Klinik Santri: Siswa Aman, Anti Penindasan dan Berprestasi

Authors

  • Hanipa Yansari Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v10i.670

Keywords:

Latar Belakang Siswa, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang dialami beberapa santri/siswa dalam proses pembelajaran Sosiologi di Madrasah Aliyah Tahfidzil Qur’an Medan. Terdapat 3 orang siswa memiliki permasalahan seperti permasalahan keluarga kurang harmonis, keluarga broken home dan ada juga keluarga yang memiliki pola asuh otoriter. Hal tersebut menjadi kasus khusus karena sama-sama kita ketahui bahwa permasalahan diatas sering sekali mengakibatkan siswa tidak berminat dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa berlatarbelakang broken home, keluarga kurang harmonis, dan keluarga yang memiliki pola asuh otoriter sehingga membuat siswa tidak berminat dalam belajar. Maka penting ada suatu pemahaman mengenai latar belakang siswa dengan membangun suatu Klinik Santri yaitu siswa aman, anti penindasan dan berprestasi. Untuk memberikan solusi terhadap segala permasalahan yang dihadapi oleh siswa yang memiliki latar belakang berbeda. Pertama, memberikan pemahaman kepada siswa mengenai konsep diri yang baik. Kedua, memiliki ambisi dalam menggapai cita-cita, perencanaan masa depan yang jelas membuat siswa berlatarbelakang broken home memiliki minat dalam belajar karena tahu harus menggapai cita-cita yang direncanakan. Ketiga, menjadikan motivasi untuk membuktikan jati diri menyebabkan siswa berlatarbelakang broken home tidak ingin diremehkan oleh orang lain karena kondisi keluarganya. 

References

Creswell, W. (2016). Reseacrh Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fatmawati, F. (2016). Peran Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Islam Bagi Remaja. Jurnal Risalah, 27(1), 17–31. https://doi.org/10.24014/jdr.v27i1.2509

Ghony, D., & Almanshur, M. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Downloads

Published

2023-07-24

How to Cite

Yansari, H. (2023). Klinik Santri: Siswa Aman, Anti Penindasan dan Berprestasi. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 10, 65–70. https://doi.org/10.30595/pssh.v10i.670