Hubungan Peran Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus Terhadap Pencegahan Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.30595/pshms.v4i.547Keywords:
Peran Orang Tua, Anak Berkebutuhan Khusus, Pencegahan Covid-19Abstract
Anak-anak termasuk kedalam kelompok usia yang sangat rentan terhadap penularan covid-19 dari lingkungan sekitarnya. Selain itu, dampak dari adanya covid-19 dirasakan juga oleh anak yang berkebutuhan khusus. Akibat dari adanya covid-19 terhadap anak-anak berkebutuhan khusus perlu disikapi secara serius mengingat anak berkebutuhan khusus memiliki resiko tinggi untuk terpapar virus covid-19. Untuk menghindari terpaparnya covid-19 maka peran orang tua sangatlah penting dalam upaya pencegahan covid-19 dimana pencegahan covid-19 terdiri dari mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran orang tua yang mempunyai anak usia sekolah terhadap pencegahan Covid-19. Penelitian ini menrupakan penelitian analitik kuantitatif dengan menggunakan metode cross sectional. sampel pada penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa-siswi yang mempunyai anak usia 6-12 tahun dengan jumlah 76 orang tua dengan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukan sebagian besar responden memiliki peran orang tua yang baik (51,3%). Pencegahan covid-19 pada anak berkebutuhan khusus sebagian besar dalam kategori baik (69,7%). Hasil analisis menunjukan terdapat hubungan peran orang tua anak berkebutuhan khusus terhadap pencegahan covid-19.
References
Abuhammad, S. (2021). Parents knowledge and attitude towards COVID-19 in children?: A Jordanian Study. International Journal of Clinical Practice, 75(2), e13671.
Aini, N., Anggraini, I. R., & Alifatin, A. (2021). Perilaku Orangtua Dalam Upaya Pencegahan Covid-19 pada Anak. Jurnal Insan Cendekia, 8(1), 49–54.
Aulia, G., Fahriati, A. R., Ratnaningtyas, T. O., Utami, S. M., Pratiwi, R. D., Ismaya, N. A., Sari, F. P., Monja, T., Puji, L. K. R., Nurhasanah, & Sabrina, P. A. (2021). Covid-19 Prevention Education With The Health Protocol Of 5m And The Importance Of Multivitamins During Covid-19 Pandemic. Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), 133–140.
Courtenay, K., & Perera, B. (2020). COVID-19 and people with intellectual disability?: impacts of a pandemic. Journal of Physchological Medicine, 37(3), 231–236.
Hanggraeni, T. B., & Anggraeni, A. D. (2022). Tingkat Kecemasan Orang Tua tentang Pembelajaran Daring pada Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi Covid-19. Faletehan Health Journal, 9(1), 123–128.
Kaddi, S. M., Lestari, P., & Adrian, D. (2020). Komunikasi Keluarga Dalam Pencegahan Coronavirus Disease 2019. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1), 63–74.
Kemendikbud. (2021). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Anak Berkebutuhan Khusus Spirit: Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.
Mbazzi, F. B., Nalugya, R., Kawesa, E., Nimusiima, C., King, R., Hove, G. Van, Seeley, J., Bannink, F., Nalugya, R., & Kawesa, E. (2021). The impact of COVID-19 measures on children with disabilities and their families in Uganda. Disability & Society, 0(0), 1–24. https://doi.org/10.1080/09687599.2020.1867075
Mulia, S. S., & Kasiyati. (2021). Persepsi Orang Tua Dalam Mengenalkan Protokol Kesehatan Coronavirus Disease ( Covid-19 ) Kepada Anak Tunagrahita Di SLB Negeri 1 Painan. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 990–997.
Nisa, K., Rachman, A., & Aryanti, S. (2020). Peran orang tua dalam penerapan pembelajaran jarak jauh bagi anak tunagrahita di slb negeri tanah bumbu. 2002, 49–53.
Nugroho, K. P. ., Dary, & Sijabat, R. (2017). Gaya Hidup Yang Memengaruhi Kesehatan Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb Negeri Salatiga. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(2).
Nurrahmawati, D., & Nurhayanti, I. (2021). Resilience Of Housewife In Dealing With Covid-19. Tunas Geografi, 09(02), 129–136.
Pangesti, N. A., & Purnamaningsih, E. R. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 pada Keluarga dengan Tahap Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(1), 623–632.
Pranata, L., Indaryati, S., Rini, M. T., & Hardika, B. D. (2021). Peran Keluarga Sebagai Pendidik Dalam Meningkatkan Pengetahuan Tentang Pencegahan Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021, 1389–1396.
Purwati, A. (2021). Hubungan Peran Orang Tua dengan Kepatuhan Protokol Kesehatan Melalui 5M pada Anak Usia Prasekolah Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19 di PAUD Lestari V Karangtalun Kabupaten Cilacap.
Rifai, A. A., & Humaedi, S. (2020). Inklusi Penyandang Disabilitas Dalam Situasi Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Sustainable Development Goals (SDGs). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 449–458.
Riyadi, & Larasaty, P. (2020). Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kepatuhan Masyarakat Pada Protokol Kesehatan Dalam Mencegah Penyebaran Covid-19. In Seminar Nasional Official Statistics, 45–54.
Samiasih, A., & Alfiyanti, D. (2021). Systematic review?: family efforts in preventing covid-19 on special needs children. Bali Medical Journal, 10(3), 1279–1284. https://doi.org/10.15562/bmj.v10i3.2886
Sari, A. R., Rahman, F., Wulandari, A., Pujianti, N., Laily, N., Anhar, Y., Anggraini, L., Azmiyannoor, M., Ridwan, A. M., & Muddin, F. I. I. (2020). Perilaku Pencegahan Covid-19 Ditinjau dari Karakteristik Individu dan Sikap Masyarakat. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia, 1(128), 32–37.
UNICEF Indonesia. (2020). Melindungi Anak dan Keluarga dari Covid-19. https://www.unicef.org
Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pancar, 3(1), 232–245.
Widiyawati, W. (2020). Keperawatan Komunitas 2. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Yuniti, I. G. A. D., & Listihani. (2020). Menengok Peran Perempuan Sebagai Orang Tua Dalam Pemberdayaan Remaja Ditengah Pandemi Covid-19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Proceedings Series on Health & Medical Sciences
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.