Pendidikan Life Skill Melalui Kewirausahaan Pupuk Organik Cair (POC) di Panti Asuhan “Al Maa’uun” PCM, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas

Authors

  • Anis Shofiyani Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Hadi Pramono Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Hamami Alfasani Dewanto Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pspfs.v5i.733

Keywords:

Pupuk Organik Cair (POC), Accounting, Wirausaha, Panti Asuhan

Abstract

Tujuan dalam program ipteks bagi masyarakat ini adalah  memberikan pengetahuan dan ketrampilan pembuatan pupuk organik cair dari bahan baku limbah hasil pertanian dan pembukuan sederhana (accounting) usaha POC, sehingga diharapkan progam ini mampu meningkatkan kemampuan kewirausahaan mitra. Metode yang digunakan dalam program iptek bagi masyarakat ini adalah metode penyuluhan, pelatihan,  dan demplot pembuatan POC dan pembukuan sederhana pengelolaan wirausaha POC dari limbah hasil pertanian. Berdasarkan hasil orientasi dan observasi awal yang dilakukan, diketahui bahwa permasalahan yang paling mendesak untuk dipecahkan pada umumnya adalah mengenai kondisi dan situasi mitra,dimana masih perlu dikembangkan. kegiatan-kegiatan yang terprogram dan terstruktur yang mengarah pada pemahaman yang lebih baik bagi anak asuh. Kegiatan IbM ini dilakukan dengan cara praktek langsung bagaimana proses pembuatan pupuk organic cair (POC) dan pelatihan akuntansi pembukuan sederhana dalam wirausaha POC. Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan dalam upaya menanamkan kesadaran, pengertian dan ketrampilan pengembangan wirausaha POC  yang dikelola panti asuhan Al Maa’uun mendapat respon yang cukup baik dari peserta. Hasil evaluasi yang dilakukan setelah pelatihan terhadap 22 peserta (responden) maka dapat diketahui bahwa pemahaman peserta terkait kewirausahaan pupuk organic cair adalah sebagai berikut; sekitar 91 % memahami tujuan kegiatan IbM, 85,5 % memahami teknik pembuatan pupuk organic cair, 68,18 % memahami bahan yang digunakan dalam pembuatan POC, 77,27 % memahami teknik pengemasan produk, 95,45 % memahami manfaat POC bagi tanaman, 87,3 % memahami perhitungan harga pokok pembuatan POC berbahan baku limbah pertanian, 72,72 % peserta memahami perhitungan harga jual yang menguntungkan dari POC, 68,18 % peserta memahami proses akuntansi dalam perhitungan laba rugi pembuatan POC, 68, 17 % peserta memahami teknik pemasaran produk POC dan 41,9  % peserta memahami pangsa pasar untuk produk POC. Berdasar hasil evaluasi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa peserta sudah mulai mengetahui dan memahami materi yang telah kami berikan.

References

Allive, A. 2013. Model dan Strategi Pembelajaran life Skill. Diakses tanggal 23 Maret 2014 dari, ttp://izza-allyve.blogspot.com/2013/03/model-dan-strategi-pembelajaran.

Fikri, 2013. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education) Sebagai Arah Pendidikan Nasional, diakses 24 Maret 2016 dari http://pakguruonline.pendidikan.net/ life_skill_2.html,

Noviani, S. Slamet and A. Citraresmini, 2018. Kontribusi kompos jerami biochar dalam peningkatan ptersedia, jumlah populasi bpf dan hasil padi sawah, J. Ilmiah Aplikasi Isotop dan Radiasi, vol. 1, no. 14, pp. 47-57. 2018.

Ramesh, R. & Achari, G.A. 2014. Diver;sity, biocontrol, and plant growth promo;ting abilities of xylem residing bacteria from solanaceous crops. J International of Microbiology. Hal 1-14.

Shofiyani, 2013. Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Sejak Dini Bagi Siswa SD UMP melalui Budidaya Tanaman Organik di Lingkungan Sekolah, Laporan Pengabdian pada Masyarakat, UMP.

Suhartatik, E., Haryanto, & Idawati. 2002. Serapan N padi sawah dan tanaman pupuk hijau (Sesbania rostrata) pada sistem tumpangsari. Hal. 140- 147 dalam Soejitno, J., Hermanto, Sunihardi (Eds.). Sistem Produksi Pertanian Ramah Lingkungan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Bogor.

Suwarno dan Kosasasih, 2013. Dinamika sosial gerakan Muhammadiyah di Banyumas. Pustaka Pelajar dan UMP press, h. 132.

Zulkarnaini, “Pola Pelaksanaan Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup Life Skill Education”, diakses pada tanggal 24 Maret 2014 dari http://zulkarnainidiran.wordpress.com/2008/11/28/pola-pelaksanaan-pendidikan-berorientasi-kecakapan-hidup-life-skill-education/

Downloads

Published

2023-08-04

How to Cite

Shofiyani, A., Pramono, H., & Dewanto, H. A. (2023). Pendidikan Life Skill Melalui Kewirausahaan Pupuk Organik Cair (POC) di Panti Asuhan “Al Maa’uun” PCM, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas. Proceedings Series on Physical & Formal Sciences, 5, 271–279. https://doi.org/10.30595/pspfs.v5i.733