunaan Media Tutup Botol pada Siswa Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Integrated Elementary Education, 2(1), 29-42.

Downloads

Published

2023-11-14

How to Cite

Nuraida, N. (2023). Peran Media Papan Telur dan Kelereng dalam Meningkatkan Keterampilan Perkalian Siswa Kelas II SD Negeri 057224 Paluh Gusta Tahun Pelajaran 2022/2023. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 13, 180–189. https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.902