Efisiensi Pemasaran Home Industry Tempe pada Kelompok Sari Mulya di Desa Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas

Authors

  • Velin Maysa Putri Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Watemin Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Pujiati Utami Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30595/pspfs.v8i.1467

Keywords:

Efisiensi Pemasaran, Home Industry, Tempe

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Kelompok Sari Mulya Di Desa Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas dengan tujuan untuk mengetahui tingkat efisieni pemasaran home industry tempe bungkus pada kelompok Sari Mulya di Desa Pliken, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari 42 pengrajin tempe, 4 pedagang pengepul dan 13 pedagang pengecer tempe. Hasil penelitian menyebutkan bahwa saluran pemasaran tempe bungkus pada Kelompok Sari Mulya di Desa Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas terdapat tiga pola saluran, yaitu : saluran pemasaran 1 (pengrajin tempe - konsumen), saluran pemasaran 2 (pengrajin tempe - pedagang pengecer - konsumen), saluran pemasaran 3 (pengrajin tempe - pedagang pengepul - pedagang pengecer - konsumen). Saluran pemasaran tempe bungkus pada Kelompok Sari Mulya di Desa Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas yang memiliki nilai paling efisien adalah saluran pemasaran I dengan nilai efisiensi sebesar 0%. Hal tersebut dikarenakan pada efisiensi pemasaran dipengaruhi oleh biaya pemasaran yang rendah dan harga beli di tingkat konsumen.

References

Asti Oktaviani, F., Dharmawan, B., & Darmawati Putri, D. 2021. Analisis Perilaku Biaya Pada Industri Rumah Tangga Tempe Akibat Adanya Fluktuasi Harga Kedelai. Etnik: Jurnal Ekonomi dan Teknik, 1(2), 73–85.

Christina Sarkol, M., Kurniawati, L., & Perwita, S. 2019. Analisis Efisiensi Pemasaran Tempe (Studi Kasus di Sentra Produksi Tempe Sanan, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Jurnal BisTek Pertanian: Agribisnis Dan Teknologi Hasil Pertanian, 6(01), 57–67.

Nilawati, I. 2015. Marketing Analysis Tempe on Home Industry “Multi Barokah” in Palu. Agrotekbis, 3(4), 498–506.

Rasuli, N., Muh. Amir S., Dan Kartika Ekasari. 2007. Analisis Margin Pemasaran Telur Itik Di Kelurahan Borongloe, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa. Jurnal Agrisistem. ISSN: 1858-4330.3(1).

Yanis, M. N., Mardiana, S., & Ayu, S. F. 2018. Analisis Strategi Pemasaran Tempe Kelompok Usaha Kecil Menegah (UKM) di Desa Sei Mencirim Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Agrica, 11(2), 93–111.

Downloads

Published

2025-03-13

How to Cite

Putri, V. M., Watemin, & Utami, P. (2025). Efisiensi Pemasaran Home Industry Tempe pada Kelompok Sari Mulya di Desa Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Proceedings Series on Physical & Formal Sciences, 8, 21–26. https://doi.org/10.30595/pspfs.v8i.1467

Most read articles by the same author(s)