Persfektif Simbolik Interaksionis (Tinjauan Analitis “Online Dating”)

Authors

  • Arfenti Amir Universitas Megarezky Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30595/pshms.v7i.1449

Keywords:

Online Dating, Identitas Digital, Microinteractional Approach

Abstract

Kemajuan teknologi komunikasi telah memungkinkan munculnya fenomena online dating, yang memengaruhi cara individu membangun hubungan dan struktur keluarga. Penelitian ini menganalisis bagaimana interaksi dalam situs online dating, khususnya IndonesianCupid.com, dikonstruksi melalui perspektif dramaturgi Erving Goffman dan pendekatan Microinteractional Approach. Individu dapat membentuk identitas digital mereka dengan menampilkan ideal self sebagai simbol yang dikurasi untuk menarik pasangan. Namun, kesenjangan antara ideal self dan actual self dapat memunculkan efek hiperpersonal serta potensi misinterpretasi dalam hubungan. Dampak situs online dating terhadap institusi keluarga bersifat kompleks, di mana simbol yang ditampilkan dalam frontstage sering kali berbeda dari realitas di backstage. Studi ini menunjukkan bahwa online dating tidak hanya membuka peluang bagi terbentuknya keluarga baru tetapi juga berpotensi mengubah norma dan nilai dalam hubungan keluarga melalui negosiasi simbolik.

References

Andrew, R.T.F. 2004. Romantic Regressions: An Analysis of Behavior in Online Dating Systems. Massachusetts Institute of Technology.

Klein, D.M, & James, M.W. 2002. Family Theories. An Introduction. Sage Publications.

Ritzer, G. 2010. Classical Sociological Theory. McGraw-Hill Education.

Michael J.R, & Reuben JT. 2012. Searching for a Mate: The Rise of the Internet as a Social Intermediary. American Sociological Review, 77(4): 523-547.

http://www.pewresearch.org/fact-tank/2015/04/20/5-facts-about- online-dating/

http://www.similarweb.com/website/indonesiancupid.com http://indonesiancupid.com.statstool.com/

http://www.veryflirt.com/indonesian-cupid-review/

Baumeister R.F, & Hutton D.G. 1987. Self-Presentation Theory:

Self-Construction and Audience Pleasing. In: Mullen B, Goethals G.R. (eds) Theories of Group Behavior. Springer

Series in Social Psychology. HopeJ.S, & Gilly, M. C. 2003.

Presentation in Personal Web Space. Journal of Consumer Research, 30(3): 385-404.

Downloads

Published

2025-02-25

How to Cite

Amir, A. (2025). Persfektif Simbolik Interaksionis (Tinjauan Analitis “Online Dating”). Proceedings Series on Health & Medical Sciences, 7, 76–79. https://doi.org/10.30595/pshms.v7i.1449