Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SLB-B Negeri Mandiraja Pada Materi Perkalian

Authors

  • Luthfi Nofiana Istiqumatunisa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Fitria Zana Kumala UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1637

Keywords:

Realistic Mathematics, The Ability to Understand Mathematical Concepts, Deaf Students

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran matematika di SLB Negeri Mandiraja menunjukan bahwa siswa belum dapat memahami konsep matematika secara baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SLB-B Negeri Mandiraja. Jenis penelitian berupa penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pre-test post-test yang menggunakan teknik pengambilan sampel berupa sampling jenuh. Berdasarkan perbandingan nilai pre-test dan post-test dengan rentang nilai yaitu 0 sampai 27 memiliki nilai tertinggi pre-test adalah 10 dan nilai terendah adalah 7 mengahasilkan rata-rata nilai 8,5, sedangkan nilai tertinggi post-test adalah 25 dan nilai terendah adalah 22 menghasilkan rata-rata nilai 21,5. Perhitungan uji N-Gain mengasilkan rata-rata 0,798 merupakan termasuk dalam kriteria tinggi. Hal ini menunjukan adanya pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SLB-B Negeri Mandiraja pada materi perkalian.

References

Annisa, Dwi. 2022. “Jurnal Pendidikan Dan Konseling.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4 (1980): 1349–58.

Febriyani, Anita, Arif Rahman Hakim, and Nadun Nadun. 2022. “Peran Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika.” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 2 (1): 87–100. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1546.

Kusumaningrum, Rizka Sulistya, and Ishaq Nuriadin. 2022. “Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbantu Media Konkret Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa.” Jurnal Basicedu 6 (4): 6613–19. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3322.

Mainali, Bhesh. 2021. “Representation in Teaching and Learning Mathematics.” International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology 9 (1): 1–21. https://doi.org/10.46328/ijemst.1111.

Mytra, Prima, Andi Kaharuddin, Fatimah Fatimah, and Fitriani Fitriani. 2023. “Filsafat Pendidikan Matematika (Matematika Sebagai Alat Pikir Dan Bahasa Ilmu).” AL JABAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika 2 (2): 60–71. https://doi.org/10.46773/aljabar.v2i2.731.

Najma, Surya. 2022. “Pengembangan Pocket Book Math Berbasis Dengan Pendekatan Matematika Realistik Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa.” AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 13 (3): 499–511.

Novitasari, Dian. 2016. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 2 (2): 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18.

Praduana, Adi, Nunik Ardiana, and Marzuki Ahmad. 2023. “Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Angkola Timur.” … (Mathematic Education Journal … 6 (2): 11–21. https://www.journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/5113%0Ahttps://www.journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/download/5113/3004.

Purwasi, Lucy Asri, and Nur Fitiyana. 2020. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Berbantuan LKPD Berbasis HOTS.” Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION) 3 (2): 65–74. https://doi.org/10.31539/judika.v3i2.1594.

Putri, Amelia Defrianti, Dadang Juandi, and Turmudi. 2024. “Realistic Mathematics Education and Mathematical Literacy: A Meta-Analysis Conducted on Studies in Indonesia.” Journal of Education and Learning 18 (4): 1468–76. https://doi.org/10.11591/edulearn.v18i4.21650.

Simangunsong, Venny Herawati. 2021. “Hubungan Filsafat Pendidikan Dan Filsafat Matematika Dengan Pendidikan.” Sepren 2 (2): 14–25. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.513.

Wildaniati, Yunita, Pika Merliza, Selvi Loviana, and Juitaning Mustika. 2021. “Kemampuan Matematis Untuk Guru Dan Calon Guru Matematika.”

Yulaistin, Sania, and Lessa Roesdiana. 2022. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMP Pada Materi Translasi.” Didactical Mathematics 4 (1): 31–39. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2010.

Downloads

Published

2025-07-20

How to Cite

Istiqumatunisa, L. N., & Kumala, F. Z. (2025). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SLB-B Negeri Mandiraja Pada Materi Perkalian. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 24, 477–483. https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1637