Pentingnya Manajemen Peserta Didik dalam Membentuk Karakter Siswa yang Berakhlak Mulia
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1582Keywords:
Manajemen Peserta Didik, Karakter Siswa, Pembentukan KarakterAbstract
Manajemen peserta didik memegang peranan krusial dalam lanskap pendidikan, berfungsi sebagai fondasi utama dalam pembentukan karakter siswa. Lebih dari sekadar administrasi, manajemen peserta didik yang efektif adalah motor penggerak yang membentuk individu berintegritas dan berbudi luhur. Penelitian ini secara khusus menggali signifikansi penerapan manajemen peserta didik yang efektif dalam membentuk siswa yang berakhlak mulia. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini mengadopsi metode kajian literatur dan analisis data deskriptif kualitatif. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi dari berbagai sumber terpercaya, serta mendeskripsikan secara mendalam bagaimana manajemen peserta didik berinteraksi dengan pembentukan karakter. Hasil penelitian menunjukkan dengan jelas bahwa pendekatan manajemen peserta didik yang terstruktur adalah kunci. Pendekatan ini melibatkan tiga aspek fundamental: pembinaan, pengawasan, dan pengembangan. Ketika ketiga aspek ini diintegrasikan secara sinergis, lingkungan pendidikan yang kondusif untuk pembentukan karakter positif akan tercipta. Manajemen peserta didik yang efektif tidak hanya berfokus pada prestasi akademik, tetapi juga pada internalisasi nilai-nilai luhur. Nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, kedisiplinan, dan empati dapat ditanamkan secara sistematis. Ini dapat dicapai melalui berbagai strategi, termasuk program manajemen berbasis nilai yang terintegrasi dalam kurikulum, serta kegiatan ekstrakurikuler yang dirancang khusus untuk memperkuat karakter. Misalnya, kegiatan pramuka dapat menumbuhkan kemandirian dan kerjasama, sementara kegiatan sosial menumbuhkan empati dan kepedulian terhadap sesama. penerapan manajemen peserta didik yang holistik dan berorientasi pada nilai-nilai moral adalah kunci utama dalam mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berakhlak mulia. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan berharga bagi para pendidik dan pengelola sekolah dalam menyusun strategi pembinaan karakter siswa yang lebih efektif dan berkelanjutan. Dengan demikian, kita dapat bersama-sama menciptakan lingkungan pendidikan yang menghasilkan individu-individu unggul yang siap berkontribusi positif bagi masyarakat.
References
Almasri, M. N. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia: Imlementasi dalam Pendidikan Islam. Kutubkhanah.
Amalia, D., Dewi, A. S., & Hidayat, A. (2023). Peran Manajemen Pendidikan Dalam Pembentukan Karakter Akhlak Mulia Peserta Didik SMP. Journal on Education.
Anwar, S. (2015). Management Of Student Development. Riau: Yayasan Indragiri.
Arifin, Z. (2022). Manajemen Peserta Didik sebagai Upaya Pencapaian Tujuan Pendidikan. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam.
Chotimah, C., & Fathurrohman, M. (2014). Komplemen Manajemen Pendidikan Islam: Konsep Integratif Pelengkap Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.
Depdiknas. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Balai Pustaka.
Efendi, M. I. (2022). Manajemen Peserta Didik Dalam Pembentukan Karakter Religius Di SMP Islam Nurul Khalil Bataan Tenggarang Bondowoso. Jember: Thesis, UIN KH Achmad Siddiq.
Efendi, M. I., & Yahya, M. (2023). Manajemen Peserta Didik Dalam Membentuk Karakter Siswa Religius Di SMP Islam Nurul Khalil Bondowoso. LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.
Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hasanah, S. N., & Zainuddin, M. R. (2023). Manajemen Peserta Didik Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Al-Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan.
Imron, A. (2012). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Indriyani, R. A., Lestari, W., & Setiawan, F. (2023). Urgensi Manajemen Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Budaya.
Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.
Machali, I., & Ulumunir, M. (2022). Dinamika Pemikiran Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar.
Musayyidi, & Rudi, A. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Keislaman.
Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT Rja Grafindo Persada.
Na’im, Z., Yulistiyono, A., Arifudin, O., Irwanto, Latifah, E., Indra, . . . Gafur, A. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Ristianah, N. (2020). Eksistensi dan Urgensi Pendidikan Karakter. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.
Rohmana, & Amri. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Sahlan, A. (2010). Manajemen Pendidikan Islam. Jogjakarta: A-Ruzz Media Grup.
Sahnan, M. (2017). Urgensi Perencanaan Pendidikan di Sekolah Dasar: Bangsa Pelestari Pancasila 12. Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam.
Sudjana, D. (2001). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.
Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukarna. (2011). Dasar Dasar Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju.
Suprapti, A. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Peserta Didik yang Berakhlak Karimah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 04 Banjarnegara. Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial.
Zaenal, F. A. (2013). Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam. Bandung: ALFABETA.
Zuchdi, D. (2015). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: UNY Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.