Persfektif Simbolik Interaksionis (Tinjauan Analitis “Online Dating”)
DOI:
https://doi.org/10.30595/pshms.v7i.1449Kata Kunci:
Online Dating, Identitas Digital, Microinteractional ApproachAbstrak
Kemajuan teknologi komunikasi telah memungkinkan munculnya fenomena online dating, yang memengaruhi cara individu membangun hubungan dan struktur keluarga. Penelitian ini menganalisis bagaimana interaksi dalam situs online dating, khususnya IndonesianCupid.com, dikonstruksi melalui perspektif dramaturgi Erving Goffman dan pendekatan Microinteractional Approach. Individu dapat membentuk identitas digital mereka dengan menampilkan ideal self sebagai simbol yang dikurasi untuk menarik pasangan. Namun, kesenjangan antara ideal self dan actual self dapat memunculkan efek hiperpersonal serta potensi misinterpretasi dalam hubungan. Dampak situs online dating terhadap institusi keluarga bersifat kompleks, di mana simbol yang ditampilkan dalam frontstage sering kali berbeda dari realitas di backstage. Studi ini menunjukkan bahwa online dating tidak hanya membuka peluang bagi terbentuknya keluarga baru tetapi juga berpotensi mengubah norma dan nilai dalam hubungan keluarga melalui negosiasi simbolik.
Referensi
Andrew, R.T.F. 2004. Romantic Regressions: An Analysis of Behavior in Online Dating Systems. Massachusetts Institute of Technology.
Klein, D.M, & James, M.W. 2002. Family Theories. An Introduction. Sage Publications.
Ritzer, G. 2010. Classical Sociological Theory. McGraw-Hill Education.
Michael J.R, & Reuben JT. 2012. Searching for a Mate: The Rise of the Internet as a Social Intermediary. American Sociological Review, 77(4): 523-547.
http://www.pewresearch.org/fact-tank/2015/04/20/5-facts-about- online-dating/
http://www.similarweb.com/website/indonesiancupid.com http://indonesiancupid.com.statstool.com/
http://www.veryflirt.com/indonesian-cupid-review/
Baumeister R.F, & Hutton D.G. 1987. Self-Presentation Theory:
Self-Construction and Audience Pleasing. In: Mullen B, Goethals G.R. (eds) Theories of Group Behavior. Springer
Series in Social Psychology. HopeJ.S, & Gilly, M. C. 2003.
Presentation in Personal Web Space. Journal of Consumer Research, 30(3): 385-404.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Proceedings Series on Health & Medical Sciences

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.